sign up SIGN UP

MAKE-UP

Cek Makeup Pouch Kamu, 5 Jenis Makeup Ini Cepat Kadaluarsa

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 18 Nov 2020 15:30 WIB
Cek Makeup Pouch Kamu, 5 Jenis Makeup Ini Cepat Kadaluarsa
caption
Jakarta -

Kosmetik memang menjadi produk andalan bagi para wanita untuk mempercantik diri. Tapi sayangnya, ada beberapa jenis kosmetik yang enggak bisa kamu gunakan untuk jangka waktu panjang. Sebab, ke-5 produk kosmetik ini cepat kadaluarsa dan bisa berdampak buruk apabila tetap digunakan.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu berapa lama umur penyimpanan dari produk-produk ini.

Maskara

Produk kosmetik pertama yang memiliki jangka umur pendek adalah maskara.
Maskara/freepik.com

Produk kosmetik pertama yang memiliki jangka umur pendek adalah maskara. Produk ini hanya bisa kamu gunakan selama 3 bulan setelah segel dibuka. Sebab, jika kamu memakainya lebih dari 3 bulan, hal ini akan mengakibatkan efek yang kurang baik untuk mata.

Jadi, jangan lantaran sayang dibuang, kamu masih memaksakan menggunakan maskara yang sudah tidak layak pakai, ya!

Eyeliner

Selain maskara, produk kosmetik untuk mata ini pun cepat kadaluarsa lho! Produk liquid eyeliner sebaiknya hanya kamu gunakan selama 6 bulan setelah segel dibuka. Setelah itu, kamu perlu mengganti eyelinermu dengan yang baru.

Sebab bisa jadi, matamu akan mengalami iritasi jika kamu tetap memakai eyeliner yang sudah kadaluarsa.

Bedak dan Eyeshadow

Produk kosmetik bubuk dan padat mengandung sedikit kadar air dari ekstrak botani. Sehingga hal ini berisiko menjadi sasaran untuk bakteri berkembang biak.
Eyeshadow/freepik.com

Produk kosmetik bubuk dan padat mengandung sedikit kadar air dari ekstrak botani. Sehingga hal ini berisiko menjadi sasaran untuk bakteri berkembang biak. Jadi sebaiknya, bedak dan eyeshadow tidak kamu gunakan dalam jangka waktu panjang.

Kamu bisa menggunakan produk ini paling lama 1 tahun. Tanda bahwa bedak dan eyeshadowmu mulai kadaluarsa adalah tekstur yang sudah berubah menjadi kering dan serbuk-serbuknya pun terasa kasar.

Foundation dan Concealer

Foundation dan concealer merupakan produk yang enggak kalah penting dan sering digunakan. Tapi hati-hati, sebab foundation dan concealer juga termasuk makeup yang cepat kadaluarsa. Sebab, kedua produk ini berbahan dasar air sehingga menjadi tempat untuk bakteri berkembang biak. Jika dibiarkan tertutup, foundation dan concealer memang mampu bertahan hingga tahunan. Namun setelah segel dibuka, lebih baik kamu berhenti menggunakannya setelah 6 hingga 12 bulan.

Lipstik dan Lipgloss

Produk untuk bibir seperti lipstick dan lipgloss juga cenderung lebih cepat kadaluarsa. Salah satu tanda bahwa produk tersebut sudah kadaluarsa adalah teksturnya mulai mengering dan kesat saat dipakai.
Lipstick/freepik.com

Produk untuk bibir seperti lipstick dan lipgloss juga cenderung lebih cepat kadaluarsa. Salah satu tanda bahwa produk tersebut sudah kadaluarsa adalah teksturnya mulai mengering dan kesat saat dipakai.

Walaupun kandungan air dalam lipstick rendah bahkan hampir tidak ada, namun kontaminasi dari bakteri tetap mungkin terjadi. Sebab, penggunaan produk ini rutin digunakan di area bibir. Sehingga aplikator lipcream pun bisa rentan terkontaminasi bakteri.

Jadi sebaiknya, jangan gunakan lagi lipstick maupun lipgloss yang sudah digunakan selama 1 tahun.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id