sign up SIGN UP

MAKE-UP

Compact Powder Hingga Loose Powder, Ini 6 Jenis Bedak yang Wajib Kamu Tahu!

Sylvia Yuliasar | Jumat, 11 Sep 2020 16:00 WIB
Compact Powder Hingga Loose Powder, Ini 6 Jenis Bedak yang Wajib Kamu Tahu!
caption

Meski sekilas tampak sama, tapi bedak memiliki jenis yang cukup beragam lho! Mulai dari compact powder, loose powder, two way cake, translucent dan masih banyak lagi. Supaya tidak salah dalam memakainya, sebaiknya ketahui dulu yuk jenis-jenis bedak agar kamu tidak keliru!

Loose Powder

Loose powder atau bedak tabur adalah bedak yang tergolong ringan
Loose powder / freepik.com (master1305)

Loose powder atau bedak tabur merupakan salah satu jenis bedak yang paling ringan dengan sangat cocok untuk kamu yang menginginkan hasil makeup yang natural. Tekstur ringannya didapatkan karena tidak melalui proses pemadatan. Bedak jenis ini biasanya menyerap minyak lebih sehingga cocok untuk kulit berminyak dalam kegiatan sehari-hari.

Compact Powder

Compact powder alias bedak padat yang mudah dibawa kemana-mana
Compact powder / pexels.com (Venus HD)

Compact powder atau bedak padat memang memiliki tekstur yang lebih berat, tapi ia juga bersifat lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Jenis bedak ini cocok sekali kamu gunakan sebagai touch up di sela-sela aktivitas. Kandungan minyak plus pelembapnya juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering.


Two Way Cake Powder

Two way cake merupakan jenis bedak yang memiliki fungsi foundation
Two way cake / pexels.com (Dids)

Memiliki bentuk yang mirip dengan bedak padat, bedak two way cake adalah campuran bedak dan foundation. Memiliki formula yang cukup berat dan berminyak, bedak ini memiliki ketahanan yang tinggi seharian. Bedak ini cocok dipakai untuk acara-acara formal dan glamor yang membutuhkan makeup yang tebal dalam waktu singkat. 

Translucent Powder

Translucent Powder tidak memiliki warna
Translucent Powder / pinterest.com (Sephora)

Berwarna transparan, bedak translucent ini biasa digunakan untuk menghilangkan kilap pada wajah. Bedak ini juga biasa digunakan sebagai setting powder alias pengunci foundation atau concealer. Karena warnanya yang transparan, bedak ini juga difungsikan sebagai penyempurna tahapan baking atau contouring.

Finishing Powder

Finishing powder digunakan setelah menggunakan semua makeup
Finishing Powder / freepik.com (Freepik Official)


Seperti namanya, bedak ini digunakan saat semua makeup sudah dipakai. Finishing powder biasa digunakan paling terakhir setelah menggunakan translucent, sebelum bronzer dan blush on. Formulanya juga ternyata dirancang sebagai filter wajah. Fungsi lain bedak ini adalah menyamarkan garis halus dan pori-pori juga membuat makeup lebih tahan lama dan sempurna.

Shimmering Powder

Shimmering Powder memiliki efek yang mengkilat
Shimmering Powder / pinterest.com (Urban Decay)


Memiliki warna yang menyala, bedak ini memberikan efek wajah yang lebih menonjol dan memantulkan cahaya. Berbentuk halus, selain berwarna bedak ini juga biasanya terdapat glitter halus yang menjadikan wajah lebih glowing. Shimmering Powder cocok sekali dipakai untuk memberikan kesan glamor pada makeup kamu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id