sign up SIGN UP

MAKE-UP

Daftar Makeup Korea yang Berbahaya

Phanie Fauziah | Rabu, 09 Jun 2021 15:15 WIB
Daftar Makeup Korea yang Berbahaya
Daftar Make Up Korea Berbahaya/Freepik
Jakarta -

Demam produk hingga style Korea memang mewabah di Indonesia. Tak hanya sebatas mengagumi drakor, aktor, hingga K-pop saja, bahkan hingga produk makeup dan skincare nya pun banyak digunakan.

Tak hanya sebatas mengagumi, tapi memang produk makeup dan skincare Korea ini terbukti kualitasnya sehingga tak heran banyak dipilih dan digandrungi kaum hawa. Eits, tapi jangan asal memilih dan menggunakan tanpa tahu apakah produk makeup ataupun skincare yang digunakan itu berbahaya. Lalu, apakah produk Korea ada yang berbahaya? Cari tahu, yuk.

Produk Makeup Korea yang Berbahaya

Sederet brand terkemuka ini pernah memiliki beberapa produk berbahaya. Seperti, Skinfood, 3CE dan Etude House, ditemukan kandungan sejumlah logam berat melebihi batas standarĀ  legal dalam kandungan kosmetik. Beberapa produk tersebut di antaranya.

Etude House Drawing Eyebrow Duo

Etude House mengandung antimon atau yang juga dikenal sebagai kohl berlebihan.
Etude House Drawing Eyebrow Duo/www.etude.com

Pada tahun 2018 Otoritas keamanan makanan dan obat Korea Selatan, melakukan tes pada beberapa brand makeup. Kemudian, pensil alis dan concealer cair dari delapan produsen ditemukan mengandung antimon atau yang juga dikenal sebagai kohl berlebihan. Salah satunya adalah Etude House Drawing Eyebrow Duo #03 Gray Brown.

Kohl sendiri merupakan salah satu jenis metalloid abu-abu berkilau yang partikel debunya diduga menyebabkan kanker hingga kerusakan hati serta ginjal, apabila terhirup maupun terserap kulit.

Nah, perlu kita ketahui penggunaan antimon yang berlebihan dan dalam kurun waktu berkepanjangan bisa menyebabkan iritasi kulit hingga dermatitis. Tapi, sayangnya dalam produk kosmetik dan pewarna kandungan logam ini masih banyak ditemukan, sehingga kita perlu waspada. Tak usah khawatir karena hanya satu produk ini saja.

Skinfood Cherry Lip Pencil

Skinfood Cherry Lip Pencil termasuk dalam produk yang terindikasi memiliki kandungan logam berat berlebih.
Skinfood Cherry Lip Pencil/www.instagram.com/skinfood_official

Produk dari bran Skinfood ini juga termasuk dalam produk yang terindikasi memiliki kandungan logam berat berlebih. Beautynesians juga tak usah khawatir karena hanya Skinfood Cherry Lip Pencil Rose Cherry saja yang terindikasi mengandung kandungan berbahaya.

3CE Slim Eyebrow Pencil

Produk 3CE terindikasi mengandung logam berat  berlebih, tapi hanya pada produk 3CE jenis Slim Eyebrow Pencil varian Chestnut Brown saja.
3CE Slim Eyebrow Pencil/en.stylenanda.com/

3CE yang merupakan kosmetik keluaran brand kosmetik asal Korea Selatan, tak sedikit yang menggunakan produk makeup dari brand terkemuka ini. 3CE sendiri mengeluarkan banyak jenis kosmetik, seperti liptint, lipstick, facial cream, dan masih banyak lagi.

Untungnya produk 3CE yang terindikasi mengandung logam berat berlebih hanya 3CE jenis Slim Eyebrow Pencil varian Chestnut Brown saja.

Aritaum Full Cover Stick Concealer

Concealer dari brand Aritaum asal Korea Selatan juga pernah terindikasi memiliki kandungan logam berat berlebih yang berbahaya bagi kesehatan.
Aritaum Full Cover Stick Concealer/ohmystellar.com/

Concealer digunakan untuk menyamarkan noda, sehingga tak sedikit kaum hawa yang menggunakan concealer. Nah, concealer dari brand Aritaum asal Korea Selatan juga pernah terindikasi memiliki kandungan logam berat berlebih yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, jika saat ini beautynesians masih menemukan sederet produk ini. Alangkah lebih baiknya lebih berhati-hati ya karena brand terkemuka ini sudah menarik produk berbahaya tersebut dari pasaran.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id