sign up SIGN UP

MAKE-UP

Duh Ngeri, Ternyata Kebiasaan yang Sering Kamu Lakukan Ini Menyebabkan Penuaan Dini Lho

Rumaysha Milhania | Kamis, 05 Oct 2017 10:00 WIB
Duh Ngeri, Ternyata Kebiasaan yang Sering Kamu Lakukan Ini Menyebabkan Penuaan Dini Lho
caption
Mencegah penuaan dini harus dilakukan sedini mungkin. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghilangkan kebiasaan yang menyebabkan penuaan dini. Nah, kalau kamu belum tahu, kamu wajib menyimak ulasan tentang kebiasaan yang menyebabkan penuaan dini berikut ini. Cermati kebiasaan mana yang sering kamu lakukan, dan cobalah untuk meninggalkannya!

1. Melakukan Pola Hidup Tidak Sehat

Dua kebiasaan yang harus kamu tinggalkan adalah tidur larut malam dan terlalu banyak mengonsumsi kafein, karena ini kebiasaan yang menyebabkan penuaan dini. Pekerjaan yang menumpuk seharusnya dapat kamu selesaikan dengan efektif di kantor. Biarkan waktumu di rumah digunakan untuk istirahat dan tidur. Tubuh, termasuk kulit, perlu istirahat dan melakukan proses metabolisme yang baik. Jika terlalu dipaksa, akan banyak hal kurang baik yang terjadi, salah satunya muncul gejala kerutan dan noda pada kulit.


Foto: https://hellosehat.com

Konsumsi kafein juga perlu kamu hindari karena dapat memicu proses penuaan lebih cepat. Sebagai gantinya, kamu dapat lebih banyak meminum air putih untuk menjaga kelembapan kulit lebih baik.

 


2. Tidur Tanpa Menghapus Make Up

Kebiasaan meninggalkan make up tetap menempel pada wajah saat tidur adalah kebiasaan yang sangat berbahaya. Tidak hanya memicu kulit lebih cepat menua, tetapi juga dapat menimbulkan gejala lain pada kulit seperti berjerawat, berminyak, hingga alergi.



Foto: https://cantik.tempo.co

Pastikan kamu selalu menghapus make up sesaat setelah sampai di rumah agar kulit wajahmu juga beristirahat.

 


3. Gonta-ganti Produk Perawatan

Terlalu sering mengganti produk perawatan juga dapat membuat kulit mudah rusak dan menua. Adaptasi kulit yang terlalu cepat dan interns dari satu produk ke produk yang lainnya dapat menghambat proses regenerasi kulit. Inilah yang mengakibatkan kulit menjadi mudah kering dan muncul keriput.


Foto: https://www.vemale.com

Sebelum memutuskan satu produk perawatan, tidak ada salahnya jika kamu berkonsultasi pada ahlinya untuk mengetahui produk mana yang cocok untuk kulitmu.

 


4. Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji dan Gorengan

Kebiasaan masyarakat masa kini yang lebih menyukai makanan cepat saji juga dapat memicu terjadinya penuaan dini. Makanan cepat saji relatif berbahaya karena terlalu banyak mengandung minyak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol tubuh. Selain itu, kamu juga akan menjauh dari makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah dan sayur.


Foto: https://www.adajerawat.com


 


5. Malas Menggunakan Tabir Surya dan Pelembap

Sadari bahwa penuaan dini juga banyak disebabkan oleh radiasi sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Terlalu banyak aktivitas di luar ruangan sangat berbahaya untuk kesehatan kulit. Karena itu, gunakan tabir surya untuk melindungi kulitmu dari radiasi berbahaya. 


Foto: https://beritahati.com

Selain itu, pastikan juga kamu selalu menjaga kelembapan kulit selama beraktivitas di ruangan ber-AC agar kulit tidak cepat kering. Sadari dampak lingkungan pada kulit dan beri nutrisi tubuh dengan baik dan lengkap agar terhindari dari penuaan dini.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id