sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hindari Hal-Hal Ini Biar Makeup Kamu Tahan Lama dan Amazing

Fahira mahza | Selasa, 05 Jan 2021 18:00 WIB
Hindari Hal-Hal Ini Biar Makeup Kamu Tahan Lama dan Amazing
caption
Jakarta -

Untuk mempercantik penampilan sehari-hari banyak wanita yang merias diri dengan menggunakan make up. Tentunya make up akan membuat penampilan lebih menarik dan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Meskipun tak semua wanita merias diri, namun di beberapa kesempatan penggunaan make up tetap dibutuhkan, seperti saat menghadiri acara resmi, kondangan dan sebagainya.

Namun, masih banyak yang belum mengerti tentang prinsip dasar makeup. Hal ini menimbulkan kesalahan saat menggunakan make up dan membuat make up tidak tahan lama serta tak terlihat indah. Untuk itu, hindari lah hal-hal berikut dalam menggunakan make up.

1. Tidak menggunakan skincare lebih dulu

tidak menggunakan skincare
menggunakan skincare/foto: freepik.com

Salah satu hal terpenting dan mendasar sebelum mengaplikasikan make up di wajah ialah menggunakan skincare terlebih dulu. Aplikasikan skincare rutinmu mulai dari toner, serum hingga pelembab agar make up lebih menempel nantinya. Skincare dapat membantu membuat make up terlihat menyatu di wajah dan nampak natural. Selain itu skincare juga dapat melindungi wajah agar tetap sehat sekalipun sering menggunakan make up.

2. Memakai foundation yang terlalu terang

warna foundation terlalu terang
foundation color/foto: pinterest.com

Banyak wanita yang menggunakan foundation untuk membuat wajah terlihat flawless serta menutupi dark spot maupun warna kulit yang tidak rata. Namun pemilihan warna foundation yang sesuai sangatlah penting.

Jangan menggunakan foundation dengan warna yang terlalu terang karena akan membuat wajah terlihat belang dan tidak menarik. Pilihlah foundation yang sesuai dengan undertone kulitmu dan yang mendekati warna kulit.

3. Menggunakan eyeliner bawah mata terlalu tebal

eyeliner bawah mata terlalu tebal
too bold eyeliner/foto: pinterest.com

Eyeliner merupakan salah satu make up item yang berfungsi untuk menciptakan dimensi pada mata. Biasanya eyeliner digunakan di bagian kelopak mata dekat dengan bulu mata. Namun, tak jarang pula eyeliner digunakan di bawah mata untuk mempertajam mata dan menambah kesan tegas. Tapi mengaplikasikan eyeliner di bagian bawah mata ini cukup tricky, apabila terlalu berlebihan malah akan membuat mata terlihat lesu dan melengkung. Gunakan lah eyeliner bawah mata dengan eyeliner pensil dan buatlah ukurannya tak terlalu berlebihan.

4. Menggunakan make up di ruangan yang gelap atau remang

menggunakan make up di tempat gelap
ruangan remang/foto: freepik.com

Saat menggunakan make up sebaiknya kamu memilih spot yang terang dan nyaman. Jangan pernah menggunakan make up saat sedang berada di ruangan yang gelap atau kurang cahaya. Hal ini berpotensi mengacaukan makeup kamu karena kesalahan dalam pemilihan warna serta pengaplikasian makeup lainnya dapat terjadi. Tentunya hasil akhirnya mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi kamu.

5. Penggunaan bedak yang berlebihan

penggunaan bedak berlebih
penggunaan bedak berlebih/foto: pinterest.com

Bedak digunakan untuk membuat make up lebih menempel dan menyatu pada wajah. Tapi, jika digunakan terlalu banyak malah akan membuat tekstur wajah semakin nyata.

Selain itu, hal ini bisa membuat kerutan di wajah lebih terlihat khususnya pada bagian mata dan smile line. Karena itu hindarilah penggunaan bedak yang terlalu berlebihan.

6. Pemilihan warna lipstik yang tidak tepat

warna lipstik tidak tepat
warna lipstik tidak tepat/foto: pinterest.com

Lipstik merupakan make up yang paling sering digunakan oleh wanita. Lipstik dapat membuat wajah terlihat lebih segar dan tidak pucat. Jangan sampai kamu salah dalam memilih warna lipstik. Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan makeup dan acara yang ingin kamu hadiri.

Jangan memilih lipstik yang warnanya terlalu pucat dan sheer karena malah akan membuat wajah tidak segar.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu hindari ketika menggunakan make up. Gunakanlah make up sesuai dengan moment yang ingin kamu buat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id