sign up SIGN UP

MAKE-UP

Jangan Anggap Sepele! Ini Lho Alasan Brush Makeup Harus Dibersihkan Secara Berkala

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 07 Nov 2020 17:15 WIB
Jangan Anggap Sepele! Ini Lho Alasan Brush Makeup Harus Dibersihkan Secara Berkala
caption
Jakarta -

Makeup memang merupakan hal penting untuk wanita, namun sebagian wanita menghiraukan kebersihan alat makeup. Salah satu alat makeup yang paling sering digunakan adalah brush makeup. Padahal membersihkan secara teratur akan lebih nyaman dan aman saat dipakai.

Brush kotor akan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang dapat menyebabkan tumbuh jerawat serta infeksi lain. Namun itu hanyalah masalah inti, untuk itu simak sebagai berikut alasan brush makeup harus dibersihkan secara berkala.

Membantu mencegah jerawat

Jadi pada dasarnya seperti menyebarkan bakteri serta kotoran ke wajah.
Membantu mencegah jerawat/freepik.com

Pori-pori akan tersumbat ketika ada penumpukan minyak, debu, sel kulit mati, dan bakteri di permukaan kulit. Setiap kali menggunakan brush makeup, semua hal tersebut akan terkumpul bersama makeup dan menempel di sekitar wajah.

Jadi pada dasarnya seperti menyebarkan bakteri serta kotoran ke wajah. Jika wajah terus menerus berjerawat dan tidak jelas penyebabnya dari mana, maka brush bisa jadi penyebab terbesar.

Menghindari kuman

Brush bukan hanya dapat merusak kulit, tetapi dapat mengotori produk makeup kesayangan.
Menghindari kuman/freepik.com

Brush bukan hanya dapat merusak kulit, tetapi dapat mengotori produk makeup kesayangan. Saat sedang makeup dengan brush kemudian menempelkannya ke produk makeup, sama saja memindahkan kuman ke tempat lain.

Apalagi kuman sangat menyukai tempat yang lembap seperti foundation, concealer, bronzer, dan blush. Namun jika mencuci brush secara rutin akan menghindari kuman.

Mencegah infeksi virus

Karena dapat menumpuk sel kulit mati, kotoran, minyak, polusi, dan bakteri.
Mencegah infeksi virus/freepik.com

Brush yang kotor dapat menyebabkan infeksi virus lho. Karena dapat menumpuk sel kulit mati, kotoran, minyak, polusi, dan bakteri. Tidak hanya itu, tapi juga termasuk staphylococcus, streptococcus, e coli, jamur, dan virus.

Infeksi mata merah juga dapat terjadi karena memakai brush makeup yang kotor. Tentunya hal ini bukanlah yang diinginkan wanita dari memakai makeup, bukan?

Brush menjadi tahan lama

Brush kotor menyebabkan rambut dari brush menjadi rontok sebelum waktunya atau serat pecah.
Brush menjadi tahan lama/freepik.com

Brush merupakan alat makeup yang sangat penting karena dapat membantu makeup menjadi lebih mudah dan tampil semakin cantik. Jika tidak membersihkan brush secara teratur maka akan dipenuhi dengan penumpukan produk dan kusut dengan minyak serta kotoran.

Hal ini menyebabkan rambut dari brush menjadi rontok sebelum waktunya atau serat pecah.

Makeup menjadi lebih sempurna

Menyebabkan wajah akan mendapatkan hasil makeup yang tidak diinginkan.
Makeup menjadi lebih sempurna/freepik.com

Penumpukan produk pada brush yang kotor akan membuat makeup menjadi tidak sempurna. Karena bercampur dengan produk hingga warna lain dari makeup sebelumnya. Hal ini menyebabkan wajah akan mendapatkan hasil makeup yang tidak diinginkan.

Namun jika membersihkannya secara berkala, brush akan bersih seperti baru dan mendapat makeup sempurna.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id