sign up SIGN UP

MAKE-UP

Jangan Berantakan Lagi Dong, Atur Produk Makeup Kamu Agar Lebih Rapi dengan Cara Ini

Astari Dewi Larasati | Jumat, 01 Jan 2021 19:00 WIB
Jangan Berantakan Lagi Dong, Atur Produk Makeup Kamu Agar Lebih Rapi dengan Cara Ini
caption
Jakarta -

Bagi sebagian banyak wanita mengoleksi berbagai macam makeup merupakan hal menyenangkan. Mulai dari mengoleksi lipstik hingga blush on dari berbagai brand serta warna. Dengan mengoleksi berbagai makeup, wanita akan lebih sering bereksperimen dan punya banyak tampilan untuk tetap cantik.

Namun ada kalanya, alat makeup menjadi berantakan sehingga tidak karuan. Hal ini menjadikan ruang makeup berantakan dan membuat tidak nyaman. Agar membuat produk makeup lebih ringkas dan rapi, bisa mengaturnya dengan cara ini.

Periksa tanggal kadaluwarsa

Jika memakai makeup yang sudah kadaluwarsa, maka kulit akan terkena iritasi.
Periksa tanggal kadaluwarsa/pinterest.com/shannonelizabeth

Cobalah periksa tanggal kadaluwarsa setiap sebulan sekali agar semua produk makeup masih dalam keadaan layak. Jika memakai makeup yang sudah kadaluwarsa, maka kulit akan terkena iritasi. Buang makeup tiga bulan sebelum tanggal kadaluarsa, tapi biasanya setiap produk makeup akan berbeda-beda. Produk wajah dalam bentuk cair dan krim akan bertahan setahun setelah dibuka, lalu untuk bedak bisa sampai 18 bulan.

Buang produk yang terlihat dan berbau aneh

Disebabkan oleh jari yang kotor, penyimpanan yang tidak tepat, tutup produk yang sudah lama.
Buat produk yang terlihat dan berbau aneh/pinterest.com/rosemary

Meskipun tanggal kadaluwarsa masih lama, namun ada beberapa makeup yang terlihat dan berbau aneh. Hal ini biasanya disebabkan oleh jari yang kotor, penyimpanan yang tidak tepat, tutup produk yang sudah lama. Makeup akan kehilangan warna, tekstur berubah, atau tercium bau aneh. Sedangkan untuk brush makeup yang tidak layak pakai akan tidak memantul setelah dicuci.

Bersihkan alat dan produk makeup

Bersihkan alat dan produk makeup sesuai kebutuhan masing-masing.
Bersihkan alat dan produk makeup/pinterest.com/haley

Semua alat dan produk makeup yang sudah dipakai wajib untuk dibersihkan. Cobalah semprotkan alat makeup dengan alkohol gosok 70% di sela-sela penggunaan. Kemudian, sebulan sekali bersihkan brush menggunakan air panas serta sampo lembut. Lalu untuk spons biasanya lebih rentan terkena bakteri, jadi bersihkan pakai sikat padat selama dua minggu sekali.

Sedangkan untuk produk makeup, mulai dari yang bentuknya pensil dan krayon harus diasah setidaknya seminggu sekali. Sebelum digunakan kembali, olesi sedikit semprotan alkohol yang sama dengan alat makeup. Lalu produk seperti lipstik, highlighter, concealers, hingga produk stik lainnya bisa memakai pisau untuk mengiris lapisan paling atas. Jangan lupa bersihkan bagian luar setiap beberapa minggu sekali memakai disinfektan.

Susun alat dan produk makeup

Berguna agar semua alat dan produk makeup dapat siap dipakai.
Susun alat dan produk makeup/pinterest.com/ashleynorton

Setelah semua alat dan produk makeup bersih dan terhindar dari kotoran. Mulailah menyusun berdasarkan kategori, usahakan semua bisa terlihat jelas, untuk produk padat taruh dalam keadaan berdiri sedangkan produk cair taruh dalam keadaan tiduran, dan taruh brush serta spons dalam keadaan tertutup. Hal ini berguna agar semua alat dan produk makeup dapat siap dipakai.

Membawa pouch makeup

Pilih yang benar-benar dibutuhkan dan tidak perlu membawa semua.
Membawa pouch makeup/freepik.com

Untuk tetap sempurna walaupun di rumah, biasanya wanita akan membawa pouch makeup. Setelah semua alat dan produk makeup dibersihkan, pilih yang benar-benar dibutuhkan dan tidak perlu membawa semua. Seperti brush, concealer, setting powder, blush on, alis, dan lipstik. Agar mudah diambil tanpa repot, letakkan makeup yang paling sering digunakan di paling atas.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id