sign up SIGN UP

MAKE-UP

Kenalan dengan Jenis Produk dan Alat Make Up yang Tepat Bagi Pemula

Vivi Stevannie | Selasa, 04 Dec 2018 08:00 WIB
Kenalan dengan Jenis Produk dan Alat Make Up yang Tepat Bagi Pemula
caption
Riasan yang fresh dan cantik tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri saat beraktivitas. Namun, banyaknya jenis produk dan alat make up mungkin mendatangkan rasa bingung bagi pemula. Yuk, baca dulu sampai habis sebelum mulai berbelanja alat make up untuk pemula.

Produk Make Up Untuk Pemula


Bagi pemula yang baru dalam dunia makeup. Berbagai jenis istilah, produk dan alat rias mungkin terdengar asing dan membingungkan. Tapi jangan sedih dulu, meski tidak punya keahlian sama sekali dalam bidang ini, kamu bisa mulai bereksperimen dan belajar makeup sendiri dirumah.


Sebelum mengenal jenis produk makeup apa yang sesuai untuk pemula. Kamu harus mengenal dulu kategori produk dalam dunia makeup.

        
  • Base Make Up, yaitu jenis kosmetik yang bertujuan untuk membangun dasar riasan yang halus dan bersih.
  •     
  • Eye Make Up, adalah kosmetik yang memberikan dimensi pada wajah khususnya area mata dan alis.
  •     
  • Check and Lip Make Up, yaitu produk yang memberikan rona pada pipi dan bibir agar wajah terlihat lebih segar.
  •     
  • Make Up Tools, yaitu alat-alat yang digunakan untuk memudahkan pengaplikasian produk make up pada wajah.
Nah setelah mengetahui kategori tersebut. Kini saatnya kamu mengenal masing-masing produknya.

Produk Base Make Up Untuk Pemula


Makeup yang flawless dan tidak mudah luntur dimulai dari dasar riasan yang sempurna. Untuk makeup pemula, sebaiknya menggunakan BB Cream sebagai base makeup. Hal ini dikarenakan BB Cream lebih mudah diaplikasikan walaupun hanya menggunakan jari, sehingga akan lebih mudah meratakan BB Cream dibandingkan menggunakan foundation yang lebih kompleks konsistensi dan jenisnya.


Foto: https://charminsider.com/

Setelah BB Cream diratakan dengan sempurna, kamu bisa lanjutkan dengan bedak tabur. Kenapa bedak tabur? Karena bedak tabur lebih ringan dan tidak menutup pori-pori sehingga dapat meminimalkan resiko alergi. Ada banyak pilihan BB cream dan bedak tabur di toko kecantikan. Pilihlah brand yang sudah terkenal dan memiliki harga terjangkau seperti Maybeline, Wardah, Emina, atau Hadalabo.


Produk Eye Make Up Untuk Pemula


Selanjutnya mari beralih ke produk eye makeup. Bagian ini memang agak tricky khususnya untuk pemula. Riasan mata berfokus pada membentuk dimensi agar mata tampak lebih hidup dan cantik. Kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan warna-warna nude seperti coklat atau pink agar mata terlihat segar. Sebaiknya hindari menggunakan warna gelap seperti ungu, hitam atau biru tua karena warna-warna ini lebih sulit digunakan oleh pemula. Salah-salah bukan mata indah yang kamu dapatkan malah tampak kotor dan berantakan.


Foto: https://www.newwomanindia.com/

Produk lain yang tidak kalah penting dari eyeshadow adalah pensil alis. Alis merupakan bingkai mata yang dapat membuat wajah terlihat lebih tegas dan hidup. Gunakan pensil alis mengikuti bentuk alismu, jangan memaksakan bentuk rata bila alis kamu aslinya menukik. Hal ini akan membuat riasan justru terlihat kurang natural. Selain itu agar lebih sesuai sebaiknya pilihlah pensil alis yang mendekati warna rambutmu ya, ladies.


Produk Check And Lip Make Up Untuk Pemula


Setelah menggunakan dua kategori produk diatas, merasa ada yang kurang dengan makeup mu? Tentu saja karena kamu belum memberikan rona pada wajahmu ladies. Blush on dan lipstick adalah dua benda penting yang dapat memberikan dimensi dan kesan hidup pada wajah. Bagi pemula sebaiknya menggunakan warna-warni yang cerah seperti pink dan coral.


Foto: https://www.escentual.com/

Sapukan blush on pada pipi tipis-tipis saja. Bila terlalu banyak malah akan terkesan seperti memar daripada merona. Setelahnya ulaskan lipstick pada bibirmu dan ratakan dengan jari agar terlihat natural. Makeup untuk pemula sangat cocok menggunakan look yang netral karena dapat memberikan kesan segar dan mudah untuk diaplikasikan.


Alat Make Up Untuk Pemula


Satu lagi yang tidak boleh terlupa, yaitu alat makeup. Menggunakan riasan akan lebih mudah bila menggunakan alat-alat yang tepat dan sesuai. Tapi masalahnya berbagai jenis brush makeup seringkali membingungkan bagi pemula.


Foto: https://www.everythingaboutbella.com/

Sebenarnya kamu cukup melihat bentuknya daripada pusing dengan namanya yang bermacam-macam. Karena bentuk inilah yang akan memberikan fungsi dari sebuah alat makeup.

        
  • Brush yang besar dan tebal biasanya digunakan untuk mengaplikasikan bedak dan blush on.
  •     
  • Brush dengan bentuk flat dan bulu-bulunya lebih rapat lebih cocok digunakan untuk mengoleskan BB cream atau foundation yang bersifat cair.
  •     
  • Brush berukuran kecil panjang dan memiliki ujung membulat, adalah pilihan tepat untuk menggunakan eyeshadow pada kelopak mata
  •     
  • Brush yang berbentuk seperti sikat, bagus untuk merapihkan guratan alis agar terlihat lebih smooth dan natural.
Selain itu ada juga spons atau yang biasa disebut beauty blender untuk mengaplikasikan base makeup dengan lebih rata dan halus. Kamu tidak perlu membeli terlalu banyak alat makeup untuk pemula. Cukup memperhatikan fungsi apa yang kamu perlukan saja. Terlalu banyak tools yang tidak terpakai hanya akan memenuhi kotak makeup mu dengan barang yang tidak kamu butuhkan.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id