sign up SIGN UP

MAKE-UP

Masker Bikin Makeup Luntur? Coba Tips Ini Agar Makeup Kamu Maskerproof!

Fahira mahza | Rabu, 12 May 2021 13:00 WIB
Masker Bikin Makeup Luntur? Coba Tips Ini Agar Makeup Kamu Maskerproof!
caption

Pandemi Covid-19 memang membuat banyak sekali perubahan terutama soal gaya hidup. Selain membuat kita lebih aware tentang kesehatan dan virus, beberapa hal juga kini disesuaikan dengan kondisi pandemi ini. Jika biasanya kita bebas berpergian tanpa ada aturan tertentu, kini kita dihimbau untuk wajib menggunakan masker kemanapun untuk mencegah tertularnya virus ini.

Bagi sebagian orang, khususnya kaum wanita, penggunaan masker ini terasa kurang nyaman karena dapat merusak riasan wajah. Biasanya makeup akan menempel dan luntur akibat kulit wajah bersentuhan dengan masker. Tapi jangan khawatir, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat makeup tahan lama dan anti luntur walaupun mengenakan masker loh!

Gunakan pelembap wajah

Gunakan pelembab wajah
Gunakan pelembab wajah/foto: freepik.com

 

Ketika kamu hendak merias wajah dengan berbagai kosmetik, skincare tak boleh kamu lewatkan khususnya pelembap. Pelembap akan menghidrasi kulitmu serta memberi perlindungan ekstra. Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik akan membuat riasan lebih mudah diaplikasikan serta tahan lama. 

Aplikasikan primer terlebih dahulu 

Aplikasikan primer terlebih dahulu
Aplikasikan primer terlebih dahulu/foto: freepik.com

Setelah selesai dengan skincare, maka sebelum merias wajah pastikan kamu menggunakan primer. Walaupun terlihat sepele, primer memiliki peranan penting dalam membuat riasan lebih tahan lama. Beragam jenis primer hadir dengan berbagai fungsi seperti menyamarkan pori, menahan minyak maupun menghidrasi. Fungsi primer adalah mempertahankan riasan agar tidak mudah luntur dan tetap stay on!

Hindari makeup yang tebal 

Hindari makeup yang tebal
Hindari makeup yang tebal/foto: freepik.com

Selama menggunakan masker maka usahakanlah untuk merias wajah secukupnya. Jangan menggunakan makeup terlalu tebal karena area kulit yang tertutup oleh masker lebih rentan berkeringat dan berminyak. Kondisi tersebut dapat membuat riasan mudah bergeser dan crack. Gunakan make up tipis dan secukupnya, terutama saat mengaplikasikan foundation. Pilih formula lightweight yang nyaman. 

Pilihlah makeup dengan formula powder

Pilihlah makeup dengan formula powder
Pilihlah makeup dengan formula powde/foto: freepik.com

Makeup memiliki beragam formula seperti liquid, cream dan powder. Kebanyakan orang lebih menyukai formula liquid karena hasilnya terlihat glowing serta pigmentasinya yang baik. Namun, saat menggunakan masker, sebaiknya hindarilah liquid makeup terutama pada produk blush dan highlighter. Formula tersebut lebih cepat bergeser dan luntur jika terkena hawa panas. Sebaiknya pilih powder makeup untuk mempercantik wajah. 

Akhiri dengan setting spray 

Akhiri dengan setting spray
Akhiri dengan setting spray/foto: makeupandbeauty.com

Setelah selesai dengan riasanmu, jangan sampai lupa untuk mengakhirinya dengan menyemprotkan setting spray. Setting spray berfungsi untuk mengunci riasan agar menempel dengan baik dan menyatu dengan kulit sehingga terlihat lebih natural. Pilihlah produk setting spray yang mengandung mineral dan vitamin serta mampu menghidrasi kulit dengan baik. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membuat riasanmu maskerproof. Pilihlah produk makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu agar kulit tetap terawat dengan baik. Selamat mencoba!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id