sign up SIGN UP

MAKE-UP

Mengenal Berbagai Jenis Kuas Makeup

Ika Dyah | Jumat, 25 Mar 2016 10:00 WIB
Mengenal Berbagai Jenis Kuas Makeup
caption
Kuas makeup ternyata bermacam-macam dan dibedakan sesuai bentuk serta fungsinya. Jika kamu memiliki hobi bereksperimen dengan makeup atau suka membuat tutorial makeup, maka kenali dahulu macam-macam kuas makeup berikut ini.

Powder Brush


Powder Brush biasanya memiliki bentuk paling besar dibandingkan kuas lainnya. Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan loose powder pada wajah dan meratakan shimmer di wajah saat finishing. Jika kamu menggunakan brush ini hasilnya lebih natural dan merata.
Foto: https://www.pamper.my/news/beauty/face/must-have-makeup-brushes-and-their-uses/

Kabuki Brush


Kabuki brush memiliki tangkai yang sangat pendek dan memiliki bulu kuas yang tebal serta bulat. Kabuki brush digunakan untuk mengaplikasikan mineral foundation di area tulang pipi, tulang dahi dan tulang hidung agar merata. Cara memakainya dengan gerakan melingkar.
Foto: https://www.activeskin.com.au/youngblood-flat-top-kabuki-brush

Blush Brus


Blush Brush digunakan untuk mengaplikasikan blush on atau bronzer pada pipi dan dagu. Ukurannya ada yang kecil, medium, hingga besar. Cara memakainya dengan memulaskan secara vertikal maupun melingkar, sehingga meninggalkan kesan natural dan merata. Khusus untuk blush on yang teksturnya cream, kamu tidak perlu menggunakan kuas ini karena cukup mengaplikasikannya dengan jari saja.
Foto: https://www.pakeotac.com/mengenal-fungsi-makeup-brush/

Foundation Brush


Foundation Brush ini berbentuk pipih, dan ujungnya melengkung. Bulunya yang halus dapat mengaplikasikan alas bedak secara merata dan menutup pori-pori secara alami. Fungsinya untuk mengaplikasikan foundation liquid atau cream, dan bb cream. Jika kamu menggunakan foundation cair, maka aplikasikan dahulu dengan jari, kemudian baru ratakan menggunakan kuas.
Foto: https://www.kilasdara.com/2015/03/mengenal-make-up-brush-set-dan-fungsinya/

Contour Brush


Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan bronzer di tulang pipi, jawline, dan daerah pelipis. Contour Brush memiliki kemiringan pada susunan bulu kuasnya. Contour Brush yang gunanya untuk membuat kontur ini juga digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur lebih gelap di bagian leher maupun rahang agar karakter wajah lebih tirus. Selain itu juga bisa digunakan untuk contouring yang menggunakan cream foundation.
Foto: https://nanshy.com/product/large-angled-contour-makeup-brush-pearlescent-white/

Small Contour Brush


Small contour brush ini digunakan untuk shading di bagian hidung. Bentuk kuas di ujungnya meruncing sehingga membantu kamu dalam menonjolkan tulang hidung agar terlihat lebih mancung.
Foto: https://necessaryingredient.tumblr.com/post/32128068775/review-sigma-brushes

Eyeshadow Brush


Eyeshadow brush mempunyai bulu pendek, bulat dan halus. Kuas ini pakai untuk blending warna agar bisa tercampur dengan rapi. Hasilnya, eyeshadow pada mata tidak berlebihan meskipun terdiri lebih dari 1 warna. Eyeshadow brush sendiri ada beberapa macam, antara lain:
Foto: https://michellephan.com/beauty-school-eyeshadow-brushes-michelle-phan-2012/
Medium Angled Shadow Brush
Kuas ini bentuknya pipih dengan ujung runcing diagonal. Jika kamu menggunakan eyeliner gel, maka bisa menggunakan kuas ini pada lipatan mata dan membuat bingkai alis.
Foto: https://www.terapeak.com/worth/vivace-professional-angled-eye-shadow-brush-53004-2-pieces/181788846457/
Fluffy Blending Brush
Fluffy blending brush mempunyai ujung oval. Kuas ini cocok dipakai untuk membaurkan eyeshadow agar gradasi warna tidak terlalu mencolok sehingga makeup yang dihasilna lebih natural.
Foto: https://www.shamelessfripperies.com/review/tom-ford-13-eyeshadow-blend-brush/
Large Eye Shadow Brush
Large eyeshadow brush berukuran large ini memiliki ujung bulu yang bulat. Fungsi kuas ini untuk membentuk sudut mata dengan hasil pulasan yang lebih rata.
Foto: https://www.makiash.com/product.html/large-eyeshadow-brush
Medium Eye Shadow Brush
Kuas eyeshadow berukuran medium ini memiliki bentuk bulat pada ujungnya. Kuas ini untuk membentuk sudut mata dengan pulasan yang merata, dan cocok dipakai untuk bagian atas kelopak mata.
Foto: https://www.hellojaa.com/reviews/brush-thursday-sonia-kashuk-medium-eye-shadow-brush-no-103/
Smudge Brush
Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow pada garis mata dengan lembut. Misalnya adalah ketika kamu menginginkan riasan membuat smokey eyes.
Foto: https://www.amazon.com/3-Pack-l-f-Cosmetics-Essential-Brushes/dp/B00NW7LHG4
https://www.amazon.com/3-Pack-l-f-Cosmetics-Essential-Brushes/dp/B00NW7LHG4https://www.amazon.com/3-Pack-l-f-Cosmetics-Essential-Brushes/dp/B00NW7LHG4
Eye Countor Brush
Kuas yang ujungnya berbentuk meruncing miring ini dimanfaatkan untuk membuat kontur pada kelopak mata. Hal ini dimaksudkan agar gradasi warna pada lipatan mata dan warna di bagian atas dapat berbaur dengan lembut.
Foto: https://shop.janeiredale.ca/products/makeup-brushes/18005-eye-contour-brush.html
Short Eye Shadow Brush
Kuas ini memiliki bulu pipih dan ujungnya bulat. Short eye shadow cocok untuk membentuk sudut mata.
Foto: https://www.cantik.co.id/mengenal-jenis-brush-kuas-make-up-dan-fungsinya/
Sponge Eye Shadow
Sponge eyeshadow ini untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata secara keseluruhan.
Foto: https://www.aliexpress.com/item-img/chinamart-6-PCS-Eye-Shadow-Makeup-Brushes-Brush-Sponge-Applicator-Tool-24-hours-dispatch/1768095156.html

Concealer Brush


Kuas concealer ukurannya panjang dan ujungnya bulat meruncing. Bulunya lembut, fungsinya untuk mengkoreksi kekurangan di wajah seperti flek, jerawat atau lingkaran hitam di mata.
Foto: https://ciricara.com/2014/04/24/jenis-jenis-kuas-make-up-dan-fungsinya/

Eyeliner Brush


Eyeliner brush ini terdiri dari:
Angled Eyeliner Brush
Kuas ini bentuknya asimetris dan meruncing di satu sisi saja. Eyeliner brush berfungsi menciptakan sudut atau mempertegas eyeshadow di sudut mata atau eyeliner.
Foto: https://shop.nordstrom.com/s/trish-mcevoy-50-angled-eyeliner-brush/2848125
Precise Eyeliner Brush
Precise eyeliner brush kuasnya kecil, tipis, dan memanjang ini mempunyai fungsi untuk membuat garis mata yang tepat dan akurat.
Foto: https://www.maccosmetics.com/product/13804/360/Products/Brushes-Tools/Brushes/Eye-Brushes/210-Precise-Eye-Liner-Brush

Large atau Big Fan Brush


Saat finishing touch, kuas berbentuk kipas ini berfungsi membersihkan eyeshadow yang meluber pada riasan, serta merapikan bronzer dan blush on yang tidak rata atau terlalu tebal.
Foto: https://jdkmakeup-brush.en.hisupplier.com/product-1154734-Big-Fan-Blush-Brush.html

Fan Brush


Kuas ini bentuknya sama dengan big fan brush tapi lebih kecil dan tipi. Fungsinya pun sama, tetapi kuas ini digunakan pada bagian yg lebih detail yang sekiranya tidak terjangkau oleh large fan brush.
Foto: https://www.finearttips.com/2010/06/how-to-choose-the-right-paintbrush-for-the-art-technique/

Lip Brush


Lip brush memiliki bentuk kuas yang tipis untuk membentuk garis bibir. Karena bentuknya tipis, maka bisa mengatur kecerahan warna lipstik sesuai keinginan.
Foto: https://www.maccosmetics.com/product/13806/295/Products/Brushes-Tools/Brushes/Lip-Brushes/316-Lip-Brush

Angled Brow Brush


Angled brow brush ini memiliki ujung bulu meruncing. Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan warna alis sekaligus merapikannya sehingga terkesan natural.
Foto: https://www.temptalia.com/mac-208-angled-brow-brush-photos-review

Lash Fiber


Lash fiber ini digunakan untuk membersihkan bulu mata dari gumpalan saat mengaplikasian maskara.
Foto: https://id.aliexpress.com/popular/mini-disposable.html

Eyebrow Comb


Eyebrow comb memiliki satu sisi berbentuk sisir berfungsi untuk menyisir bulu mata baik sebelum maupun sesudah menggunakan maskara. Sedangkan sisi yang lainnya yang berbentuk sikat dengan bulu-bulu halus digunakan untuk menyisir alis.
Foto: https://www.alibaba.com/product-detail/latest-products-in-market-eyebrow-comb_288063769.html
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id