sign up SIGN UP

MAKE-UP

Panduan Pemula: Fungsi Warna dan Cara Mengaplikasikan Color Correction Concealer

Friska NR | Kamis, 29 Aug 2019 09:15 WIB
Panduan Pemula: Fungsi Warna dan Cara Mengaplikasikan Color Correction Concealer
caption
Berbicara mengenai produk kecantikan wajah memang tidak ada habisnya. Terlebih mengenai produk yang dapat menunjang penampilan makeup agar lebih flawless. Selain foundation dan concealer, satu lagi produk yang tak kalah penting untuk menyamarkan kekurangan wajah, yakni color correcting concealer.

Apa itu Color Correcting Concealer?


Berbeda dengan produk concealer biasa, color correcting concealer atau juga disebut color corrector merupakan produk yang dirancang untuk menutupi masalah kulit yang lebih kompleks seperti warna kulit tidak merata, noda kemerahan, kulit kusam, bahkan luka memar. Produk ini sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki masalah hyperpigmentation, kulit berjerawat, dark circle membandel maupun bekas luka di wajah. 


Foto: https://www.makeup.com/

Umumnya kekurangan wajah yang ringan bisa disamarkan dengan foundation dan concealer biasa. Namun jika kamu menginginkan hasil makeup yang lebih flawless, penggunaan color correcting concealer sebelum foundation adalah solusi tepat untuk mendapatkan skin complexion yang tampak lebih sempurna.


Foto: Istimewa

Cara Mengetahui Produk yang Tepat


Untuk memilih color correcting concealer yang tepat, kamu perlu memperhatikan dua hal, yakni warna dan kepekatan produk. Jika kamu memiliki masalah ketidakrataan warna kulit yang cukup parah, kamu perlu produk dengan tekstur yang lebih thick dan juga pigmented. Sebaliknya, ketidakrataan warna kulit yang ringan dapat diatasi dengan produk yang memiliki pigmentasi lebih sheer.


Foto: https://makeupandbeauty.com/

Nah, untuk menentukan warna color correcting concealer yang paling tepat untuk masalah kulitmu, kamu bisa menggunakan color wheel seperti di bawah ini sebagai panduannya, Ladies. Kuncinya adalah setiap warna yang saling berseberangan merupakan lawan dan dapat saling menetralisir satu sama lain.

source: https://www.bestbagsreview.com/
 

Color Corrector Hijau


Concealer warna hijau dapat membantu menutupi noda kemerahan di wajah, seperti bekas jerawat yang masih memerah maupun ruam. Gunakan produk dengan formula sheer untuk menyamarkan noda kemerahan yang ringan, begitu pula sebaliknya.

Concealer ini sangat baik untuk menutupi noda jerawat, namun sebaiknya jangan aplikasikan secara berlebihan ke acne spot karena dapat membuat makeup-mu justru terlihat cakey. Jika kamu ingin produk yang memiliki coverage tinggi, salah satu color correcting concealer yang bagus adalah produk drugstore L.A Girl HD Pro Concealer - Green.


Foto: https://id.pinterest.com/

Color Corrector Kuning


Concealer berwarna kuning dapat menetralisir warna keunguan akibat memar maupun warna urat yang terlihat di permukaan kulit. Concealer ini juga bisa digunakan untuk menyamarkan dark circle karena dapat membuat kulit tampak lebih cerah. 

Kamu bisa mendapatkan color corrector warna kuning dalam produk NYX Professional Makeup Color Correcting Concealer Palette


Foto: https://www.cultbeauty.co.uk/

Color Corrector Pink


Warna pink berfungsi untuk mencerahkan bagian wajah yang tampak kusam. Color correcting concealer dengan warna pink yang cenderung terang juga dapat digunakan sebagai highlighter lho, Ladies. Aplikasikan ke tulang pipi dan juga sudut mata bagian dalam sebagai pulasan akhir makeup untuk mendapatkan look yang lebih cerah dan segar.

Rekomendasi produk color correcting concealer berwarna pink yang dapat kamu coba adalah Urban Decay Naked Skin Color Correcting Fluid - Pink.


Foto: https://www.urbandecay.com/

Color Corrector Merah, Orange dan Peach


Mencari color corrector untuk mengoreksi dark spot? Warna orange atau peach adalah pilihan yang tepat, sebab warna ini efektif untuk menyamarkan warna kebiruan, dark circle di bawah mata atau bintik-bintik hitam akibat penuaan atau paparan sinar matahari.

Tips concealer untuk kamu yang memiliki kulit putih, sebaiknya pilih color correcting concealer berwarna peach. Sedangkan untuk pemilik kulit yang lebih gelap, gunakan concealer berwarna orange atau merah agar dapat bekerja lebih maksimal untukmu. 

Untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan mayoritas warna kulit orang Indonesia, kamu bisa mencoba produk lokal Make Over Camouflage Cream Face Concealer.


Foto: https://www.makeoverforall.com/

Color Corrector Ungu, Violet dan Biru


Warna violet dan biru berguna untuk menetralisir warna kulit yang kekuningan dan kusam. Selain itu, warna ini juga dapat digunakan untuk meratakan warna kulit bagi medium skin tone seperti kebanyakan kulit wanita Indonesia. Kamu dapat mencampurkan sedikit concealer warna ini dengan primer andalanmu sebelum mengaplikasikan foundation.

Produk yang dapat kamu coba adalah Aritaum Real Ampoule Color Corrector - Purple Beige yang mengandung 40% ampoule, sehingga dapat sekaligus melembabkan dan menutrisi kulit. 


Foto: https://amazon.com/

Bagaimana Cara Mengaplikasikannya?


Setelah mengetahui warna color corrector yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, aplikasikan secukupnya di bagian kulit yang bermasalah. Kemudian lapisi dengan foundation dan concealer secara tipis-tipis dengan cara ditekan-tekan lembut (bukan diusap) dengan makeup sponge. Hal ini dilakukan agar color corrector tidak tergeser sehingga tidak bisa menutupi kekurangan wajah dengan sempurna. 

Gimana Ladies, panduan pemula ini bisa jadi tips cantik kamu enggak? Jika ada request untuk panduan pemula lainnya dalam kecantikan bisa beri komentar di artikel ini ya!


Foto: https://scstylecaster.com/

Sumber : www.makeup.com


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id