sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tetap Cantik Tanpa Foundation, Ini 5 Tips Makeup Minimalis untuk Kulit Berjerawat

Friska NR | Rabu, 17 Jun 2020 12:00 WIB
Tetap Cantik Tanpa Foundation, Ini 5 Tips Makeup Minimalis untuk Kulit Berjerawat
caption

Foundation menjadi salah satu bagian penting dalam ber-makeup agar hasil riasan tampak lebih flawless. Daya coverage-nya yang tinggi membuat foundation dapat menutupi sebagian besar kekurangan kulit dengan sempurna, termasuk menutupi masalah jerawat yang kerap bikin tidak percaya diri.

Meski begitu, foundation termasuk salah satu makeup berat yang tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Terlebih jika kamu memiliki masalah jerawat, kulit perlu beristirahat dari penggunaan makeup tebal agar kondisinya tidak semakin parah.

Nah, kamu bisa beralih menggunakan makeup minimalis yang tipis alih-alih selalu menutupi jerawat dengan makeup tebal. Tanpa foundation, begini tips tampil cantik dengan makeup minimalis untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat.


1. Lakukan Eksfoliasi Sebelum Makeup

image
Chemical exfoliant/Freepik.com

Sebelum memulai makeup, persiapkan wajah dengan melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini dilakukan agar tekstur kulit menjadi lebih halus dan rata sehingga complexion akan tampak lebih smooth

Namun agar tak justru mengiritasi kulit, pilih produk eksfoliasi yang memiliki formula lembut dan aman digunakan setiap hari.

2. Gunakan Tint Moisturizer

image
Tinted Moisturizer/Freepik.com

Selain melakukan eksfoliasi, kamu juga perlu mempersiapkan kulit dengan mengaplikasikan pelembab. Kamu dapat memilih produk pelembab jenis tint moisturizer yang tidak hanya menghidrasi, namun juga memberikan efek tint sehingga kulit tampak lebih terpoles.

Jangan lupa pastikan bahwa tint moisturizer yang kamu gunakan berformula water-based agar tidak membuat kulit berminyak.

3. Concealer is A Must!

image
Concealer dan color corrector/Instagram.com/Letspurplle

Setelah membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi dan mengaplikasikan pelembab, gunakan concealer untuk menutupi kekurangan wajah pada bagian-bagian yang bermasalah. Pilih concealer dengan warna yang tidak terlalu terang maupun terlalu gelap sehingga dapat menyatu dengan warna kulit saat kamu tidak memakai foundation.

Untuk bagian yang berjerawat, kamu dapat menggunakan color corrector berwarna hijau agar noda kemerahan pada jerawat dapat tersamarkan.

4. Hindari Memakai Blush On

image
Pressed blush on/Freepik.com

Jika kamu memiliki masalah jerawat pada bagian pipi, sebaiknya hindari pemakaian blush on sampai jerawatmu membaik, Ladies. Tidak hanya dapat memperparah kondisi jerawat, pemakaian blush on pada bagian kulit yang bertekstur tidak rata juga dapat memperjelas kondisi kulit yang bermasalah.

Selain blush on, hindari juga pemakaian produk shimmer karena dapat memberikan efek serupa.

5. Fokuskan Riasan pada Mata atau Bibir

image
Lipstik Merah/Pexels.com

Meski tidak menggunakan foundation maupun blush on, jangan khawatir akan terlihat tidak menarik! Kamu tetap dapat tampil cantik dan segar dengan memfokuskan riasan pada bagian mata atau bibir.

Jika ingin menonjolkan makeup pada riasan bibir, sebaiknya seimbangkan dengan menggunakan riasan mata berwarna netral agar makeup tetap terlihat natural. Sebaliknya jika ingin berdandan dengan riasan mata yang bold, gunakan lipstik nude agar penampilan tidak terkesan too much.

Itu dia 5 tips makeup tanpa foundation untuk wajah berjerawat. Setelah selesai beraktifitas, pastikan kamu membersihkan wajah dengan metode double cleansing agar sisa makeup dapat tuntas terangkat dan tidak menimbulkan masalah kulit baru.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id