sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tinted vs Non-Tinted Sunscreen, Mana yang Lebih Baik?

Dimitrie Hardjo | Rabu, 02 Jun 2021 13:15 WIB
Tinted vs Non-Tinted Sunscreen, Mana yang Lebih Baik?
Foto: Freepik
Jakarta -

Perlindungan terhadap kulit dari sinar matahari dan polusi bisa dilakukan dengan pengaplikasian sunscreen. Hal ini menjadi salah satu step dalam rutinitas skincare pagi hari yang tidak boleh terlewatkan. Manfaatnya pun tidak sekadar proteksi kulit, tapi juga mencegah penuaan dini, mencegah munculnya bintik-bintik hitam pada kulit atau sun spots, hingga mencegah kanker kulit.

Inovasi sunscreen pun bermunculan untuk memberikan opsi bagi para konsumen, seperti tinted sunscreen yang mulai digemari banyak orang. Namun, apa saja keunggulan tinted sunscreen dibandingkan yang non-tinted? Manakah yang lebih baik untuk digunakan? Dilansir dari berbagai sumber, baca yuk selengkapnya di bawah ini.

Apa itu tinted sunscreen?

Tinted sunscreen.
Tinted sunscreen. Foto: instagram.com/avoskinbeauty/

Tinted sunscreen merupakan produk inovasi yang menggabungkan fungsi skincare dan makeup, yaitu SPF dengan pigmentasi yang bisa disesuaikan dengan warna kulit. Kombinasi brilian ini membantu meminimalisir produk yang kita gunakan pada wajah, karena selain memproteksi, ia membantu membuat warna kulit jadi lebih rata.

Apa perbedaannya dengan non-tinted?

Perbedaan tinted dan non-tinted sunscreen.
Perbedaan tinted dan non-tinted sunscreen. Foto: pexels.com

Perbedaan utama antara tinted dan non-tinted sunscreen terletak pada UV filter. Ketika non-tinted sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UV, tinted sunscreen dapat melindungi dari sinar UV dan visible light.

Apa itu visible light?

Visible light.
Visible light. Foto: unsplash.com

Melansir health.harvard.edu, visible light ialah spektrum elektromagnetik dari sinar matahari, layar gadget, lampu, dan lain-lain, yang dapat menembus kulit lebih dalam dari sinar UV. Visible light dapat memberikan efek negatif bagi kulit, seperti melasma dan hiperpigmentasi. Bahkan sebuah studi yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan hiperpigmentasi yang diakibatkan visible light tampak lebih gelap dan sulit dihilangkan dibandingkan yang disebabkan UVA. Karena itu, untuk menangkal visible light, dibutuhkan sunscreen yang terlihat pula. 

Bagaimana tinted sunscreen lebih unggul daripada non-tinted?

Keunggulan tinted sunscreen.
Keunggulan tinted sunscreen. Foto: pexels.com

Tinted sunscreen memiliki broad spectrum mineral filter, yaitu zinc oxide dan titanium oxide yang ditambahkan pigmen. Pigmen dari tinted sunscreen ini membantu untuk memantulkan kembali visible light dengan cara yang tidak bisa dilakukan sunscreen non-tinted. Di sisi lain, non-tinted sunscreen memiliki partikel broad spectrum berukuran nano untuk menghindari whitecast sehingga terlihat transparan ketika diaplikasikan ke kulit.

Jadi mana yang sebaiknya digunakan?

Sunscreen.
Sunscreen yang menyesuaikan kenyamanan dan kebutuhan. Foto: freepik.com

Kamu bisa memilih tinted dan non-tinted sunscreen sesuai kebutuhan, kenyamanan, dan jenis kulit. Akan tetapi, perlindungan tinted sunscreen lebih maksimal terhadap sinar matahari dan artificial light dibandingkan dengan non-tinted sunscreen

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id