sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Atasi Iritasi Saat Menggunakan Makeup Bagi Kulit Sensitif

Penny Fatikasari | Kamis, 23 Jul 2020 17:00 WIB
Tips Atasi Iritasi Saat Menggunakan Makeup Bagi Kulit Sensitif
caption
Jakarta -

Buat kamu pemilik kulit sensitif, sekarang nggak perlu lagi khawatir supaya wajahmu nggak iritasi saat mengenakan make up seharian. Bagi kamu yang selalu ingin tampil all out menggunakan makeup namun memiliki masalah kulit iritasi dan sensitif coba lakukan tips berikut ini, yuk!

Bersihkan Wajah

bersihkan wajah
Bersihkan Wajah/Freepik.com

Yup! Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan wajahmu hingga merata. Setelah itu jangan lupa mengaplikasikan pelembab ke area wajahmu. Jika wajahmu mengalami sensitif akut, maka kamu bisa membantu menenangkannya dengan mengompres wajahmu dengan lembut menggunakan air hangat selama kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit.


Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Pilih produk sesuai jenis kulit
Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit/Freepik.com

Memilih produk khusus kulit sensitif memang susah-susah gampang, namun kamu harus cermat dalam memilih kandungan produk agar tepat dan menyehatkan kulitmu. Kamu harus pandai meminimalisir kandungan pada produk-produk kosmetik untuk mencegah terjadinya ketidakcocokan pada kulitmu. Supaya nggak salah pilih produk, kamu bisa konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui produk apa yang sebaiknya tepat kamu gunakan.

Pilih Make Up Compact

Makeup compact
Pilih Makeup Compact/Freepik.com

Pemilik kulit wajah sensitif sangat disarankan untuk memilih jenis make up compact atau makeup foundation, karena untuk meminimalisir banyaknya zat kimia atau bahan pengawet pada produk tersebut. Disarankan untuk memilih jenis foundation yang memiliki formula non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori kulitmu.

Pilih Kandungan Makeup Ringan

kandungan makeup ringan
Pilih Kandungan Makeup Ringan/Freepik.com

Yup! Untuk meminimalisir terjadinya iritasi kulit serta peradangan pada wajah, sebaiknya bagi kamu pemilik kulit sensitif lebih baik memilih produk kosmetik dengan bahan-bahan yang ringan. Kamu bisa mengenakan BB Cream dan bedak tipis untuk kulit sensitifmu. Disarankan kamu tidak memilih makeup yang mengandung pewangi agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Selain itu, pastikan pada jenis produk yang tercantum pada kosmetik memiliki kandungan yang aman bagi kulit seperti hypoallergenic ataupun dermatology tested.

Pilih Spons Tanpa Bahan Lateks

pilih spons tanpa bahan lateks
Pilih Spons Tanpa Bahan Lateks/Freepik.com

Tahukah kamu jika spons dengan bahan lateks sebaiknya dihindari bagi pemilik kulit sensitif, karena hal ini dapat memicu dermatitis atopik, serta untuk menghindari timbulnya alergi pada kulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id