sign up SIGN UP

SKINCARE

20, 30, dan 40 Tahun, Begini Cara Pilih Serum Sesuai Umur

Henny Alifah | Rabu, 22 Jul 2020 19:00 WIB
20, 30, dan 40 Tahun, Begini Cara Pilih Serum Sesuai Umur
caption

Serum adalah produk perawatan wajah yang akan menjaga kelembapan kulit. Lalu, bukankah itu sama dengan moisturizer? Bisa dibilang, memang. Hanya saja, ukuran molekul serum yang lebih kecil membuatnya mampu diserap kulit lebih cepat dan dalam dosis yang efektif. Dengan kandungan bahan-bahan berkhasiat dan antioksidan di dalamnya, serum bisa bekerjasama dengan pelembap untuk melawan penuaan dini.

Siapapun dan berapapun usianya, sah-sah saja pakai serum, bahkan remaja sekalipun. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih serum dengan kandungan bahan-bahan yang tepat sesuai kebutuhan kulit di tiap-tiap usia. Untuk membantu kamu menemukan produk yang tepat, begini cara memilih serum sesuai umur.

20-an

Innisfree Green Tea Seed Serum adalah serum yang cocok untuk usia 20-an
Innisfree Green Tea Seed Serum/ Foto: Instagram.com/innisfreeofficial

Pada usia 20-an, kulit sedang dalam kondisi prima, produksi kolagen masih cukup normal, namun pelan-pelan mulai mengalami proses awal penuaan. Di rentang usia ini belum ada kerutan atau keriput yang terlihat jelas, jadi produk anti-wrinkle atau firming belum terlalu dibutuhkan.


Cara memilih serum sesuai umur 20-an, fokuslah pada produk-produk untuk menjaga kondisi kulit seperti serum antioksidan dan sunscreen. Jika kulit dehidrasi atau ada flek hitam, gunakan hydrating serum atau dark spot treatment. Jika masih bermasalah dengan jerawat, gunakan serum dengan Vitamin C yang akan meminimalkan ukuran pori-pori dan produksi minyak pada kulit.

Serum dengan vitamin C mampu melindungi kulit muda usia 20-an dari radikal bebas karena fungsinya sebagai antioksidan. Tidak hanya bekerja sebagai proteksi, vitamin C juga meratakan warna kulit sekaligus membuatnya lebih cerah dan kencang. Di samping itu, jangan lupa perhatikan faktor lain seperti gaya hidup dan asupan makanan.

Coba: NOVEXPERT The Vitamin C Serum, L'Oreal Youth Code Prodigious Luminizing Essence, Make Over Hydration Serum, Hada Labo Gokujyun Lotion, Innisfree Green Tea Seed Serum.

30-an

APOT.CARE Vitamin A Pure Serum adalah serum yang cocok untuk usia 30-an
APOT.CARE Vitamin A Pure Serum/ Foto: Instagram.com/apotcare

Boleh dibilang, serum adalah 'teman baik' untuk usia 30-an. Pada usia ini, diperlukan perawatan ekstra untuk melawan perubahan tekstur kulit dan menurunnya kondisi kulit. Makin berkurangnya produksi kolagen dan regenerasi kulit membuat wajah mulai terlihat kendur, memiliki kerutan, serta bernoda hitam. Gaya hidup, stres, dan dampak buruk radikal bebas juga berperan menimbulkan garis-garis halus di sekitar mata dan mulut.

Bahan-bahan yang membantu atasi problem kulit usia 30-an di antaranya adalah retinol, synake peptide, dan ferment lysate yang memerangi tanda-tanda penuaan dini. Tetap gunakan sunscreen dengan rutin, lalu pilih produk serum yang mengandung vitamin A. Vitamin A menstimulasi produksi kolagen untuk memudarkan kerutan halus dan mencegah munculnya kerutan baru dengan cara mempercepat regenerasi kulit.

Coba: APOT.CARE Vitamin A Pure Serum, Hada Labo Ultimate Anti-Aging Essence, Wardah Renew You Anti-Aging Serum, L'Oreal Youth Code Boosting Essence.

40-an

Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum for 40+ Years adalah serum yang cocok untuk usia 40-an
Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum/ Foto: instagram.com/sensatiabotanicals

Tak jauh beda dengan usia 30-an, serum adalah produk yang tak terpisahkan dari skincare routine di usia 40-an. Itu karena permasalahan kulit di usia 40-an hampir sama dengan usia 30-an, hanya saja problem kulit yang ada akan terlihat lebih jelas.

Ini saatnya mencari serum yang mengandung alpha hydroxy acids alias AHA. Bersifat larut dalam air, AHA dapat meluruhkan sel kulit mati, mengurangi kerutan, mendorong produksi kolagen dan melembabkan kulit. Mulailah dengan persentase rendah atau sekitar 5%. Pemilik kulit sensitif sebaiknya memilih AHA dalam bentuk lactic acid.

Coba: THE HISTORY OF WHOO Bichup Ja Saeng Essence, L'Oreal Revitalift Intensive Repairing Essence, Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum for 40+ Years.

Itu tadi cara memilih serum sesuai umur 20, 30, dan 40-an. Selain itu, ada pula serum yang bakal cocok buat semua umur, salah satunya serum vitamin C. Serum ini melindungi kulit juga meningkatkan efektivitas tabir surya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id