sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Makeup untuk Kulit Kering, Perhatikan Base Makeup yang Kamu Gunakan!

Rumaysha Milhania | Selasa, 20 Apr 2021 10:00 WIB
Tips Makeup untuk Kulit Kering, Perhatikan Base Makeup yang Kamu Gunakan!
caption

Kulit kering seringkali menyebabkan frustrasi, khususnya saat sedang menggunakan makeup. Pasalnya, kulit kering bisa menjadi penghalang utama dalam rutinitas makeup karena menyulitkan produk untuk menempel dengan baik pada kulit.

Saat kulit kamu kering, alas bedak dan produk riasan kulit lainnya yang seharusnya memberikan hasil akhir yang halus pada riasan sering kali tampak tidak rata dan membuat kulit bertekstur hingga terkesan bersisik. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa tips makeup untuk kamu yang punya kulit kering. 

Kulit kering seringkali menyebabkan frustrasi, khususnya saat sedang menggunakan makeup. Pasalnya, kulit kering bisa menjadi penghalang utama dalam rutinitas makeup karena menyulitkan produk untuk menempel dengan baik pada kulit.
Makeup/ Sumber: Freepik.com

1. Eksfoliasi Kulit

Sebelum kamu memulai rutinitas riasan, lakukan eksfoliasi pada kulit kamu untuk menghilangkan serpihan dan mulailah rutinitas kecantikan dengan tekstur kulit yang lebih halus. Namun, ingatlah untuk tidak menggosok kulit kamu dengan produk pengelupas yang keras. Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah lembut untuk menghilangkan kulit mati atau bersisik tanpa mengiritasi seluruh wajah kamu.

2. Mulailah dengan Base Makeup yang Tepat

Jika kamu memiliki kulit kering, jauhi produk tinted moisturizer dan BB cream. Produk-produk ini efektif untuk banyak jenis kulit, tetapi mencegah kulit kering mendapatkan kelembapan dan hidrasi yang dibutuhkan dari bahan dasar riasan. Sebaliknya, mulailah rutinitas riasan kamu dengan pelembab wajah.

Oleskan pelembab secara banyak untuk melembabkan kulit dengan cukup. Pastikan kamu menggunakan formula bebas minyak, non-komedogenik untuk menghindari penambahan minyak berlebih ke kulit kamu atau berkontribusi pada munculnya jerawat. Setelah kamu melembabkan kulit, gunakan primer berbahan dasar gel. Primer ini tidak hanya akan membuat makeup lebih tahan lama.

Jauhi produk riasan berbahan powder saat kamu punya masalah dengan kulit kering. Produk dengan tekstur powder menghasilkan hasil akhir makeup yang lebih matte dan ini dapat menyebabkan tertinggalnya residu bubuk di kulit kamu.
Makeup untuk Kulit Kering/ Sumber: Freepik.com

3. Gunakan Formula Liquid

Jauhi produk riasan berbahan powder saat kamu punya masalah dengan kulit kering. Produk dengan tekstur powder menghasilkan hasil akhir makeup yang lebih matte dan ini dapat menyebabkan tertinggalnya residu bubuk di kulit kamu. Cobalah untuk mencari alas bedak dengan formula cair. Jika kamu kesulitan mengatasi kulit kering di sekitar mata, kamu juga bisa menggunakan produk eyeshadow dan eyeliner berbahan krim atau gel.

4. Hindari Menggunakan Jari

Saat kamu menggunakan jari untuk merias wajah, kamu secara otomatis menyedot kelembapan dan hidrasi dari kulit kamu. Selalu gunakan spons atau brush makeup untuk membaurkan riasan ke kulit kamu. Menggunakan spons atau brush makeup ini dapat memastikan bahwa kamu dapat meratakan riasan tanpa menghilangkan kelembapan dari kulit.

5. Lembapkan Kulit

Melembapkan kulit adalah hal yang terpenting untuk kamu yang punya kulit kering. Ini merupakan bagian dari upaya terbaik melembabkan kulit dan memastikan kulit tampak halus dan terhidrasi. Selalu gunakan pelembap sebelum kamu mengaplikasikan makeup. Ini merupakan bagian dari cara mempersiapkan kulit lebih lembut dan membuat riasan menempel dengan baik.

Melembapkan kulit adalah hal yang terpenting untuk kamu yang punya kulit kering. Ini merupakan bagian dari upaya terbaik melembabkan kulit dan memastikan kulit tampak halus dan terhidrasi.
Makeup kulit kering/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu lakukan saat akan mengaplikasikan makeup pada kulit kering. Semoga informasi ini bermanfaat!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id