sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tren Contouring Pakai Sunscreen, Amankah untuk Kulit?

Lulu Lukyani | Sabtu, 08 May 2021 09:30 WIB
Tren Contouring Pakai Sunscreen, Amankah untuk Kulit?
caption
Jakarta -

Tak dapat disangkal bahwa media sosial selalu berhasil meracuni penggunanya dengan tren-tren terbaru, termasuk tren di dunia kecantikan. Baru-baru ini, pengguna media sosial TikTok meramaikan tren kecantikan terbaru, yakni contouring dengan menggunakan sunscreen.

Katanya, teknik contouring menggunakan sunscreen akan membuat wajah tampak lebih tirus natural tanpa perlu bantuan alat makeup lainnya. Dilansir dari Wolipop yang melansir Daily Mail, tren contouring menggunakan sunscreen rupanya dipopulerkan oleh seorang model asal Amerika Serikat (AS), Eli Withrow.

Perempuan berusia 24 tahun tersebut mengunggah videonya ke media sosial TikTok saat menggunakan sunscreen untuk contouring. Tak lama setelah itu, banyak pengguna TikTok yang penasaran dan ikut meramaikan tren kecantikan tersebut.

Dalam video TikTok yang diunggah Eli, tampak ia memakai sunscreen yang lebih tebal hanya di beberapa area wajah yang ingin ia tonjolkan.

Ilustrasi sunscreen
Ilustrasi sunscreen/Freepik

Beberapa area wajah yang dicontour dengan sunscreen adalah dahi, bawah mata, pipi bagian dalam, hidung, dan dagu.

“Saya yakin bahwa jika kamu mengoleskan sunscreen dengan SPF 30 dan SPF 90 di semua tempat yang akan kamu pakai highlighter, matahari akan membentuk wajahmu di mana kamu akan mengaplikasikan bronzer,” kata Eli dalam videonya..

Banyak pengguna TikTok yang mencoba teknik contour dari Eli dan mengatakan bahwa teknik tersebut berhasil. Beberapa video diunggah untuk memperlihatkan perbedaan kulit wajah setelah menggunakan sunscreen sebagai contour.

Hasilnya, area wajah yang diberikan sunscreen lebih tebal tampak lebih cerah dan area lainnya tampak lebih gelap, seperti menggunakan contour di wajah. Mengenai tren ini, Dr. Simran Deo dari Online Doctor mengatakan, sinar UV dari matahari sangat berbahaya bagi kulit karena bisa menimbulkan kerusakan.

Adapun sunburn dan tanning merupakan indikasi terjadinya beberapa tingkat kerusakan sel. “Meski menggunakan SPF untuk membentuk contour dapat menyebabkan garis-garis cokelat sementara di area yang biasanya diaplikasikan contour, ketika garis-garis cokelat tersebut pudar, kamu akan mengalami kerusakan kulit yang lebih permanen,” kata Dr. Simran.

Dr. Simran menegaskan, sinar UVA, UVB, dan UVR dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, kerutan, dan kulit kusam. Oleh sebab itu, Dr. Simran sangat menyarankan agar menggunakan sunscreen secara menyeluruh di area-area yang terkena sinar matahari.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id