sign up SIGN UP

MAKE-UP

Waspada! Ini Dia Panduan Batas Expired Makeup yang Harus Kamu Tahu

Rumaysha Milhania | Sabtu, 11 Apr 2020 09:00 WIB
Waspada! Ini Dia Panduan Batas Expired Makeup yang Harus Kamu Tahu
caption
Tahukah kamu jika makeup yang sudah dibuka memiliki batas waktu pemakaian yang mungkin lebih cepat daripada tanggal expired. Simak ulasan tentang panduan batas kadaluwarsa makeup berikut ini.

Salah satu barang yang paling sering tidak diperhatikan batas kadaluwarsanya adalah makeup. Pasalnya, berbeda dengan makanan dan minuman, makeup yang kadaluwarsa memang tidak memberikan efek yang langsung terasa. Namun, pemakaian makeup yang sudah melewati batas pemakaian tentu merupakan hal yang berbahaya. Itulah sebabnya, sangat penting bagi kamu para pecinta makeup untuk tahu kapan sebenarnya makeup sudah tidak lagi bisa digunakan. Untuk itu, simak ulasan mengenai panduan batas expired makeup berikut ini!



 


Eyeliner: 6 bulan-1 tahun

Eyeliner gel biasanya haya bertahan enam hingga delapan bulan setelah pertama kali dibuka. Ingat, sejak pertama kali dibuka, bukan tergantung pada tanggan expired yang ada di kemasan. Di sisi lain, untuk eyeliner pensil biasanya dapat memiliki umur simpan selama satu tahun. Ini lebih lama karena bakteri tidak mudah tumbuh dan berkembang di sana.
 



Foto: https://hellogiggles.com/


Maskara: 3-6 bulan

Maskara ternyata tidak direkomendasikan untuk digunakan lebih dari enam bulan. Pasalnya, maskara dengan sikatnya yang basah itu memiliki risiko besar menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri. Jadi, upayakan untuk tidak menyimpan maskara lebih dari jangka waktu itu.
 


Foto: https://tartecosmetics.com/


Blush, Eye Shadow, dan Kosmetik Powder lainnya: 1-2 tahun

Berbeda dengan maskara dan eyeline gel, kosmetik bertekstur powder biasanya dapat bertahan lebih lama. Pasalnya, jika dibandingkan dengan kosmetik dengan formula basah, blush, eye shadow, highlighter dan bedak powder tidak berisiko mengembangkan bakteri. Namun, ini dalam catatan hanya jika tekstur, warna, dan baunya tidak berubah sama sekali. 
 


Foto: https://www.refinery29.com/


Foundation: 6 bulan-2 tahun

Foundation yang dikemas dalam jar biasanya hanya bertahan sekitar 6 bulan setelah dibuka. Namun, untuk foundation dengan kemasan botol yang dipompa dapat digunakan hingga 2 tahun lamanya. Hal ini disebabkan karena foundation dengan tekstur cair sangat berisiko menjadi tempat tumbuhnya bakteri.
 


Foto: https://www.idee-fuer-mich.de/


Lipstik: 2 tahun

Perubahan warna, tekstur, atau bau adalah tanda bahwa lipstikmu telah kedaluwarsa. Pada dasarnya lipstik hanya bertahan 2 tahun sejak pertama kali digunakan. Jadi, jangan gunakan kembali lipstik yang sudah disimpan lebih dari dua tahun. Apalagi jika sudah terjadi perubahan warna, tekstur, dan bau.
 


Foto: https://www.kismetcosmetics.com/


Produk Alami: 3-6 bulan

Terakhir, untuk kosmetik dengan bahan alami tanpa pengawet, kamu hanya bisa menggunakannya selama sekitar 3-6 bulan. Selain itu, pastikan untuk selalu menyimpannya di tempat yang tepat. Kosmetk berbahan natural biasanya sangat dianjurkan untuk disimpan dalam lemari es. 
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id