sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Masih Tetap Eksis Hingga Saat Ini, Ini Boygrup Tertua Dalam Dunia Hiburan

Astari Dewi Larasati | Minggu, 19 Jul 2020 22:30 WIB
Masih Tetap Eksis Hingga Saat Ini, Ini Boygrup Tertua Dalam Dunia Hiburan
caption
Jakarta -

Dalam industri Kpop ada yang disebut dengan kutukan tujuh tahun karena banyak grup yang umumnya bubar setelah tujuh tahun sejak mereka melakukan debut. Namun tidak semua grup seperti itu, adapula yang mencapai titik terlama untuk eksis dan bertahan lama.

Seperti boygrup tertua berikut ini yang masih aktif dalam dunia hiburan. Mereka memulai debutnya pada tahun 1990an dan awal 2000an dan membantu membuka jalan untuk boygrup selanjutnya. Intip boygrup sebagai berikut ini.


Sechkies

Debut pada tanggal 15 Mei 1997 yang berarti 23 tahun aktif dalam industri hiburan.
Sechkies/pinterest.com/firstgenkpop

Sechkies secara resmi menjadi boygrup tertua yang masih aktif di dunia hiburan, yaitu selama 23 tahun. Awalnya mereka debut dengan enam anggota tapi hanya bersama selama tiga tahun saja. Namun pada tahun 2016, empat anggota seperti Jiwon, Jaejin, Jaeduck, dan Suwon kembali dan bernaung dalam agensi YG Entertainment. Disana mereka aktif dalam bermusik dan syuting acara realitas di televisi.

Shinwa

Debut pada tanggal 24 Maret 1998 yang berarti 22 tahun aktif dalam industri hiburan.
Shinwa/pinterest.com/kiaserendipity

Selanjutnya ada Shinwa yang telah debut selama 22 tahun dan menandakan mereka merupakan boygrup kedua tertua. Mereka juga masih memiliki enam anggota asli mereka sejak debut yaitu, Eric, Andy, Junjin, Dongwan, Hyesung, dan Minwoo. Namun selama mereka berkarir telah pindah agensi sebanyak tiga kali. Awalnya memulai debut bersama SM Entertainment, kemudian pindah ke Good Entertainment, dan akhirnya mendirikan agensi sendiri Shinwa Company.

G.O.D

Debut pada tanggal 1 Januari 1999 yang berarti 21 tahun aktif dalam industri hiburan.
G.O.D/pinterest.com/allkpop

Merupakan singkatan dari Groove Over Dose, terdiri lima anggota asli yaitu, Joon, Kyesang, Danny, Hoyoung, dan Taewoo. Namun pada tahun 2004, Kyesang meninggalkan grup dan anggota lainnya pindah ke agensi JYP Entertainment hingga hiatus pada tahun 2006. Namun mereka mengklaim tidak pernah ada pembubaran grup, sampai akhirnya tahun 2014 G.O.D kembali merilis lagu.

TVXQ

Debut pada tanggal 26 Desember 2003 yang berarti 16 tahun aktif dalam industri hiburan.
TVXQ/pinterest.com/annamaria

Awalnya TVXQ memiliki lima anggota yang debut dari tahun 2003. Sayangnya, tiga anggota yaitu, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memilih meninggalkan grup dan agensi SM Entertainment pada tahun 2010. Dan mereka debut sebagai grup baru dengan nama JYJ. Hingga akhirnya TVXQ akhirnya menyisakan Yunho dan Changmin yang sampai saat ini aktif dan menggelar konser online pada bulan Mei lalu.

Super Junior

Debut pada tanggal 6 November 2005 yang berarti 14 tahun aktif dalam industri hiburan.
Super Junior/pinterest.com/riztiejanuary

Di Indonesia sendiri, nama Super Junior sudah sangat dikenal khususnya Siwon. Awalnya mereka debut pada tahun 2005 dengan jumlah anggota 12 anggota. Mereka juga disebut sebagai “King of Hallyu Wave” karena Super Junior mampu menyebarkan Kpop secara global. Namun satu persatu member keluar diantaranya, Hangeng, Kibum dan Kangin. Lalu ada Sangmin yang tidak aktif karena kontroversi setelah pernikahannya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id