sign up SIGN UP

MUSLIM

3 Rekomendasi Buku yang Pas untuk Dibaca Saat Ramadan

Liana Dewi | Jumat, 16 Apr 2021 04:30 WIB
3 Rekomendasi Buku yang Pas untuk Dibaca Saat Ramadan
caption
Jakarta -

Ramadan merupakan momen yang istimewa bagi umat Islam. Maka dari itu, alangkah baiknya mengisi waktu di bulan Ramadan ini dengan sebaik mungkin untuk menguatkan keagamaan kita. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku bertema islami.

Dalam artikel ini, Beautynesia akan memberikan 3 rekomendasi buku yang cocok untuk dibaca sambil menemani kamu ngabuburit menunggu waktu berbuka. Apa saja bukunya? Berikut adalah rekomendasinya!

Islam yang Saya Anut Karya M. Quraish Shihab

Buku Islam yang Saya Anut
Buku Islam yang Saya Anut/store.lenterahati.com

Buku pertama datang dari ulama kenamaan M. Quraish Shihab. Buku Islam yang Saya Anut ini berisi tentang dasar-dasar agama Islam. Dengan membaca buku ini kita diajak mendalami mengenai rukun iman, rukun Islam, dan mengajarkan bagaimana akhlak seorang muslim sebenarnya.

Pembahasan dalam buku ini cukup komprehensif dan mendalam, namun dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami. Buku ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin mengetahui dasar ajaran Islam. Buku ini pun cocok untuk mengingatkan kembali serta memperdalam mengenai dasar-dasar keislaman.

Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk Karya Ahmad Rifa'i Rif'an

Buku Tuhan Maaf Kami Sedang Sibuk
Buku Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk/tokopedia.com/Gramedia Official Store

Buku karya Ahmad Rifa'i Rif'an ini merupakan bahan renungan yang pas saat Ramadan. Biasanya di bulan suci seperti sekarang ini kegiatan jadi lebih sedikit, pulang kerja lebih cepat, sekolah lebih cepat, dan energi yang ada lebih difokuskan untuk mengerjakan hal-hal penting saja.

Senada dengan isi dalam buku ini. Buku ini mengajak kita merenung untuk memaknai kesibukan sehari-hari kita dan seperti apa kualitas kita dalam beribadah. Buku ini mengajak untuk berefleksi apakah kita terlalu mengutamakan kepentingan dunia sampai kemudian mengesampingkan hubungan dengan Allah SWT.

Muslimah yang Diperdebatkan Karya Kalis Mardiasih

Buku Muslimah yang Diperdebatkan
Buku Muslimah yang Diperdebatkan/bukumojok.com

Rekomendasi buku untuk menemani ngabuburit selanjutnya adalah Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih. Buku ini berisikan curhatan, pengalaman, dan pemikiran penulis yang mengkritisi mengapa perempuan sering disalahkan. Terutama jika terkait dengan tubuh, cara berpakaian, cara perempuan beragama, dan mengenai kemanusiaan secara umum.

Buku ini cukup ringan dan sangat cocok dibaca sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tidak hanya perempuan saja yang direkomendasikan membaca buku ini, tetapi laki-laki juga. Dengan demikian, bisa sama-sama berefleksi dan berusaha menciptakan lingkungan yang ramah untuk para muslimah agar dapat mengamalkan ajaran agama dengan sebaik-baiknya.

Nah, itu dia 3 rekomendasi buku Islami dari Beautynesia. Semoga dapat memberi kamu referensi ya. Selamat berpuasa!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id