sign up SIGN UP

MUSLIM

5 Menu Favorit Untuk Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia

Penny Fatikasari | Rabu, 06 May 2020 09:00 WIB
5 Menu Favorit Untuk Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia
caption
Ketika berpuasa tentunya akan ada banyak hidangan di meja untuk disajikan. Nggak hanya itu, saat berpuasa juga banyak sekali pilihan takjil di jual di pasar Ramadhan beserta hidangan makanan berbuka puasa yang khas. Nah, menu berbuka puasa di berbagai belahan dunia juga tak kalah unik dan nikmat, lho! Berikut 5 menu favorit berbuka puasa dari seluruh dunia yang perlu kamu ketahui.

Shahan Ful


Foto: Istimewa

Shahan ful merupakan salah satu menu tradisional favorit yang dapat ditemui ketika bulan Ramadhan khususnya bagi warga negara Arab, Mesir, Sudan dan Ethiopia. Menu ini tak hanya dihidangkan pada saat berbuka puasa saja, namun cocok pula dinikmati pada saat sahur. Komposisi shahan ful terdiri dari kacang-kacangan yang dapat dinikmati dengan yoghurt beserta irisan tomat segar.
 


Harira


Foto: Istimewa

Dari teksturnya, makanan ini terlihat seperti bubur merah bukan? Menu makanan khas berbuka puasa ini berasal dari negara bagian Afrika yakni Maroko dan Algeria. Harira merupakan jenis sup yang terbuat dari gandum, daging ayam dan juga potongan tomat. Sup ini tentunya sangat nikmat dimakan dalam kondisi hangat.
 


Harees


Foto: Istimewa

Menu berbuka puasa yang tak kalah menarik dan tentunya sangat nikmat adalah harees. Dari teksturnya terlihat seperti bubur kebanyakan. Harees merupakan jenis bubur yang biasa terbuat dari gandum, mentega, potongan daging dan juga ditambah dengan gula. Harees ini juga sangat terkenal sebagai menu berbuka puasa di negara Saudi Arabia, lho!
 



Qatayef


Foto: Istimewa

Menu berbuka puasa lainnya yang juga menjadi makanan khas dari negara Yordania adalah qatayef. Makanan ini merupakan camilan yang teksturnya seperti pancake dan hanya ada pada saat bulan Ramadhan saja, lho! Qatayef sendiri terbuat dari tepung terigu dan disajikan dengan cara digoreng. Nggak hanya itu, qatayef juga dihidangkan dengan campuran kacang-kacangan seperti almond, kismis, keju dan lain sebaginya serta di tambah dengan madu pada bagian toppingnya sehingga membuat rasanya semakin nikmat.
 


Samosa


Foto: Istimewa

Yup! Camilan paling hits di negara Pakistan ini teksturnya terlihat mirip seperti camilan yang ada di Indonesia yakni pastel atau korket. Jika pastel atau korket di negara Indonesia biasa di isi dengan bihun, kentang ataupun olahan lainnya, samosa ini sendiri di isi dengan daging cincang, tomat, bawang merah, daun bawang, kentang  serta keju di dalamnya. Wah, nikmat sekali bukan?
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id