sign up SIGN UP

MUSLIM

5 Negara Ini Rayakan Idul Fitri dengan Tradisi Unik

Marissa Fenyapwain | Kamis, 28 May 2020 16:00 WIB
5 Negara Ini Rayakan Idul Fitri dengan Tradisi Unik
caption
Idul Fitri memang sudah lewat, tapi suasana masih terasa, kan? Sebelum benar-benar melepas suasana lebaran, simak dulu beberapa negara yang merayakan Idul Fitri dengan tradisi unik, yuk. Berikut informasinya!

1. Turki


Foto: https://turkishdelightbazaar.com

Di Turki, Idul Fitri dikenal sebagai Ramadan Bayram atau Seker Bayram - Bayram (festival) Sweets. Selain doa dan pertemuan keluarga, anak-anak menerima beberapa manisan seperti makanan Turki dan camilan tradisional seperti Baklava.

Banyak yang menganggap tradisi ini mirip dengan Halloween, karena anak-anak menerima permen. Pada hari Idul Fitri, anak-anak juga akan menyapa orangtua dengan mencium tangan kanan mereka.


2. India


Foto: https://ramadhaniedwishes.com

Sebagai bagian dari persiapan Idul Fitri, perempuan di India akan menerapkan desain dekoratif Mehndi sehari sebelumnya. Mehndi, pakaian meriah, perhiasan, dan gelang tradisional berwarna-warni adalah yang terpenting dari perayaan Idul Fitri bagi perempuan di India.

Saat Idul Fitri, rumah-rumah diterangi dengan hiasan cahaya yang mewah. Persiapan hidangan meriah juga cukup khas, seperti biryani daging kambing yang lezat dan hidangan penutup kurma.


3. Australia


Foto: https://UCAAssembly.com

Sebagai negara yang menghormati berbagai budaya dan agama, penduduk muslim dan non-muslim di Australia berkumpul bersama dan merayakan Idul Fitri dalam Multicultural Eid Festival and Fair yang biasanya berisi lebih dari 150 stand. Festival ini dimulai di Sydney pada tahun 1994, dan juga diadakan di Melbourne dan Canberra. Acara ini menyambut orang-orang dari semua agama dan budaya yang berbeda. 



4. Maroko


Foto: https://thesavvynewcomer.com

Umat Islam di Maroko biasanya menyembelih domba sebagai hewan kurban dan kemudian diolah untuk membuat masakan tradisional khas negara tersebut. Mereka memasak daging dari seluruh bagian domba, bahkan ada hidangan khusus yang menggunakan kepala, ekor, usus, perut, kaki, otak, lemak, hingga testis.

Di hari pertama Idul Fitri, perut dan hati domba panggang menjadi sajian favorit bagi kebanyakan orang Maroko. Malam harinya, biasanya mereka menyajikan hidangan berupa kepala atau daging bahu domba dengan berbagai berbagai jenis sayuran.


5. Pakistan


Foto: https://foreignpolicy.com

Warga Pakistan biasanya merayakan Idul Fitri selama empat hari. Sepanjang perayaan ini, toko-toko akan tutup karena orang-orang menghabiskan hari dengan berdoa dan menyembelih hewan kurban.

Seperti di Indonesia, daging hewan korban kemudian dibagi-bagikan kepada saudara, kerabat, teman atau mereka yang membutuhkan. Perayaan Idul Fitri di Pakistan juga diramaikan dengan acara kumpul keluarga untuk saling berbagi makanan dan bertukar hadiah.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id