sign up SIGN UP

Amalan yang Bisa Dikerjakan Meski Sedang Haid di Bulan Ramadan

Diyah Wulandini | Senin, 03 May 2021 10:30 WIB
Amalan yang Bisa Dikerjakan Meski Sedang Haid di Bulan Ramadan
caption

Tamu bulanan datang ketika ramadan enggak harus melunturkan semangat beribadah kamu, Ladies. Beramal kebaikan bukan hanya boleh dilakukan ketika kamu sedang dalam masa suci. Masih ada kebaikan-kebaikan penuh berkah yang bisa dilakukan ketika haid.

Yuk, enggak perlu mengendorkan semangat beribadah. Buat ramadanmu tahun ini tetap penuh berkah dan enggak sia-sia. Lakukan amalan berikut tanpa ragu momen ramadanmu bakalan hilang begitu saja.

1. Memperbanyak Sedekah

Menyalurkan kepedulian kepada orang lain di bulan ramadan bisa dilakukan dengan bersedekah.
Semangat Bersedekah/foto: freepik.com

Sedekah bakalan selalu mengingatkan kamu seberapa pentingnya mensyukuri nikmat. Kalau hari ini kamu masih bisa memilih pakaian mana yang cocok dipakai, belum tentu orang lain di luar sana bisa. Yuk, mulai berbagi buat sesama.

Salurkan kepedulian kamu dengan bersedekah buat mereka yang membutuhkan. Selain uang kamu juga bisa membelikan pakaian baru buat bekal lebaran atau makan sahur dan berbuka, ya. 

2. Mempersiapkan Sahur dan Berbuka

Membantu mereka yang berpuasa dengan mempersiapkan menu sahur dan berbuka memiliki pahala besar buat enggak dilewatkan.
Mempersiapkan Berbuka Puasa/foto: freepik.com

Yuk, isi ramadanmu lebih bermanfaat dengan membantu mempersiapkan makanan sahur dan berbuka buat mereka yang berpuasa. Enggak perlu malas-malasan, ya, Ladies. Pastikan semangat ramadanmu enggak luntur meski sedang berhalangan.

Membantu mempersiapkan makanan sahur dan berbuka buat orang-orang yang berpuasa juga memiliki pahala yang besar, lho. Tentunya kamu juga berjasa dalam proses ibadah mereka. 

3. Rutin Berdzikir

Salah satu malan mudah yang berpahala besar di bulan ramadan merupakan berdzikir dengan menyebut asma Allah.
Rutin Berdzikir/foto: freepik.com

Meski sedang absen buat puasa, enggak menjadi halangan kamu mendekatkan diri kepada Tuhan. Yuk, berdzikir agar ramadanmu enggak terlewatkan begitu saja. Amalan yang ringan ini enggak akan menguras tenaga kamu, kok.

Dzikir dengan menyebut asma Allah ini bisa menjadi penghapus dosa dari hal-hal kurang baik yang pernah kamu lakukan. Selain hatimu yang kembali bersih, mood yang sering buruk ketika haid enggak lagi mengganggu.

4. Memanjatkan Doa

Berdoa di bulan ramadan masih bisa dilakukan meski enggak menjalankan salat dan puasa.
Memanjatkan Doa/foto: freepik.com

Ketika sedang haid kamu memang harus istirahat buat salat dan puasa, tapi bukan berarti berhenti bedoa. Langitkan apa saja yang selalu menjadi keresahanmu selama ini. Tuhan selalu mendengarkan doa hamba-hambaNya, Ladies.

Memanjatkan doa enggak hanya membuatmu lebih tenang, tentu juga ada pahala di baliknya. Amalan satu ini tentunya bisa banget kamu lakukan kapan dan di mana saja ketika bulan ramadan. Manfaatkan waktumu dengan baik mulai pagi sampai malam, ya.

5. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu dengan pahala besar yang semakin mudah dilakukan dengan dukungan teknologi.
Belajar Melalui Gadget/foto: freepik.com

Menuntut ilmu merupakan sebuah ibadah yang tidak pernah memiliki batasan usia. Mau seperti apa kondisi kamu, ilmu merupakan suatu yang perlu terus digali. Tentunya amalan ini boleh banget dilakukan ketika kamu sedang haid, ya.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim, "Barangsiapa yang menuntut ilmu, niscaya Allah akan menunjukkan jalan menuju surga baginya". Masih yakin ingin menyia-nyiakan waktu dengan scroll media sosial saja?

[Gambas:Instagram]

6. Mendengarkan Lantunan Al-Quran

Meski berhalangan untuk membacanya langsung, lantunan ayat Al-Qur'an boleh didengarkan oleh wanita haid dan mengandung pahala di baliknya.
Kitab Al-Qur'an/foto: freepik.com

Enggak usah galau kalau kamu melewatkan momen tadarus ketika ramadan. Selain membacanya langsung, kamu bisa mendengarkan lantunan merdu dari ayat Al-Qur'an. Setel bacaan ayat Al-Qur'an menggunakan aplikasi di telepon pintarmu.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sudah bukan lagi masalah buat membantumu beribadah. Kamu juga bisa membuat playlist khusus ramadanmu sendiri, lho! Energi positif dari lantunan yang masuk telinga pasti membuatmu lebih tenang.

Haid di bulan ramadan sama sekali bukan halangan, ya, Ladies. Masih banyak serangkaian kebaikan yang terhitung ibadah buat enggak kamu lewatkan. Tetap semangat beribadah, ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id