sign up SIGN UP

Anti Lemas Selama Puasa, Coba Ikuti Tips Ini!

Fahira mahza | Rabu, 28 Apr 2021 10:00 WIB
Anti Lemas Selama Puasa, Coba Ikuti Tips Ini!
caption

Bulan Ramadan merupakan bulan yang identik dengan kegiatan berpuasa. Puasa merupakan kegiatan menahan haus, lapar dan hawa nafsu dari fajar hingga waktu berbuka. Walaupun begitu, puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ya!

Banyak orang yang merasa tak bertenaga dan lemas karena menahan lapar dan haus dalam jangka waktu yang relatif panjang. Hal ini membuat produktivitas menjadi menurun. Namun, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan berbagai cara. Ikuti tips ini agar tidak lemas dan loyo selama menjalani ibadah puasa!

Tidak melewatkan sahur

Tidak melewatkan sahur
Tidak melewatkan sahur/foto: technotrenz.com

Sahur dilaksanakan sebelum adzan subuh berkumandang sekitar pukul 3 atau 4 pagi. Di waktu tersebut, memang tak jarang orang merasa tak nafsu makan sehingga memilih untuk melewatkan sahur. Padahal sahur sangatlah penting karena nutrisi dan energi tetap dapat diproses tubuh walaupun perut tak diisi setelah fajar.

Menu sahur yang baik dan dapat memberikan energi jangka panjang ialah biji-bijian yang dikombinasikan dengan protein, lemak dan vitamin dari buah serta sayuran. 

Cukupi kebutuhan air putih

Cukupi kebutuhan air putih
Cukupi kebutuhan air putih/foto: freepik.com

Tubuh terdiri dari 95% air, maka dari itu jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Sekalipun sedang berpuasa, pemenuhan kebutuhan air harus tetap diperhatikan. Manfaatkan waktu sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Usahakan untuk minum 2 liter air putih ketika berbuka, sahur atau sebelum tidur. Dengan begitu, maka kamu tidak akan merasa lemas saat berpuasa. 

Perhatikan porsi berbuka 

Perhatikan porsi berbuka
Perhatikan porsi berbuka/foto: freepik.com

Saat waktu berbuka tiba, maka tak ayal kita seringkali kalap mata saat mengkonsumsi makanan. Banyak orang melahap makanan dengan porsi yang berlebihan. Padahal hal tersebut dapat membuat perut kembung. Ketika kondisi ini terjadi, maka orang cenderung mengantuk dan malas beraktivitas. Saat berbuka, sebaiknya konsumsi makanan secukupnya agar kondisi tubuh tetap segar.

Lakukan olahraga ringan 

Lakukan olahraga ringan
Lakukan olahraga ringan/foto: freepik.com

Kebanyakan orang cenderung menghindari aktivitas berat seperti olahraga saat sedang berpuasa. Namun, olahraga ringan ternyata dapat membantu tubuh terasa lebih segar dan tak loyo. Pilihlah jenis olahraga yang mudah seperti jalan kaki, yoga maupun workout di rumah. Dengan begini, maka tubuh tetap fit dan akan lebih kuat menjalani puasa. 

Tidur siang sebentar

Tidur siang sebentar
Tidur siang sebentar/foto: frepik.com

Tidur di bulan Ramadan memang dapat menjadi pahala. Tapi, jangan sampai waktu tidurmu berlebihan ya. Selain menurunkan produktivitas, tubuh juga akan terasa lebih lemas ketika kamu tidur siang dalam durasi yang panjang. Untuk itu, baiknya kamu lakukan power nap atau tidur siang secukupnya selama kurang lebih 20 menit. Energimu akan kembali dan tubuh akan semakin segar saat kamu tidur siang dalam durasi yang tepat. 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba agar kegiatan puasamu tak terganggu akibat lemas dan loyo. Selamat mencoba! 

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id