sign up SIGN UP

MUSLIM

Biar Tampak Cerah, Ini Pilihan Warna Hijab Sesuai Warna Kulit Kamu

Shinta Nikmah | Selasa, 01 Dec 2020 13:00 WIB
Biar Tampak Cerah, Ini Pilihan Warna Hijab Sesuai Warna Kulit Kamu
caption

Hijab merupakan salah satu pelengkap busana yang dikenakan oleh wanita muslim. Dewasa ini hijab sudah memiliki trend fashion yang berkembang pesat. Diinspirasi oleh selebriti dan selebgram, model hijab kini sudah banyak bermunculan. Di acara fashion week atau fashion show, busana hijab sudah menempati posisinya sendiri sebagai jajaran fashion style era kini.

Nah, untuk kamu yang berhijab pasti tidak asal-asalan dalam memilih hijab terutama dari unsur warnanya. Salah-salah kamu bisa terlihat kusam atau terlihat gelap jika memakai hijab yang tidak sesuai dengan warna kulit. Agar kamu tidak kesulitan memilih warna hijab, kamu bisa ikuti panduan berikut ya, Ladies.

Kulit Putih

putih
Hijab untuk Kulit Putih/ Foto: pinterest.com/modestpath

Wanita yang memiliki kulit putih dianggap cocok menggunakan semua warna, sehingga pemilik warna kulit ini cenderung tidak terlalu dipusingkan dengan pemilihan warna hijab. Memang kenyataannya banyak warna hijab yang cocok untuk kulit putih, terlebih warna yang tegas seperti merah marun, navy, atau hitam.

Namun bagi kamu pemilik kulit putih, hati-hati memilih warna hijab agar membuatmu terlihat pucat. Hindari penggunaan warna putih atau warna lain yang terlalu soft atau nude. Lebih baik kamu menggunakan warna-warna yang lebih mencolok untuk menonjolkan kulit terangmu.

Kuning Langsat

kuning
Hijab untuk Kulit Kuning Langsat/ Foto: freepik.com

Sebagian besar wanita Indonesia memiliki warna kulit kuning langsat. Warna kulit ini terlihat bagus karena tidak terlalu cerah dan tidak terlalu gelap. Warna hijab yang cocok untuk jenis kulit ini adalah warna-warna yang cukup terang seperti merah, pink, biru yang bisa membuat kulit kamu terlihat cerah dan segar. Namun, kamu perlu menghindari warna keemasan, coklat tua, dan orange karena dapat membuat kulit terlihat kusam.

Kulit Coklat

Coklat
Hijab untuk Kulit Coklat/ Foto: pinterest.com/Haute Hijab

Kulit coklat yang juga sering disebut kulit sawo matang ini memang mendominasi warna kulit orang Indonesia. Warna hijab yang sesuai dapat menonjolkan warna kulit eksotis yang kamu miliki.

Pilihlah hijab yang memiliki warna yang cenderung gelap seperti merah marun, burgundy, navy atau hitam. Warna gelap tersebut bisa menonjolkan warna kulitmu.

Selain itu kamu juga bisa memilih warna pastel seperti krem, lavender dan dusty pink. Hindari warna cerah seperti kuning, biru cerah, dan orange ya. Warna tersebut terlalu kontras dengan tone kulit sehingga membuat kamu terlihat kusam.

Kulit Gelap

gelap
Hijab untuk Kulit Gelap/ Foto: pinterest.com/Haute Hijab

Sejatinya semua warna kulit itu cantik, termasuk kulit gelap. Hijab dengan warna yang sesuai dengan kulit gelap mampu menonjolkan kecantikan eksotis. Buat kamu yang memiliki kulit gelap, bisa memilih hijab dengan warna lembut seperti coklat muda, lavender, merah marun, kuning kunyit, dan warna pastel lainnya.

Pilihan warna untuk kulit gelap sangat banyak, namun kamu perlu menghindari warna yang terlalu gelap atau bernuansa neon. Pilihan warna tersebut bisa membuat kulit terlihat lebih gelap.

Warna Hijab Sesuai Undertone

undertone
Hijab Sesuai Undertone/ Foto: pinterest.com/We Heart It

Undertone merupakan warna yang berada di bawah lapisan kulit. Apabila warna kulit bisa dilihat dengan jelas sesuai warna terluar kulit, maka undertone bisa diketahui dari rona yang muncul pada permukaan kulit. Pemilihan warna jilbab juga bisa didasarkan pada undertone yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki undertone cool, maka warna hijab yang cocok adalah warna silver, hitam atau abu-abu. Kamu juga cocok menggunakan warna pastel seperti dusty pink, biru, atau merah. Hindari warna yang terlalu soft karena bisa membuatmu terlihat pucat.

Sebaliknya jika kamu memiliki undertone warm, sebaiknya kamu menghindari warna-warna yang disarankan untuk undertone cool. Warna yang cocok untuk undertone-mu adalah earth tone seperti, olive, terracota, beige, atau nuansa coklat atau mocca.

Nah, jika kamu memiliki undertone netral, berarti kamu bisa memilih warna hijab sesuai apa yang kamu suka. Sebab undertone ini biasanya cocok dengan semua warna baik itu warna cerah, gelap, maupun pastel. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id