sign up SIGN UP

MUSLIM

Keutamaan Puasa Arafah dan Amalan Baik Saat Hari Raya Idul Adha

aqillah diaz | Sabtu, 17 Jul 2021 13:15 WIB
Keutamaan Puasa Arafah dan Amalan Baik Saat Hari Raya Idul Adha
caption

Bagi seorang muslim, bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang istimewa, yang mana pada bulan ini banyak keutamaan dan amalan baik yang dianjurkan bagi umat Muslim. Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah dan puasa Arafah termasuk ke dalam puasa sunah muakkad atau puasa sunah yang sangat dianjurkan.

Puasa Arafah dilakukan seperti puasa pada umumnya, yakni dengan melafalkan niat di malam hari sebelum melaksanakan puasa Arafah. Terdapat keutamaan dari puasa Arafah menurut Hadist Imam Muslim, yang mana jika melaksanakannya dapat menghapus dosa setahun lalu dan dosa satu tahun yang akan datang.

Praying / Foto : Pexels/AnnaTarazevich
Praying / Foto : Pexels/AnnaTarazevich

Selain itu, keutamaan melaksanakan puasa Arafah adalah pada hari tersebut, Allah SWT membebaskan manusia dari neraka, diberikan kemudahan dalam menjalani hidup, menjamin kehidupan berumah tangga, Allah akan menerangi kuburnya selama di alam barzah, dan menyelamatkan dari kejatuhan kedudukan di dunia. Puasa Arafah juga sebagai ibadah pada 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah, yang mana 10 hari tersebut adalah hari istimewa bagi umat muslim dan terdapat beberapa amalan baik yang dapat dilakukan. Simak di bawah ini ya!

1. Mengumandangkan Takbir

Takbir / Foto : Pexels/KiraSchwarz
Takbir / Foto : Pexels/KiraSchwarz

Mengumandangkan takbir dapat dilakukan saat matahari tenggelam pada 9 Dzulhijjah hingga saat akan melaksanakan salat Idul Adha dan berakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah yang bertepatan dengan hari Tasyrik. Mengumandangkan takbir dapat dilakukan seorang sendiri.

2. Memakai pakaian Terbaik dan Wewangian

Menggunakan pakaian terbaik / Foto : Pexels/RodnaeProduction
Menggunakan pakaian terbaik / Foto : Pexels/RodnaeProduction

Sebelum melaksanakan sholat Idul Adha, sebaiknya kalian dianjurkan untuk mandi dan disunahkan untuk menggunakan pakaian terbaik dan bersih. Untuk pria juga dianjurkan menggunakan wewangian dan untuk perempuan dilarang untuk menggunakan wewangian.

Tidak Makan Sebelum Selesai Sholat Idul Adha

Tidak Makan Sebelum Sholat IedTidak Makan Sebelum Sholat Ied/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Saat akan melaksanakan sholat Idul Adha, sebaiknya jangan makan terlebbih dahulu hingga waktu sholat selesai.

Berjalan Kaki Menuju Tempat Sholat

Berjalan Kaki ke MasjidBerjalan Kaki Menuju Tempat Sholat/ Foto: Freepik.com

Saat akan berangkat ke tempat sholat, dianjurkan untuk berjalan kaki agar bisa bersilahturahmi dan bertegur sapa dengan umat muslim lain. Selain itu, kalian juga dianjurkan untuk berangkat lebih awal.

Itu adalah beberapa keutamaan puasa Arafah dan amalan baik yang dapat dilakukan ketika Idul Adha. Insha Allah segala amal kita juga diterima oleh Allah SWT ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id