sign up SIGN UP

MUSLIM

Doa Niat Puasa Idul Adha dan Rangkaian Amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Dian Aprilia | Sabtu, 17 Jul 2021 11:30 WIB
Doa Niat Puasa Idul Adha dan Rangkaian Amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah
caption

Saat ini Umat Islam sudah memasuki bulan Dzulhijjah 1442 H yang menandakan sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Tanggal 1 Dzulhijjah ditetapkan pada Minggu, 11 Juli 2021. Banyak umat Islam yang mencari tahu doa niat puasa Idul Adha demi mendapatkan ridho Allah SWT menjelang hari besar Islam.

Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan rangkaian amalan sunnah, termasuk puasa sunnah. Puasa Idul Adha terdiri dari 3 jenis, yakni puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Berikut beautynesia.id telah merangkum doa niat puasa Idul Adha dan rangkaian amalan sunnah di bulan Dzulhijjah.

Puasa Idul Adha

Doa Niat Puasa Idul Adha
Doa Niat Puasa Idul Adha/pexels.com/Naim Benjelloun

Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah adalah salah satu amalan sunnah yang tak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah atau 11-17 Juli 2021.

"Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu: puasa Asyura (10 Muharram), puasa 10 hari bulan Dzulhijjah, puasa 3 hari setiap bulan, dan sholat 2 rakaat sebelum sholat fajar (subuh)." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i).

Doa niat puasa Idul Adha – puasa Dzulhijjah adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala.

Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan di hari ke delapan bulan Dzulhijjah (Minggu, 18 Juli 2021). Keutamaan puasa Tarwiyah adalah seperti melakukan puasa selama satu tahun penuh.

"Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun." (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Doa niat puasa Idul Adha – puasa Tarwiyah adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala.

Puasa Arafah

Puasa Arafah ialah puasa yang dikerjakan pada hari ke sembilan bulan Dzulhijjah (Senin, 19 Juli 2021). Keutamaan puasa Arafah adalah menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang.

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

Doa niat puasa Idul Adha atau doa niat puasa Arafah ialah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala.

Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha
Sholat Idul Adha/pexels.com/Vlada Karpovich

Selain puasa sunnah Arafah, Dzulhijjah dan Tarwiyah, ada pula amalan sunnah lainnya di bulan Dzulhijjah. Salah satunya adalah sholat Idul Adha, sebagaimana perintah Allah SWT dalam surat Al Kautsar.

Takbir dan Dzikir

Selain menghafalkan doa niat puasa idul adha, doa niat puasa Arafah, kamu juga perlu menghafalkan takbir dan dzikir. Sebab takbir dan dzikir juga termasuk amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah. Takbir dan dzikir bisa dilaksanakan pada 10 hari pertama Dzulhijah dan hari tasyriq baik sebelum atau setelah sholat idul Adha.

Qurban

Hari Raya Idul Adha
Hari raya Idul Adha/pexels.com/ArtHouse Studio

Ibadah Qurban adalah ibadah spesial yang ditunaikan di bulan Dzulhijjah. Ibadah qurban termasuk amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Ibadah ini dianjurkan dilakukan setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya.

Itulah doa niat puasa Idul Adha dan rangkaian amalan sunnah di bulan Dzulhijjah. Selamat menunaikan amalan sunnah menjelang hari raya Idul Adha.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id