sign up SIGN UP

PPKM Masih Diperpanjang, 4 Cara Baik Memperingati Tahun Baru Islam 1443 H Ini Cukup Dilakukan di Rumah Aja

Rini Apriliani | Selasa, 10 Aug 2021 14:00 WIB
PPKM Masih Diperpanjang, 4 Cara Baik Memperingati Tahun Baru Islam 1443 H Ini Cukup Dilakukan di Rumah Aja
caption
Jakarta -

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H tepat jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Tahun ini dimaknai juga sebagai momen untuk introspeksi diri atau muhasabah. Dimana seiring berjalannya waktu selama satu tahun ke belakang, banyak hal baik-buruk yang dilakukan. Kita bisa memulai memikirkan mana yang baik yang bisa dipertahankan atau semakin ditingkatkan dan buruk untuk ditinggalkan.

Biasanya beragam perayaan dilakukan oleh masyarakat di Indonesia di berbagai daerah. Namun kini karena masih dalam situasi pandemi, apalagi PPKM yang kembali diperpanjang menyulitkan kita untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Tapi jangan sampai kehilangan momen, kamu tetap dapat memperingati momen Tahun Baru Hijriah ini dengan di rumah aja. Ini dia beragam perayaan sederhana yang bisa dilakukan.

1. Melakukan Introspeksi Diri dan Membuat To Do List

Perayaan Tahun Baru IslamPerayaan Tahun Baru Islam/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Supaya di tahun baru ini kamu dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi makan kamu perlu melakukan introspeksi diri. Kamu dapat mencatat atau mengingat kembali beragam kebaikan atau keburukan yang pernah dilakukan.

Nantinya beragam hal kebaikan tersebut perlu dipertahankan atau lebih baik lagi jika ditingkatkan. Sedangkan untuk hal buruk yang pernah atau tidak sengaja kamu lakukan dapat perlahan mulai ditinggalkan.

Kamu juga dapat membuat to do list beragam hal baik yang ingin kamu lakukan dalam satu tahun ke depan. Dengan bantuan to do list ini tentunya akan lebih memudahkanmu mencapai goal yang diinginkan.

2. Mengikuti Kajian atau Seminar Islami

Selanjutnya kamu dapat mengisi waktu luang di Tahun Baru Islam ini dengan mengikuti kajian atau seminar islami. Kini banyak kajian atau seminar yang membuka secara online. Dengan mengikuti kajian islami ini tentu banyak manfaat baik yang kamu dapatkan. Selain menambah ilmu untuk masa kini dan masa mendatang, kamu juga akan mendapatkan pahala karena turut bergabung dalam kebaikan yang diridhoi oleh Allah SWT.

3. Tadarusan atau Membaca Al-Quran

Perayaan Tahun Baru IslamPerayaan Tahun Baru Islam/ Foto: Freepik.com

Membaca al-quran memang tak mengenal waktu, kamu bisa kapan saja untuk membacanya. Namun, sembari memperingati Tahun Baru Islam tidak ada salahnya jika kamu menghabiskan waktu dengan membaca al-quran. Selain bermanfaat, kamu juga akan mendapatkan pahala.

4. Puasa Tasu'a dan Asyura

Selain 3 kegiatan di atas, kamu juga dapat melaksanakan puasa Tasu'a dan Asyura. Puasa ini merupakan puasa sunnah, yang dilaksanakan pada 9 dan 10 Muharram, atau akan jatuh pada Rabu 18 Agustus 2021 sampai Kamis 19 Agustus 2021. 

Adapun keutamaan puasa Tasu'a dan Asyura ini untuk menebus dosa selama setahun silam, mewujudkan impian Rasulullah yang belum terlaksana, hari pembebasan Nabi Musa dan Bani Israil, dan dinilai puasa sunnah yang lebih baik setelah puasa wajib di bulan Ramadan.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id