sign up SIGN UP

4 Manfaat Metode Skin Fasting untuk Kulit, Bikin Cantik ala Perempuan Jepang!

ira syafira | Selasa, 13 Jul 2021 10:15 WIB
4 Manfaat Metode Skin Fasting untuk Kulit, Bikin Cantik ala Perempuan Jepang!
caption

Tahukah kamu jika ernyata kulit juga membutuhkan puasa? Tapi, puasa yang dimaksud berbeda dengan puasa pada umumnya.

Puasa untuk kulit ini biasanya disebut dengan skin fasting. Metode ini telah banyak dilakukan oleh perempuan di Jepang untuk menerapkan aturan tersendiri pada kulitnya. Caranya, mereka membagi waktu satu atau dua hari tanpa penggunaan skincare di wajah mereka. Hal ini dikaitkan dengan proses regenerasi kulit yang terjadi berkala, yaitu satu bulan sekali.

Perawatan wajahPerawatan wajah/ Foto: Freepik.com

Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukan skin fasting untuk kulitnya. Semua bergantung pada jenis kulit masing-masing, jika kulitmu berminyak dan melakukan metode ini, justru kulitmu akan berjerawat. Begitu juga bila kulitmu kering, maka berpuasa menggunakan moisturizer malah membuat kulitmu jadi bertambah kering dan mudah iritasi.

Umumnya, skin fasting hanya disarankan bagi kamu dengan tipe kulit normal. Dengan cara ini, kamu akan merasakan beberapa manfaat yang menarik dan cukup mengejutkan. Mau tau apa aja manfaatnya, Beauties? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Kulit Beregenarasi Secara Alami

Foto: Regenerasi Kulit/pexels.com/ron lach
Foto: Regenerasi Kulit/pexels.com/ron lach

Ketika kamu memutuskan untuk memberikan istirahat kepada kulitmu dari rutinitas penggunaan skincare, maka kulit akan tetap melakukan siklus pertumbuhan kulit. Hanya saja, metode skin fasting akan membuat kulitmu beregenarasi secara alami Beauties.

Hal ini bisa disebabkan karena kamu tidak menggunakan skincare yang menghambat pertumbuhannya, seperti moustirizer atau exfoliator. Sehingga, skin fasting bisa kita rasakan dengan membiarkan kulit bekerja secara alami serta mengembalikan fungsi kulit seperti semula.

2. Mencegah Iritasi Kulit

Foto: Iritasi kulit/pexels.com/ron lach
Foto: Iritasi kulit/pexels.com/ron lach

Untuk Beauties yang memiliki jenis kulit sensitif, sepertinya metode skin fasting wajib banget kamu coba! Pasalnya, skin fasting memiliki kemampuan untuk mencegah kulit dari masalah iritasi serta kemerahan.

Semua ini bisa terjadi karena saat melakukan skin fasting kamu pasti mengurangi pemakaian skincare dengan kandungan bahan kimia di dalamnya. Kadang, bahan kimia yang ada dalam skincare tanpa kita sadari bisa membuat kulit menjadi mudah iritasi, terutama untuk kulit sensitif. Setidaknya, metode satu ini akan membantu kulitmu beristirahat dan lebih rileks tanpa timpaan bahan-bahan kimia setiap harinya.

3. Mengembalikan Nutrisi dan Bakteri Baik di Tubuh

FOto: Nutrisi kulit/pexels.com/kovaleva
FOto: Nutrisi kulit/pexels.com/kovaleva

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari skin fasting adalah mengambilakan nutrisi dan bakteri baik dalam tubuh kamu Beauties. Tidak semua bakteri dalam kulit dikatakan jahat, karena ada beberapa bakteri yang bertugas memperkuat skin barrier kamu, lho!

Bakteri baik tersebut juga berfungsi untuk membunuh kuman penyebab jerawat. Namun, jika kamu menggunakan skincare setiap hari secara berlebihan, bisa-bisa bakteri baik tersebut justru akan mati. Kamu nggak perlu khawatir dengan bakteri jahat dalam kulitmu, karena semua itu sudah terbunuh secara alami melalui bakteri baik. 

4. Menormalkan Kondisi Kulit

Foto: Menotmalkan kulit/pexels.com/andrea piacquadio
Foto: Menotmalkan kulit/pexels.com/andrea piacquadio

Sebagai perempuan pejuang kulit sehat, pasti kita tidak segan mencoba berbagai macam produk sekaligus, bukan? Nah, kebiasaan tersebut akhirnya membuat kulit kita menjadi mudah iritasi dan breakout.

Saat kamu merasa mengalami masalah kulit tersebut, tidak ada salahnya kamu untuk mencoba metode skin fasting.. Beauties bisa lakukan metode ini dalam waktu 2-4 minggu. Percayalah, cara ini akan mengembalikan kondisi kulitmu lebih baik dari semula. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari metode pemberhentian skincare atau skin fasting. Metode ini biasanya akan mengharuskanmu untuk berhenti skincare-an.

Tidak langsung berhenti begitu saja, tapi skin fasting sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit. Satu produk yang mungkin bisa kamu gunakan hanyalah produk pembersih wajah saja. Bagaimana, tertarik mencoba metode yang satu ini, Beauties?

 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id