sign up SIGN UP

MUSLIM

Setiap Negara Punya Style Hijab Khas yang Berbeda, Begini Potretnya

Anisalestari | Kamis, 20 Aug 2020 14:45 WIB
Setiap Negara Punya Style Hijab Khas yang Berbeda, Begini Potretnya
caption

Menggunakan hijab merupakan salah satu kewajiban bagi setiap wanita Muslim. Setiap negara pun memiliki gaya hijab yang berbeda-berbeda, lho.

Hal ini dipengaruhi oleh kebudayaan masing-masing negara. Lantas, seperti apa khas gaya hijab setiap negara?

Yuk, intip potretnya di bawah ini! 

Indonesia 

Gaya hijab khas Indonesia memang cukup beragam
Indonesia/ Foto: instagram.com/nisacookie

Indonesia memiliki variasi gaya hijab yang beragam, mulai dari unik, bertumpuk, simple, dan syar'i. Saat ini, tren gaya hijab Indonesia adalah gaya yang simple dengan model hijab segitiga atau pashmina.

Banyak juga Muslimah Indonesia yang memilih hijab syar'i. Bahan yang ringan dan anti gerah memang menjadi pilihan para Muslimah di Indonesia. Warna-warna netral dan pastel pun menjadi favorit mereka.

Malaysia 

Pashmina yang dililitkan hingga menutup leher menjadi gaya hijab khas Malaysia
Malaysia/ Foto: instagram.com/leeyanarahman.co

Sebagai negara tetangga, Malaysia memiliki gaya hijab yang hampir sama dengan Indonesia. Mereka menyukai gaya hijab yang simple dengan bahan yang ringan serta warna-warna cerah.

Namun, seringnya Muslimah di Malaysia mengenakan pashmina yang dililitkan di kepala hingga menutup leher sehingga membentuk layer. Gaya hijab ini memberikan kesan lebih bervolume. 

Pakistan 

Dupatti merupakan gaya hijab khas Pakistan
Pakistan/Foto: instagram.com/ malala

Gaya hijab khas Pakistan ialah dupatta atau kerudung dengan model klasik. Biasanya Muslimah Pakistan mengenakan kerudung dengan cara disampirkan ke pundak dan menampakkan sebagian rambutnya. Warna kerudung yang dikenakan pun beragam, mulai dari gelap sampai cerah, disesuaikan dengan pakaian khas Pakistan yang memang colorful. 

Somalia 

Gaya hijab turban menjadi ciri khas muslimah Somalia
Somalia/ Foto: instagram.com/halima

Gaya hijab turban menjadi gaya hijab khas para Muslimah di Somalia. Mereka akan mengenakan pashmina yang dibentuk seperti turban dan warna-warna cukup bervariasi.

Untuk membuat penampilan terlihat lebih stylish, para Muslimah di Somalia sering menambahkan aksesoris. Misalnya, perhiasan untuk menghias turban. 

Turki 

Hijab berbahan silk menjadi gaya hijab khas Turki
Turki/Foto: instagram.com/turkish_boutiqe

Classy dan chic menjadi gaya hijab khas Turki. Biasanya Muslimah di Turki menggunakan scarf berbahan silk yang memberikan kesan glossy.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Hanya perlu melilitkan kedua sisi hijab pada bagian leher, kemudian satu sisi hijab diikat ke leher untuk memberi kesan feminin. 

Mesir 

Bahan yang ringan serta warna-warna yang cerah menjadi gaya hijab khas muslimah Mesir
Mesir/Foto: instagram.com/saharfoad

Gaya hijab orang Mesir memang cukup beragam, mulai dari turban, khimar, hingga layering. Hijab yang terbuat dari bahan yang ringan dan pemakaian yang sederhana menjadi ciri khas mereka. Gaya hijab khas Mesir juga berani memadukan beberapa warna dan motif sekaligus. 

Kuwait 

Gaya hijab khas Kuwait ialah pashmina pendek
Kuwait/Foto: instagram.com/dalalid

Terakhir, ada Kuwait yang juga memiliki gaya hijab khas, yaitu pashmina pendek. Para Muslimah di Kuwait senang dengan gaya hijab yang simple. Mereka melilitkan pashmina ke leher sehingga tidak menutupi dada.

Gaya hijab khas Kuwait ini tampak pada lipatan kedua sisi wajah dekat alis. Pada bagian tersebut, biasanya sengaja dilipat ke arah dalam sedikit sehingga bagian depannya menutupi dahi atas.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id