sign up SIGN UP

MUSLIM

Siapkan Hal Ini Sebelum Memasuki Bulan Puasa di Tengah Virus Corona

Astari Larasati | Rabu, 15 Apr 2020 09:00 WIB
Siapkan Hal Ini Sebelum Memasuki Bulan Puasa di Tengah Virus Corona
caption
Enggak terasa umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa, namun saat ini virus corona menjadi pandemi di belahan dunia. Apa yang harus dipersiapkan?

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat muslim di dunia akan mempersiapkan banyak hal. Mulai dari persiapan diri hingga makanan untuk buka puasa. Namun karena wabah corona yang sudah menyebar di dunia, tahun ini pun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
 


Kamu akan menemukan banyak keterbatasan dalam melaksanakan ibadah di bulan suci. Apalagi himbauan dari pemerintah yang menganjurkan shalat tarawih di rumah aja. Namun hal ini harus kamu persiapkan dengan baik sebagai berikut.
 


Memperhatikan asupan makanan


Foto: Istimewa

Di tengah virus corona ini, kamu perlu memperhatikan asupan makanan hingga menjelang bulan puasa. Jangan sampai kamu sakit dan malah menghalangi ibadah nantinya. Sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi dan jangan lupa konsumsi sayur serta buah yang kaya akan vitamin. Hal ini akan menjaga imun tubuh enggak melemah.
 



Istirahat cukup


Foto: Istimewa

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Hal ini pun akan membantu mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh. Untuk itu, pastikan untuk tidur yang cukup sebelum sahur. Kamu bisa menyiasatinya dengan tidur lebih awal, misalnya tidur setalah shalat isya.
 


Hindari aktivitas di luar rumah


Foto: Istimewa

Seperti himbauan pemerintah untuk selalu berada dalam rumah, sebaiknya kamu menghindari aktivitas di luar rumah. Kamu perlu mengorbankan waktu dengan teman-teman seperti buka puasa bersama atau sekadar bermain bersama. Namun kamu bisa tetap berkomunikasi lewat teknologi yang ada seperti video call saat berbuka puasa. Usahakan hanya keluar rumah karena keadaan yang sangat mendesak.
 


Stok makanan secukupnya


Foto: Istimewa

Foto: Istimewa
Jika kamu tahun lalu masih bisa ngabuburit untuk mencari makanan berbuka puasa, sayangnya tahun ini kamu enggak bisa melakukannya. Usahakan untuk selalu menyimpan bahan makanan agar mengurangi keluar dari rumah. Namun jangan lupa untuk menyetok makanan dengan jumlah yang wajar dan secukupnya. Menimbun makanan bukanlah solusi yang tepat, ingatlah bahwa orang lain juga membutuhkannya.
 

Ibadah di rumah


Foto: Istimewa

Di bulan suci biasanya kamu akan memperbanyak ibadah mulai dari mengaji hingga shalat tarawih. Seperti himbauan pemerintah, kamu harus melakukan ibadah di rumah aja. Karena ibadah di masjid saat ini jadi suatu hal yang enggak dianjurkan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id