sign up SIGN UP

MUSLIM

Tata Cara Pembagian Daging Kurban Sesuai Hadist Nabi dan Al Quran

Dian Aprilia | Minggu, 18 Jul 2021 11:30 WIB
Tata Cara Pembagian Daging Kurban Sesuai Hadist Nabi dan Al Quran
caption

Sebentar lagi Umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha 1442 H atau lebaran haji 2021. Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan pada momen Idul Adha adalah berkurban. Perintah berkurban termaktub dalam Surat Al Kautsar ayat 2 sebagai berikut:

“Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Dalam perayaan hari raya Idul Adha 1442 H, Umat Islam tak hanya disibukkan dengan menyembelih hewan kurban tetapi juga pembagian daging kurban. Lantas bagaimana tata cara pembagian daging kurban yang sesuai dengan hadist Nabi dan contoh yang dilakukan Rasulullah SAW?

Berikut beautynesia.id telah merangkum tata cara pembagian daging kurban lebaran haji sesuai hadist Nabi Muhammad SAW dan Al Quran:

Daging Kurban Idul Adha Boleh Disimpan Dulu

Hari Raya Idul Adha
Hari Raya Idul Adha/pexels.com/Mark Stebnicki

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, mungkin akan berpengaruh terhadap proses penyembelihan kurban. Entah berkurangnya jumlah panitia serta terbatasnya waktu penyembelihan. Salah satu tata cara pembagian kurban yang sesuai hadist Rasulullah SAW adalah diperbolehkan menyimpan daging kurban sebelum dibagikan. Jadi hal ini bisa memudahkan proses pembagian apabila terkendala tenaga, waktu, dan lainnya saat pandemi.

"Dulu aku melarangmu mengunjungi makam, tapi sekarang kamu boleh mengunjunginya, dan aku melarangmu makan daging kurban yang berumur lebih dari tiga hari, tapi sekarang kamu bisa menyimpannya selama yang kamu inginkan. Saya melarangmu menggunakan nabidh, namun sekarang kamu boleh meminumnya asal tidak memabukkan." (HR Muslim).

Pembagian Tidak Harus pada Saat Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha
Hari Raya Idul Adha/pexels.com/Becerra Govea Photo

Selanjutnya, pembagian daging kurban tidak harus dilakukan saat Hari raya Idul Adha. Sebagaimana bunyi hadist di atas, diketahui bahwa daging kurban bisa disimpan selama lebih dari 3 hari sebelum dibagikan. Jadi tidak perlu terburu-buru dan memaksakan tim untuk membagi pada saat itu juga.

Meski begitu panitia Idul Adha juga harus mempertimbangkan kemaslahatan umat Islam. Di antaranya adalah memastikan kebersihan dan keamanan penyimpanan daging kurban agar tidak sampai busuk atau kotor.

Pembagian Daging Kurban Idul Adha Boleh Hingga Hari Tasyrik

Hari Raya Idul Adha
Hari Raya Idul Adha/pexels.com/Mikhail Nilov

Selanjutnya pembagian daging kurban lebaran haji boleh dilakukan hingga hari tasyrik asal dengan pertimbangan kemaslahatan untuk umat, yakni daging kurban harus diberikan kepada mereka yang memang berhak dan dalam kondisi daging yang baik. Hal ini sebagaimana hadist Rasulullah SAW berikut:

Diceritakan Salama bin Al-Aqua', Rasulullah SAW mengatakan: "Siapa saja yang menyembelih hewan qurban tidak seharusnya menyimpan daging setelah tiga hari." Ketika sampai di tahun berikutnya, orang-orang bertanya, "Ya Rasulullah SAW haruskah kita lakukan seperti tahun kemarin?" Rasulullah SAW berkata, "Makanlah, berikan pada yang membutuhkan, dan simpanlah di tahun itu untuk mereka yang mengalami kesulitan dan ingin kamu tolong." (HR Bukhari).

Orang yang Berkurban Berhak Ambil Sebagian Daging Kurban

Orang yang berkurban boleh mengambil sebagian daging yang dikurbankan. Pembagian daging kurban Idul Adha adalah sepertiga untuk dimakan pemberi kurban dan keluarganya, sepertiga untuk tetangga dan teman, sepertiga lainnya untuk fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Hal ini sebagaimana Surat Al Hajj 36 yang artinya:

"Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur."

Itulah tata cara pembagian daging kurban Hari Raya Idul Adha sesuai dengan hadist Rasulullah SAW dan Al Quran. Selamat menunaikan ibadah kurban. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id