sign up SIGN UP

LIFE

4 Macam Luka Inner Child yang Mungkin Kamu Alami dan Cara Mengatasinya

Dian Aprilia | Rabu, 03 Mar 2021 18:15 WIB
4 Macam Luka Inner Child yang Mungkin Kamu Alami dan Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Peneliti psikologis dan juga penulis, Dr. Diana Raab mengungkapkan bahwa setiap kita memiliki inner child. Inner child adalah ekspresi masa lalu kita, mulai dari masa anak-anak hingga setelahnya. Inner child merangkum segala pengalaman hidup di tersebut, baik kebahagiaan maupun kesedihan yang akan memengaruhi sikap dan perilaku kita di masa dewasa.

Ada kalanya situasi masa lalu bisa menorehkan luka yang teramat dalam pada inner child kita. Hal ini yang dicatat di alam bawah sadar dan bisa berpengaruh buruk pada perilaku kita di masa dewasa.

4 Jenis Luka Inner ChildĀ 

Inner child
Inner child/pexels.com

Dikutip dari website themindsjournal.com, ada 4 jenis luka inner child yang perlu kamu sadari dan sembuhkan:

Luka Ditinggalkan

Luka ini bisa jadi berasal dari pengalaman kamu ditinggalkan oleh seseorang yang kamu sayangi, entah itu orang tua, teman, sahabat atau lainnya. Perasaan ini bisa ditandai dengan adanya rasa takut ditinggalkan orang lain, benci jika sendirian, sikap ketergantungan yang besar pada orang lain.

Perasaan Bersalah

Luka inner child yang selanjutnya adalah perasaan bersalah. Hal ini membuat kamu mudah sekali merasa menyesal atau bersalah atas hal-hal yang sepele sekalipun. Kamu suka mengerjakan hal-hal secara mandiri dan kurang suka minta bantuan orang lain. Biasanya ditandai juga dengan perasaan takut dalam membuat batasan-batasan.

Luka Kepercayaan

Luka kepercayaan
Luka kepercayaan/pexels.com

Luka inner child ini erat kaitannya dengan perasaan takut disakiti sehingga memunculkan keinginan kuat agar tidak menyakiti orang lain. Selain itu, muncul perasaan kurang percaya dengan diri sendiri, mudah merasa insecure dan butuh validasi dari luar.

Luka Diabaikan

Luka diabaikan seringkali membuat kamu merasa sulit merelakan suatu hal, rasa berharga yang rendah serta mudah menunjukkan emosi marah. Kamu juga jadi pribadi yang sulit menolak atau berkata tidak. Luka ini ditandai dengan seringnya kamu menahan berbagai emosi yang kamu rasakan, cenderung tertutup.

Cara Menyembuhkan Luka Inner Child

Luka
Luka/pexels.com

Menyembuhkan luka inner child dan menyelesaikannya bukanlah hal yang mudah, meski begitu bukan berarti tidak bisa dilakukan. Cara utama yang perlu dilakukan adalah rekonsiliasi atau usaha untuk menghubungkan diri kita dengan masa lalu kita yang terluka untuk bersama-sama menyembuhkan luka.

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk sembuh dari luka masa kecil:

  • Menemukan dan melepaskan emosi yang selama ini dipendam. Kamu bisa melakukannya dengan menulis, berteriak, mengungkapkan dengan lisan dan lainnya.
  • Memaafkan diri sendiri yang selama ini telah memendam emosi tersebut dalam waktu yang lama.
  • Mengatakan bahwa kamu mencintai dirimu seutuhnya, tanpa syarat apapun. Kamu mencintai dirimu sendiri, masa lalu, tubuhmu, dan seluruh perjalanan hidupmu.
  • Mengucapkan syukur atas kehidupan, pengalaman, keputusan dan semua yang telah membentukmu menjadi sosokmu hari ini.
  • Konsisten melakukan itu seumur hidup, karena menyembuhkan inner child bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan mudah dan singkat.

Bagi kamu yang sulit untuk menyembuhkannya sendiri, kamu bisa meminta bantuan psikolog atau orang yang memiliki keahlian dalam bidang kejiwaan. Semoga kita semua bisa memahami dan menerima inner child kita sehingga bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id