sign up SIGN UP

LIFE

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Digital Marketing

Risma Oktaviani | Senin, 07 Jun 2021 16:30 WIB
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Digital Marketing
Digital marketing adalah hal yang penting di era yang serba digital / sumber: freepik.com

Di era yang serba digital ini, tren dunia bisnis juga terus bervariasi ke arah digitalisasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak hal yang dapat dilakukan dengan lebih praktis dan efisien, salah satunya kegiatan marketing. Namun, apa sih yang dimaksud dengan digital marketing? 

Digital marketing atau marketing online adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk atau brand yang menggunakan media digital dan jaringan internet. Media yang kerap digunakan dalam kegiatan ini adalah website, media sosial, hingga search engine ternama seperti Google. Lalu, kenapa sih kita harus belajar digital marketing?

Semuanya Sudah Serba Digital

ilustrasi orang-orang yang menggunakan teknologi
Smartphone dan internet menjadi kebutuhan primer / freepik.com

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, hampir semua orang tidak dapat lepas dari jangkauan teknologi digital dan internet pada setiap aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi, membaca berita, mencari informasi, berbelanja, atau bahkan memesan makanan atau jasa transportasi semuanya dapat dilakukan dengan hanya sekali klik.

Menurut hasil survey Hootsuite, pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. Dengan angka yang terus meningkat, tentunya jika kamu memiliki skill digital marketing akan memiliki market yang terus berkembang pesat.

Belajar Digital Marketing itu Mudah

Belajar digital marketing dapat diakses dengan mudah
Belajar digital marketing / freepik.com

Saat ini, telah banyak situs-situs yang membuat artikel tentang digital marketing. Bahkan, kamu bisa mendapatkan e-book dan pdf secara gratis yang dapat kamu baca dan pelajari kapanpun dan di manapun. Selain itu, kamu juga bisa mengambil online course bersertifikat gratis seperti program Google Digital Garage atau LinkedIn learning course.

Online course ini akan memberikan video overview berisi penjelasan materi tentang dasar-dasar digital marketing dan juga assessment di setiap bab untuk mendapatkan sertifikat. Dengan bahasa yang mudah dipahami, online course ini merupakan pilihan yang tepat bagi siapapun yang ingin belajar digital marketing, baik bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Permintaan Digital Marketer yang Semakin Berkembang

Digital marketer menjadi profesi yang menjanjikan
Menyusun strategi marketing / freepik.com

Seiring dengan perkembangan digital marketing yang semakin pesat, tak heran saat ini keberadaan jasa digital marketing yang menawarkan strategi dan kemudahan dalam menjual produk secara online juga semakin menjamur, dan tentunya akan terus meningkat di masa mendatang. Jika kamu mempunyai skill digital marketing, kamu mempunyai kesempatan yang tinggi untuk menjadi seorang digital marketer yang handal.

Agar Tetap Bisa Bersaing

Digital marketing membuat kita mampu bersaing dengan kompetitor
Bersaing dengan kompetitor / freepik.com

Saat ini, hampir semua pelaku usaha bisnis telah menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk atau brand mereka, mulai dari pelaku usaha skala besar sampai dengan pelaku usaha kecil. Mereka yang menggunakan digital marketing akan mampu menjangkau target pasar dengan baik.

Jika kamu masih belum menggunakan digital marketing, maka bisnis kamu akan ketinggalan. Lewat digital marketing, kamu bisa membangun branding untuk meningkatkan brand awareness dan reputasi serta kepercayaan yang didapatkan dari klien maupun calon klien.

Digital Marketing adalah Metode Paling Efektif

Digital marketing adalah metode yang paling efektif
Mudah menentukan target / freepik.com

Dengan digital marketing, kamu bisa mengatur target pasar sesuai dengan kriteria yang cocok dengan produk atau brand kamu, mulai dari usia, jenis kelamin, hingga demografinya. Dengan pemanfaatan media dan platform digital, maka biaya yang dikeluarkan untuk promosi juga lebih murah. Lalu, kita bebas menentukan waktu pelaksanaan program marketing kapan saja dan untuk berapa lama. Terakhir, kamu bisa meningkatkan engagement sebab komunikasi dapat dilakukan dua arah.

Nah, yakin masih ragu untuk belajar digital marketing? 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id