sign up SIGN UP

LIFE

5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Nonton Bioskop di Era New Normal

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 26 Oct 2020 08:00 WIB
5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Nonton Bioskop di Era New Normal
caption

Jika sebelumnya kegiatan menonton bioskop harus tertunda karena pandemi Covid 19, maka di era new normal ini kegiatan tersebut sudah mungkin untuk dilakukan. Adanya beberapa aturan yang dipersyaratkan seperti menjaga jarak, pembatasan jumlah penonton, pembayaran non tunai dan lainnya seakan menjadi sinyal bahwa protokol kesehatan yang diberlakukan benar-benar ketat guna mengantisipasi penyebaran virus Covid 19.

Jika kamu adalah salah satu orang yang mungkin sedang merencanakan kegiatan menonton bioskop, selain mengetahui aturan sebelum menonton, kamu juga harus tau hal apa saja yang perlu dilakukan setelah menonton. Hal ini dilakukan tidak lain karena mengantisipasi kemungkinan terpapar virus corona. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu dilakukan itu?

Mencuci Tangan

setelah selesai menonton di bioskop, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir.
mencuci tangan/freepik.com

Menonton di bioskop tentu masih sangat memungkinkan bagi tangan untuk memegang benda-benda sekitar yang ada di gedung bioskop sehingga cukup berisiko sebagai medium penularan virus corona. Untuk itu, setelah selesai menonton di bioskop, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

Kamu bisa segera menuju toilet untuk mendapatkan sabun dan segera mencuci tangan. Cucilah tangan minimal 20 detik hingga merata ke sela-sela jari. Ini akan membantu kamu terhindar dari virus yang kemungkinan menempel di tangan selama menonton di bioskop. Setelah itu, jangan lupa keringkan tangan menggunakan tisu  agar lebih higienis.

Disinfeksi Ponsel dan Barang Bawaan

setelah menonton bioskop, segeralah disinfeksi ponsel dan barang-barang bawaan menggunakan alkohol.
lap ponsel/freepik.com

Bukan hanya tubuh, barang-barang bawaan juga bisa menjadi medium penularan virus corona yang patut diwaspadai. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat virus corona dapat bertahan di permukaan benda-benda dalam jangka waktu cukup lama. Untuk itu, setelah menonton bioskop, segeralah disinfeksi ponsel dan barang-barang bawaan menggunakan alkohol.

Bahkan, jika kamu memakai kacamata, kamu juga perlu mendisinfeksinya agar tetap aman dari paparan virus. Sebaiknya, gunakan desinfektan yang mengandung setidaknya 60-70% alkohol supaya efektif membunuh kuman dan virus.

Cuci/Buang Masker Saat Sampai di Rumah

Antisipasi yang dilakukan untuk itu adalah langsung mencuci masker ataupun membuangnya.
membuang masker/freepik.com

Sebagaimana fungsi masker pada dasarnya untuk melindungi pemakainya dari paparan virus dan polutan berbahaya lainnya, tentu saja masker yang sudah dipakai telah tekontaminasi dari benda-benda yang tidak baik untuk tubuh. Antisipasi yang dilakukan untuk itu adalah langsung mencuci masker ataupun membuangnya.

Jika yang kamu gunakan berupa masker kain yang seyogyanya bisa dipakai berulang-ulang, maka kamu bisa mencucinya saat sampai di rumah. Namun, jika kamu menggunakan masker sekali pakai, maka buanglah sesuai anjuran WHO.

Sebelum membuangnya, pastilah terlebih dahulu kamu mengguntingnya menjadi bagian-bagian kecil kemudian balut dengan tisu. Ini akan lebih aman bagi lingkungan.

Lepas Seluruh Pakaian

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan pakaian telah terkontaminasi virus saat kamu berada di gedung bioskop
keranjang pakaian/freepik.com

Setelah sampai di rumah, selain mencuci masker, kamu juga perlu melepas seluruh pakaian yang kamu pakai saat menonton bioskop. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan pakaian telah terkontaminasi virus saat kamu berada di gedung bioskop. Ingatlah bahwa melepas pakaian ini harus langsung dilakukan dan jangan sampai kamu rebahan terlebih dahulu.

Jika kamu rebahan lebih dulu, maka akan memunculkan kemungkinan virus yang menempel dibaju akan berpindah ke tempat rebahan kamu. Semisal tempat tidur, maka virus bisa saja akan menempel di seprei ataupun sarung bantal.

Mandi

Lakukanlah proses mandi secara bersih menggunakan sabun anti bakteri agar hasilnya maksimal.
mandi/freepik.com

Nah, yang terakhir adalah mandi setelah menonton bioskop. Hal ini perlu dilakukan guna memastikan tubuh secara keseluruhan bisa terbebas dari kuman dan juga  virus. Ya, mencuci tangan tidaklah cukup karena kontaminasi bisa saja terjadi di bagian tubuh lainnya.

Untuk itu, setelah melepas pakaian ketika sampai di rumah, langsung lanjutkan dengan mandi. Lakukan proses mandi secara bersih menggunakan sabun anti bakteri agar hasilnya maksimal. Akan lebih baik jika kamu juga keramas agar tubuh benar-benar steril kembali.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id