sign up SIGN UP

5 Kegiatan Kerajinan Tangan Kreatif untuk Isi Waktu Luang Saat PPKM Darurat

Wandha Kusuma | Rabu, 14 Jul 2021 15:30 WIB
5 Kegiatan Kerajinan Tangan Kreatif untuk Isi Waktu Luang Saat PPKM Darurat
caption

Selama PPKM Darurat, masyarakat Indonesia di Jawa dan Bali harus berada di rumah, demi meminimalisir penyebaran Covid-19. Tak jarang setelah beberapa hari WFH atau SFH rasanya akan bosan karena kehabisan ide. Buat kamu yang suka kerajinan tangan, ada beberapa kegiatan menarik nih, Beauties!

1. Rajut

kerajinan
Merajut/Sumber: Freepik.com

Kalau kamu menonton drama korea Start Up, pasti ingat Nam Do San menggunakan kegiatan merajut sebagai cara healing-nya. Kamu juga bisa lakukan yang sama untuk kegiatan di rumah!

Kamu bisa merajut dan membuat syal, pouch, bahkan sweater. Bahan yang digunakan juga tergolong mudah dan murah, hanya benang rajut, hakpen, gunting, dan jarum jahit. Tak perlu keluar rumah, perlengkapannya bisa kamu dapatkan secara online lho, Beauties.

2. Scrapbook

scrapbook
Membuat scrapbook/Sumber: Freepik.com

Kalau kamu suka menulis atau punya benda-benda memorable, jadikan kenanganmu dengan scrapbook. Tak perlu membeli mahal-mahal karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, Beauties.

Proses pembuatan scrapbook akan mengundang kreativitasmu, gunakan barang-barang di rumah untuk hiasannya. Kamu bisa menggunakan origami, stiker, bolpoin atau spidol berwarna, dan sebagainya. Tempelkan benda-benda memorable yang kamu punya dipercantik dengan hiasan sesuka hatimu.

3. Mengecat Pot

Melukis bagi sebagian orang menjadi suatu kegiatan yang menenangkan. Jika biasanya mengecat di kertas atau kanvas, kali ini kamu bisa memperindah pot tanamanmu. Gunakan pot tanamanmu yang warnanya sudah kusam agar terlihat cantik dan bisa digunakan lagi.

Ini menjadi salah satu kerajinan tangan dari barang bekas, barang-barang yang nampak tidak bisa digunakan lagi ternyata masih bisa berfungsi. Bisa sekaligus mengurangi sampah rumah tangga lho, Beauties!

4. Lilin Aromaterapi

Semenjak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahun lalu, pengguna lilin aromaterapi mengalami peningkatan. Beberapa diantaranya karena benda ini cocok untuk relaksasi selama di rumah saja. Beauties, kalau kamu tertarik juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Mendaur ulang barang bekas, tak jarang yang menggunakan minyak jelantah sebagai bahan utama membuat lilin. Tapi, kamu juga bisa menggunakan flake wax yang di jual di e-commerce untuk membuat lilin aromaterapi. Gunakan wewangian yang kamu suka, jangan yang mengandung alkohol ya.

5. Makrame

gelang
Aksesoris Makrame/Sumber: Freepik.com

Kerajinan tangan satu ini bisa jadi ide bisnis juga lho. Makrame menggunakan kain atau tali sebagai perlengkapan utamanya. Hasilnya bisa kamu gunakan untuk pajangan di rumah atau aksesori. Sudut ruangan juga bisa lebih estetik dengan kerajinan tangan anyaman simpul ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah selama PPKM Darurat, Beauties. Kegiatan ini bisa menambah keterampilan sekaligus kesehatan karena kamu tetap di rumah saja mengikuti peraturan pemerintah. Kerajinan tangan mana yang paling menarik dicoba?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id