sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Setahun Sekolah Daring, Ini Tips Jaga Kesehatan Mental Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Neysa Alicia | Senin, 12 Jul 2021 07:30 WIB
Setahun Sekolah Daring, Ini Tips Jaga Kesehatan Mental Anak di Tengah Pandemi Covid-19
caption

Tak terasa sudah lebih sari satu tahun kita harus membatasi diri untuk melakukan kegiatan di luar rumah karena pandemi Covid-19. Untuk menekan penyebaran virus, kegiatan perkantoran hingga sekolah terpaksa harus dilakukan secara daring dari rumah.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena stress, akan perubahan kegiatan ini. Untuk menjaga kesehatan mental anak, peran orang tua sangat dibutuhkan. Berikut ini ada tiga kiat yang dapat kamu terapkan dalam menjaga kesehatan mental anak, dalam menghadapi pandemi. Simak yuk, Beauties!

1. Jadi Pengganti Teman Anak

Young mom listening her daughter / foto: freeimages.com/FizkesJadi Pengganti Teman Anak/Foto: freeimages.com/Fizkes

Setiap orang terutama anak-anak pasti punya keinginan untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-teman sebaya-nya. Anak-anak masih memiliki jiwa bermain yang tinggi, dan punya kesempatan untuk bertemu teman ketika bersekolah. Namun karena adanya pandemi, selama lebih dari setahun ini kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun tempat kursus terpaksa harus dilakukan secara daring.

Secara tidak sadar, banyak anak-anak yang merasa kesepian karena tidak bisa bertemu teman-temannya. Untuk mengatasi hal ini, para orang tua dapat berperan sebagai teman anak.

Mulailah dengan bertanya atau membuka topik pembicaraan ringan atau bahkan yang tidak penting sekalipun dengan anak-anak. Atau bisa dengan membicarakan topik yang berkaitan tentang tokoh idola, hobi, makanan kesukaan, atau hal apapun yang menjadi ketertarikan anak-anak.

2. Menghabiskan Waktu Luang dengan Mengerjakan Sesuatu Bersama

Cooking with kids / foto: freeimages.com/Denis KomarovMengajak Bermain Anak/Foto: freeimages.com/Denis Komarov


Ada pepatah mengatakan jika segala sesuatu akan menjadi ringan jika dilakukan bersama. Kebanyakan orang tua cenderung emosi ketika melihat anak mereka memberantaki sesuatu, atau hanya berdiam diri di kamar dan tidak membantu pekerjaan rumah tangga.

Dari pada mengomel dan membuat anak makin stress, lebih baik mengajaknya untuk mengerjakan pekerjaan tersebut bersama-sama. Ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama selain bersih-bersih rumah. Seperti mengajak anak mempraktikkan menu masakan baru, membuat kerajinan tangan, olahraga, berjemur, nonton drama atau film sekeluarga, berkebun, dan lain-lain. 

3. Membantu Anak Agar Tetap Bisa Terhubung dengan Teman-temannya

Kids doing video call / foto: freeimages.com/Geber86Mengajak Video Call dengan Teman/ foto: freeimages.com/Geber86

Kiat ketiga ini perlu diterapkan untuk kamu yang masih memiliki anak kecil, Beauties. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak di bawah umur rata-rata belum memiliki dan tidak bisa menggunakan gadget untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.

Agar anak bisa tetap berinteraksi dengan teman seusianya, perlu dukungan dan bantuan dari orang tua. Para orangtua bisa membuat grup obrolan agar anak-anak bisa melakukan video call setiap akhir pekan atau dua kali seminggu. Tentu saja tetap didampingi oleh orang tua masing-masing ya.

Beauties, itu dia tips parenting untuk menjaga kesehatan mental anak selama pandemi. Walau sederhana, jangan selalu abaikan psikologis anak ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id