sign up SIGN UP

LIFE

5 Persiapan yang Dilakukan Sambut Ramadan Saat Pandemi

Anindya Milagsita | Sabtu, 03 Apr 2021 14:00 WIB
5 Persiapan yang Dilakukan Sambut Ramadan Saat Pandemi
caption

Bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba, membuat semua umat muslim menyambutnya dengan penuh suka cita, Ladies. Sebelum bulan puasa tiba, ada berbagai persiapan yang harus kamu lakukan lho.

Tak hanya menyiapkan kesehatan dan juga stamina untuk menjalaninya, kamu juga harus menyiapkan beberapa hal agar saat melaksanakan ibadah puasa pun semakin nyaman dan tenang. Lantas apa sajakah persiapan puasa yang perlu kamu lakukan? Yuk cari tahu jawabannya lewat artikel berikut!

1. Bersihkan Rumah Menyeluruh

Membersihkan rumah secara menyeluruh.
Persiapan Bulan Puasa/sumber: freepik.com/

Saat menyambut bulan Ramadan, enggak hanya diri kita aja lho yang butuh persiapan, tetapi lingkungan sekitar tempat tinggal juga. Membersihkan area rumah bisa kamu lakukan sebagai salah satu persiapan puasa, Ladies.

Kondisi rumah yang bersih dan nyaman untuk ditinggali, bisa membuat kamu semakin tenang dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan. Tak hanya itu, kamu bisa menambahkan pernak-pernik khas Ramadan agar suasana dalam menyambut ibadah puasa semakin terasa.

2. Mencuci Alat Ibadah

Membersihkan peralatan ibadah.
Persiapan Bulan Puasa/sumber: freepik.com/

Persiapan puasa selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan mencuci semua peralatan ibadah. Seperti mukena, sajadah, sarung, dan juga peci. Dengan membuat peralatan ibadah menjadi bersih, selama menjalani ibadah pun kamu akan lebih nyaman dan tenang, Ladies.

Selain mencucinya, kamu juga bisa menyiapkan alat ibadah mana kah yang nantinya akan dipakai sehari-hari dan mana yang akan dipakai untuk Idul Fitri nanti. 

3. Menyiapkan Kebutuhan Selama Puasa

Berbelanja kebutuhan selama puasa.
Persiapan Bulan Puasa/sumber: freepik.com/

Sama halnya seperti belanja bulanan, belanja untuk kebutuhan bulan Ramadan penting dilakukan. Buat menghindari keramaian, kamu bisa menyiapkan berbagai kebutuhan puasa jauh-jauh hari, Ladies. 

Selain menyiapkan kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa, kamu juga bisa sekaligus menyiapkan parcel hadiah lebaran di awal lho. Dengan begitu kamu pun bisa lebih tenang dan fokus menjalani ibadah bulan Ramadan.

4. Bikin List Menu Sahur & Berbuka

Menyiapkan daftar menu sahur dan berbuka.
Persiapan Bulan Puasa/sumber: freepik.com/

Nah, biar menyambut bulan Ramadan dengan lebih semangat, kamu bisa mulai membuat daftar menu untuk sahur dan berbuka puasa nantinya. Persiapan puasa ini dilakukan agar kamu punya planning yang jelas buat masakan dan bisa memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan, Ladies.

Kamu juga bisa memilih berbagai masakan favorit untuk sahur dan berbuka. Dengan memiliki daftar yang lengkap selama sebulan puasa, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan sejak jauh-jauh hari. 

5. Persiapkan Amalan Baik

Mempersiapkan berbagai amalan baik.
Persiapan Bulan Puasa/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat persiapan yang satu ini enggak boleh sampai dilewatkan, Ladies. Menyambut bulan suci Ramadan, memperbanyak amalan baik sangat disarankan lho. 

Sebelum mulai menjalani hari puasa, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk lebih banyak melakukan amalan baik. Seperti rutin membaca Alquran, bersedekah, dzikir, maupun memperbanyak doa. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id