sign up SIGN UP

5 Tanaman Rambat Berbunga yang Bikin Hunian Aesthetic Abis!

Ayuliy Lestari | Rabu, 23 Jun 2021 10:00 WIB
5 Tanaman Rambat Berbunga yang Bikin Hunian Aesthetic Abis!
caption

Tanaman rambat yang berbunga dan membuat halaman terlihat lebih cantik, tidak hanya climbing rose saja, lho! Ada beragam tanaman rambat dengan perawatan yang lebih mudah.

Kamu bisa menanamnya di dekat pagar atau dinding rumah, bahkan di kanopi untuk menambah kesan cantik serta sejuk. Bunganya yang berwarna cerah bakal bikin rumah kamu aesthetic abis.

Berikut deretan tanaman rambat berbunga yang bisa menjadi penghias hunian kamu. Simak yuk!

1. Air Mata Pengantin

Tanaman Hias Merambat
Tanaman Hias Merambat/Freepik.com

Tanaman hias dengan nama latin Antigonon Leptopus ini memang sudah jadi favorit sebagai tanaman rambat yang juga berbunga indah. Bahkan tanaman ini juga punya ketahanan yang baik dalam segala musim.

Air Mata Pengantin tidak perlu dipelihara dengan khusus karena memang termasuk dalam gulma. Tanaman ini akan tetap tumbuh subur meski tidak dirawat setiap hari, lho! Cocok banget untuk kamu yang masih pemula dalam hal berkebun.

2. Mandevilla

Tanaman Hias Merambat
Tanaman Hias Merambat/Freepik.com

Mandevilla merupakan tanaman merambat dengan bunga menyerupai terompet. Warnanya pun beragam, mulai dari putih, pink, kuning dan merah. Namun tanaman ini memiliki batang yang tidak terlalu kuat, kamu harus mengikat beberapa batang sekaligus agar mandevilla bisa terus merambat dengan baik.

Berbeda dengan air mata pengantin, untuk menanam mandevilla, kamu juga harus memerhatikan media tanamnya. Hindari memberikan tanah utuh karena tanaman ini rentan dengan cacing tanah. Jadi, usahakan mencampur tanah dengan sekam dan arang kelapa terlebih dahulu.

3. Bunga Telang

Tanaman Hias Merambat
Tanaman Hias Merambat/Freepik.com

Mirip dengan morning glory, bunga telang juga merupakan tanaman merambat. Daunnya yang hijau terlihat kontras dengan bunganya yang berwarna ungu terang. Unik dan cantik banget, Ladies.

Jika dirawat dengan baik, tanaman ini bisa tumbuh dengan rimbun. Namun sebaliknya, ketika tak terawat, batang bunga telang bisa merambat ke mana-mana dan membuat pekarangan terlihat berantakan.

Selain cantik, bunga telang memiliki segudang manfaat. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pewarna makanan, membuat minuman atau teh bunga telang, bahkan juga bisa menyembuhkan iritasi mata.

4. Flame of Irian

Tanaman Hias Merambat
Tanaman Hias Merambat/Freepik.com

Nama latin dari Flame of Irian adalah Mucuna Bennetti dan termasuk tumbuhan berbunga dari keluarga Fabaceae. Tanaman ini memiliki bunga berwarna oranye cerah atau biru dan menggantung panjang.

Meski merambat, flame of Irian akan sangat cantik jika ditempatkan di rangka kanopi. Bunganya akan menjuntai ke bawah dan memberikan suasana yang berbeda, Ladies.

Untuk membuatnya sering berbunga, kamu bisa memberikan pupuk sebanyak 2 kali sebulan. Serta, hindari memangkas terlalu ekstrem karena bisa membuatnya 'malas' berbunga

5. Wisteria

Tanaman Hias Merambat
Tanaman Hias Merambat/Freepik.com

Yang terakhir adalah tanaman rambat bernama Wisteria. Jika masih kecil, tanaman ini memang tidak banyak berbunga. Namun jika sudah cukup besar dan menjalar ke banyak tempat, wisteria akan terlihat sangat cantik dan lebih konsisten berbunga.

Bunganya pun unik karena berkelompok. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di pagar atau dinding depan rumah. Dijamin ada nuansa yang berbeda dan membuat hunian terlihat adem dan cantik.

Tanaman rambat berbunga mana nih yang mau kamu tanam, Ladies?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id