sign up SIGN UP

Rekomendasi 5 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wangi dan Bisa Mempercantik Rumah

Pavita Sevilla | Senin, 21 Jun 2021 20:30 WIB
Rekomendasi 5 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wangi dan Bisa Mempercantik Rumah
caption
Jakarta -

Membasmi nyamuk dengan cara yang alami tentunya lebih sehat dibandingkan dengan memakai obat-obatan. Anti nyamuk alami ini bisa kamu dapatkan dengan cara menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk. Selain lebih sehat, menggunakan tanaman untuk mengusir nyamuk juga dapat berguna untuk jangka panjang dan lebih menghemat biaya, karena tanaman tidak akan ada habisnya.

Di samping manfaatnya yang bisa mengusir nyamuk, 5 tanaman ini juga memiliki aroma yang wangi dan bisa mempercantik rumahmu, baik bagian indoor maupun outdoor. Mau tahu apa saja? Cek di bawah ini, yuk!

1. Lavender

Lavender/unsplash.com
Lavender/unsplash.com

Jika mendengar “tanaman pengusir nyamuk”, pasti Lavender lah yang pertama kali akan terlintas di benak orang-orang. Ya, tanaman cantik berwarna ungu ini memang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya dalam mengusir nyamuk. Bahkan, sudah banyak obat nyamuk yang menggunakan Lavender dalam campuran bahannya.

Selain warna ungunya yang cantik, Lavender juga memiliki aroma yang menyejukkan, sehingga bisa memberikan efek menenangkan untuk manusia. Kamu bisa meletakan Lavender di pot kecil untuk disimpan di dalam ruangan atau disimpan di luar ruangan.

2. Lemon Balm

Lemon Balm/pixabay.com
Lemon Balm/pixabay.com

Sangat mirip dengan daun Mint, bukan? Lemon Balm masih satu famili dengan tanaman Mint, maka tak heran jika bentuknya ini sangat mirip. Lemon Balm memiliki aroma kuat yang tentunya tidak disukai oleh nyamuk.

Meskipun nyamuk tidak suka, tetapi orang-orang pasti suka karena wanginya yang segar. Sesuai dengan namanya, saat daun Lemon Balm dihancurkan, daun tersebut akan mengeluarkan wangi lemon. Lemon Balm dapat disimpan di indoor maupun outdoor.

3. Rosemary

Rosemary/pixabay.com
Rosemary/pixabay.com

Rosemary memiliki daun-daun hijau yang kecil dan kadang memiliki bunga yang berwarna keunguan. Selain cantik, Rosemary juga bisa mengusir nyamuk karena aroma kayunya yang tidak disukai nyamuk. Ditambah lagi, tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak juga.

Rosemary sudah banyak dimanfaatkan sebagai parfum dan aromaterapi. Tanaman ini bisa mempercantik bagian dalam ruangan atau luar ruangan. Namun, jika menyimpan di dalam ruangan, pastikan tanaman ini diletakan di area yang tetap terkena cahaya matahari.

4. Marigold

Marigold/pixabay.com
Marigold/pixabay.com

Tanaman satu ini memiliki warna-warna bunga yang cerah ceria, yaitu warna kuning dan oranye. Marigold adalah salah satu tanaman dengan cara perawatan yang cukup mudah. Berkat aromanya, nyamuk bisa langsung kabur nih saat tahu ada tanaman ini di rumahmu.

Sari dari bunga Marigold juga sudah sering dijadikan bahan beberapa produk parfum terkenal karena wanginya yang semerbak. Tanaman Marigold cocok disimpan di indoor maupun outdoor.

5. Geranium

Geranium/pixabay.com
Geranium/pixabay.com

Bunga dari tanaman ini terdiri dari perpaduan warna-warna cerah yang cantik, seperti putih, pink, merah, dan ungu. Sangat cocok untuk diletakan di luar ruangan agar halaman atau tamanmu terlihat memiliki warna yang bervariasi sekaligus bisa mengusir nyamuk hingga hama yang mengganggu tanaman lain.

Tanaman Geranium memiliki beberapa jenis berbeda, tetapi semua jenisnya sama-sama ampuh untuk mengusir nyamuk. Perbedaannya hanya terletak pada wanginya saja. Jadi, jika kamu ingin tanaman pengusir nyamuk yang cantik sekaligus wangi, kamu bisa memilih jenis Scented Geranium. Beberapa Scented Geranium memiliki aroma mawar dan jeruk.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id