sign up SIGN UP

5 Tanda Kamu Seseorang yang Egois, Salah Satunya Sulit Empati dengan Orang Lain

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 06 Sep 2021 15:16 WIB
5 Tanda Kamu Seseorang yang Egois, Salah Satunya Sulit Empati dengan Orang Lain
caption

Egois merupakan kecenderungan untuk memprioritaskan diri sendiri dibandingkan orang lain. Jika ditelaah dari makna ini, sebenarnya tidak ada yang terlalu salah ataupun benar. Namun tentu saja sebagai makhluk sosial, kepedulian, rasa simpati terhadap orang lain dan lingkungan sekitar adalah hal yang penting pula.

Untuk itu, rasa egois ini sebaiknya diminimalkan ya, Beauties. Guna memastikan apakah kamu seseorang yang masuk dalam kategori egois atau tidak, maka tanda-tanda di bawah ini bisa kamu crosscheck mulai dari sekarang!

1. Memiliki Masalah Serius dengan Kolaborasi di Tempat Kerja

Tanda sifat egois sulit berkolaborasi/ Foto: Freepik.com
Tanda sifat egois sulit berkolaborasi/ Foto: Freepik.com

Tanda pertama yang bisa dikenali sebagai indikasi bahwa kamu adalah orang yang egois adalah adanya kesulitan untuk berkolaborasi di tempat kerja. Dikutip dari Bustle, kolaborasi membutuhkan kemampuan mendengarkan, menerima dan berkompromi.

Ketidakmampuan untuk melakukan hal-hal tersebut jelas berisiko menunjukkan adanya sifat keegoisan.. Yuk, mulai sekarang belajar menghargai rekan kerjamu ya, Beauties.

2. Menyalahkan Dunia untuk Semua yang Terjadi

Egois menyalahkan orang lain/ Foto: Freepik.com
Egois menyalahkan orang lain/ Foto: Freepik.com

Pernahkah Beauties berkata 'ini bukan salahku'. Jika didengar, kalimat ini memang cukup standar namun sebenarnya dapat memberikan pertanda bahwa seseorang memiliki sifat egois. Kok bisa?

Menyalahkan dunia untuk segala yang terjadi dan menepis bahwa kesalahan yang juga ada berasal dari diri sendiri, merupakan mentalitas kurang baik yang dibangun dari kehidupan sehari-hari.

Menyalahkan segala sesuatu yang sedang terjadi tanpa melibatkan diri sendiri di dalamnya dapat berarti pula bahwa rasa tanggung jawab itu telah hilang dan memunculkan keegoisan.

3. Selalu Menginginkan Hal yang Lebih Meskipun Sudah Memiliki Semuanya

Ingin sesuatu yang lebih meskipun sudah memiliki/ Foto: Freepik.com
Ingin sesuatu yang lebih meskipun sudah memiliki/ Foto: Freepik.com

Apabila kamu tidak pernah puas dengan apa yang sudah kamu miliki, maka perhatian utama akan selalu bertambah dan kebutuhan orang lain cenderung akan dikesampingkan.

Padahal seseorang yang tidak berlabel egois selalu memiliki alasan untuk mensyukuri apapun yang ia miliki, lho. Jadi apabila sekarang kamu selalu merasa kurang, maka cobalah merenungkan lebih dalam dan tatalah diri sebaik mungkin agar terhindar dari sifat yang egois dan cenderung mulai 'menghalalkan' segala cara demi mencapai tujuan.

4. Selalu Mengeluh dalam Setiap Pertemuan Sosial

Selalu mengutarakan keluhan dalam pertemuan sosial/ Foto: Freepik.com
Selalu mengutarakan keluhan dalam pertemuan sosial/ Foto: Freepik.com

Seseorang yang egois cenderung terus-menerus melontarkan keluhan di awal hingga akhir pertemuan. Hal ini biasanya terjadi karena tidak adanya rasa empati sebagai indikator yang dapat menghentikan keluhan tersebut.

Dikutip dari Bustle, hal ini adalah sesuatu yang berbahaya dari sudut pandang psikologis. Bisa dipastikan bawa teman-teman yang sering mendengarnya akan merasakan kebosanan. Seseorang yang egois biasanya tidak mampu melihat dari sudut pandang orang lain sehingga memang hanya mementingkan dirinya sendiri.

5. Kesulitan Merasakan Empati dalam Hubungan

Mementingkan diri sendiri dalam hubungan/ Foto: Freepik.com
Mementingkan diri sendiri dalam hubungan/ Foto: Freepik.com

Kemampuan untuk merasakan rasa sakit orang lain sebenarnya dapat tertanam di dalam diri kamu. Mengingat bahwa empati ini merupakan kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, maka tampaknya akan terlalu sulit baik seseorang yang memiliki sifat egois.

Hal tersebut tidak lain karena adanya kecenderungan untuk mementingkan diri sendiri di atas kepentingan orang lain. Jadi apabila tanda-tanda ini sudah ada di dalam diri kamu, maka sebaiknya cobalah melakukan refleksi diri ya, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id