sign up SIGN UP

5 Tips Memulai Social Media Detox agar Terhindar dari Sindrom Nomophobia, Rasa Takut Jika Jauh dari Ponsel

Retno Anggraini | Jumat, 26 Nov 2021 07:15 WIB
5 Tips Memulai Social Media Detox agar Terhindar dari Sindrom Nomophobia, Rasa Takut Jika Jauh dari Ponsel
caption

Tak dapat dipungkiri, media sosial telah menjadi bagian penting dalam era digital saat ini. Semua orang pasti memiliki setidaknya satu media sosial di ponsel mereka. Tidak peduli dari profesi apa pun, usia berapa pun, semua orang pasti memilikinya. Selain untuk mencari beragam informasi menarik, media sosial juga berperan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.

Namun, tak sedikit yang akhirnya malah menjadi ketergantungan dengan media sosial. Jika kamu salah satunya, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk memulai social media detox. Jika tidak, kemungkinan terburuk yang akan menimpa kamu nantinya adalah mengalami sindrom nomophobia.

Sindrom nomophobia adalah sindrom saat kamu mulai ketergantungan dengan ponsel. Di mana pun dan kapan pun, kamu seakan tidak bisa jauh dari ponsel. Hal ini dapat memperburuk kesehatan mental kamu. Lalu, bagaimana cara memulai social media detox?

Melansir dari berbagai sumber, ini dia 5 tips memulai social media detox. Yuk, catat!

Hari Tanpa Media Sosial

Satu hari tanpa membuka media sosial
Satu hari tanpa membuka media sosial/Foto: Pexels.com/Elina Fairytale

Dalam satu minggu, buatlah satu hari tanpa menggunakan media sosial. Misal, kamu memilih hari Minggu. Dalam satu hari itu, kamu dilarang keras membuka media sosial apa pun.

Alihkan perhatian dari keinginan membuka media sosial dengan melakukan kegiatan-kegiatan lain bersama teman atau keluarga, atau juga bisa gunakan hari tersebut sebagai hari produktivitas. Cobalah strategi ini dengan rutin seminggu sekali, ya!

Ganti Platform

Asah hobi menggunakan platform yang sesuai
Asah hobi menggunakan platform yang sesuai/Foto: George Milton

Semua orang pasti memiliki hobi, maka mulailah asah hobi kamu. Jika kamu suka menulis, mulailah membuat blog dan menulis hal-hal yang kamu sukai.

Jika kamu merupakan tipikal orang yang suka sekali membicarakan banyak hal, tidak ada salahnya untuk membuat podcast. Banyak platform lain selain media sosial yang dapat kamu gunakan untuk mengasah hobi.

Atur Waktu Penggunaan Media Sosial

Mulai mengatur penggunaan media sosial
Mulai mengatur waktu penggunaan media sosial/Foto: Pexels.com/Pixabay

Menurut psikolog, waktu yang wajar digunakan untuk mengakses media sosial adalah 30 menit sampai 1 jam setiap harinya. Kamu bisa menggunakan timer untuk membantu membatasi akses media sosial.

Gunakan 15 menit pertama di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah, 15 menit kedua saat makan siang, 15 menit ketiga saat perjalanan pulang dalam angkutan umum atau menunggu jemputan, dan 15 menit terakhir saat makan malam.

Matikan Segala Notifikasi Media Sosial

Mematikan semua notifikasi media sosial
Mematikan semua notifikasi media sosial/Foto: Pexels.com/Tofros.com/

Orang cenderung akan sering membuka media sosial jika mendengar notifikasi. Rasanya seperti ada dorongan kuat dalam diri untuk segera membuka dan mencari tahu apa yang terjadi. Setuju, Beauties?

Kamu bisa melakukan cara ini bersamaan dengan cara ketiga. Setelah selesai menggunakan media sosial, segera matikan notifikasinya agar tidak memicu hasrat untuk membuka karena penasaran.

Hapus Akun Media Sosial

Menghapus media sosial yang jarang digunakan
Menghapus media sosial yang jarang digunakan/Foto: Pexels.com/ready made

Cara ini merupakan cara terakhir kalau kamu masih belum bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Kamu bisa hapus akun media sosial yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu lalu install kembali dan mulai mengatur penggunaan media sosial. Atau kamu juga bisa mulai menghapus akun media sosial yang jarang kamu gunakan.

Perlu diingat juga bahwa tidak selamanya media sosial berdampak buruk. Semua tergantung berdasarkan bagaimana kamu memakainya dengan bijaksana. Kamulah yang harus mengatur media sosial yang kamu miliki, bukan media sosial yang mengatur kehidupanmu!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id