sign up SIGN UP

LIFE

6 Cara Menyimpan Bawang Agar Tidak Mudah Busuk

Friska NR | Senin, 12 Apr 2021 08:30 WIB
6 Cara Menyimpan Bawang Agar Tidak Mudah Busuk
caption

Bawang merah dan bawang putih menjadi salah satu bumbu dasar yang wajib dimiliki di dapur. Oleh karenanya, banyak orang yang menyimpan bawang dalam jumlah banyak untuk menyetoknya agar siap digunakan kapan saja.

Sayangnya, bawang merupakan jenis sayuran yang mudah sekali busuk atau bertunas saat disimpan lama. Ditambah dengan cara penyimpanan yang mungkin kurang tepat, baik bawang merah maupun bawang putih bisa semakin cepat busuk hingga akhirnya tidak terpakai.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut 6 cara penyimpanan yang bisa kamu lakukan agar bawang dapat lebih awet disimpan di dapur!

1. Simpan di Tempat Kering

menyimpan bawang
Menyimpan bawang di wadah kering/Foto: freepik.com

Salah satu faktor yang membuat bawang cepat membusuk adalah kelembaban. Jadi untuk mencegahnya, sebaiknya simpan bawang yang masih berkulit di wadah yang kering dan terbuka. 

Wadah yang cocok digunakan untuk menyimpan bawang diantaranya kantong berjaring, wadah plastik berlubang atau keranjang anyaman, kemudian letakkan wadah di tempat yang kering namun terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Cara ini bisa membuat bawang bertahan selama 10 - 14 hari.

2. Angin-Anginkan

menyimpan bawang
Mengangin-anginkan bawang agar tidak lembab/Foto: freepik.com

Jika sudah terlanjur menyimpan bawang di tempat yang lembab, kamu bisa sesekali mencoba menjemurnya di tempat terbuka untuk mengurangi kadar kelembapannya.

Meski begitu, sebaiknya tetap hindari paparan sinar matahari langsung saat mengangin-anginkannya ya, Ladies. Kamu dapat melakukan cara ini di tempat yang kering dan teduh, serta mendapat sirkulasi udara yang baik.

3. Simpan di Wadah Terpisah

menyimpan bawang
Ilustrasi bawang merah dan bawang putih/Foto: freepik.com

Bawang merah dan bawang putih ternyata perlu disimpan di tempat yang berbeda. Sebab saat disimpan, keduanya menghasilkan gas berbeda yang dapat mempengaruhi proses pembusukan menjadi lebih cepat. Baik bawang merah maupun bawang putih juga sebaiknya tidak disimpan bersamaan dengan sayuran lain untuk mengurangi efek serupa. 

Nah, apa lagi cara menyimpan bawang merah dan bawang putih agar tidak cepat busuk? KLIK disini untuk informasi selengkapnya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id