sign up SIGN UP

LIFE

6 Peluang Usaha yang Menjanjikan Selama di Rumah

Henny Alifah | Selasa, 06 Oct 2020 23:00 WIB
6 Peluang Usaha yang Menjanjikan Selama di Rumah
caption

Kamu sudah menyelesaikan tugas dari atasan, menyiram tanaman, dan menonton konten YouTube kesukaan. Namun, hari masih saja terasa berjalan lambat selama kamu menghabiskan waktu di rumah seharian, mematuhi kebijakan belajar dan bekerja dari rumah yang diberlakukan oleh pihak berwenang untuk membendung penyebaran COVID-19.

Meski begitu, waktu senggang yang berlebih dan membuat kamu bosan atau bahkan cemas memikirkan masa depan sebenarnya bisa diubah menjadi peluang usaha. Dengan menjalankan usaha di rumah, kamu bisa mengusir perasaan tak menentu sekaligus mendukung finansial.

Kalau tertarik, kamu bisa mencoba salah satu dari enam ide usaha di rumah berikut ini. 

1. Menjual barang preloved

salah satu peluang usaha di rumah yaitu menjual barang preloved
Peluang Usaha di Rumah/ Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika sebelumnya kamu tidak memiliki usaha atau bisnis, coba mulai dengan menjual barang milik sendiri. Pakaian yang sudah jarang dipakai, misalnya, yang hanya menumpuk di lemari, bisa dijual kembali. Tren bisnis preloved sekarang makin populer seiring makin santernya kampanye sustainable fashion.

Selain pakaian, kamu juga bisa jual koleksi buku, merch K-Pop, dan apa saja barang di rumah yang sudah jarang digunakan. Manfaatkan akun media sosial untuk mempromosikan, atau gunakan marketplace untuk memperluas cakupan calon pembeli. Selain mendapat uang tambahan, membuka 'thrift shop' juga akan memberi ruang lebih pada lemari, gudang penyimpanan, dan juga sudut-sudut rumah, kan?

2. Menjual baju piyama

salah satu peluang usaha di rumah selama masa pandemi COVID-19 yaitu menjual baju piyama
Peluang Usaha di Rumah/ Foto: Freepik.com

Sejak ada pandemi, kebutuhan akan baju yang nyaman dipakai di rumah jadi meningkat karena mendadak semua orang jadi anak rumahan. Tak hanya kenyamanan, outfit rumahan yang fashionable kini juga menjadi tren. Nah, ini bisa jadi peluang usaha dengan menawarkan produk berupa baju piyama yang nyaman dan bergaya kepada konsumen.

3. Menjual masker kain

salah satu peluang usaha di rumah selama masa pandemi COVID-19 yaitu menjual masker kain
Peluang Usaha di Rumah/ Foto: Pexels.com/Edmond Dantès

Peluang usaha masker kain juga layak dipertimbangkan. Memakai masker kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari manusia saat bepergian ke manapun. Kebutuhan akan masker kain yang masih tinggi hingga saat ini bisa jadi ide usaha di rumah. Apalagi usaha ini juga akan membantu banyak orang dalam mendapatkan masker kain.

4. Menjual makanan

salah satu peluang usaha di rumah yaitu menjual makanan
Peluang Usaha di Rumah/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Usaha makanan merupakan salah satu usaha primadona yang memiliki peluang besar, baik saat pandemi maupun tidak. Terutama buat yang hobi masak, kamu bisa kembangkan skill ini dan menjadikannya usaha di rumah.

Di masa pandemi, kebiasaan nongkrong di kafe atau makan bareng di restoran banyak dihindari. Orang kini banyak yang cenderung pesan makanan dari rumah dan kamu bisa memanfaatkan ini untuk menjual hasil masakanmu secara online.

5. Reseller buah dan sayur

salah satu peluang usaha di rumah selama masa pandemi COVID-19 yaitu reseller buah dan sayur
Peluang Usaha di Rumah/ Foto: Pexels.com/Lisa Fotios

Belanja online kini semakin jadi pilihan karena belanja di supermarket lebih ribet dengan adanya aturan social distancing. Belum lagi layanan pengantaran grocery online dari supermarket premium juga punya daftar antrean panjang.

Kamu bisa manfaatkan ini untuk ikut memenuhi kebutuhan pasokan buah dan sayur yang sekarang menjamur. Seperti menjadi reseller dengan melakukan sistem pre-order. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, ya.

6. Jasa tutorial virtual

salah satu peluang usaha di rumah yaitu jasa tutorial virtual
Peluang Usaha di Rumah/ Foto: Pexels.com/Vlada Karpovich

Kini semua familiar dengan berbagai aplikasi dan fitur untuk menggelar webinar hingga meeting online. Jika kamu memiliki keahlian seperti bahasa, olahraga, atau keterampilan lainnya, tentunya akan lebih bermanfaat jika dibagikan lewat tutorial. Kamu bisa menawarkan jasa tutorial virtual dengan mematok harga tertentu. Kalau tutorial atau videomu berguna, pasti orang-orang tak akan keberatan mengeluarkan uang untuk menyimaknya, kan?

Nah, selamat mencoba berbisnis!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id