sign up SIGN UP

Tak Hanya Cantik! Tanaman Hias Berwarna Ungu Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

tyana | Rabu, 23 Jun 2021 16:00 WIB
Tak Hanya Cantik! Tanaman Hias Berwarna Ungu Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan
caption

Menanam tanaman hias menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari saat pandemi Covid-19. Kegiatan ini tak hanya membuat lingkungan menjadi lebih cantik, tetapi juga dapat memberikan positive vibes dan juga mengurangi stres.

Kandungan oksigen yang diproduksi tanaman saat siang hari juga dapat menekan polusi udara sehingga kita dapat menghirup udara yang lebih segar.

Bosan dengan tanaman hias berwarna hijau ataupun putih? Tanaman hias berwarna ungu ini tak kalah cantik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Lavender, Tanaman Hias dengan Aroma yang Menenangkan

Tanaman Hias Berwarna Ungu ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Tanaman Hias Lavender/instagram.com/countrylifegoddess/

Identik dengan tanaman hias berwarna ungu, lavender tak hanya memiliki warna yang cantik tetapi juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Memiliki aroma yang lembut dan khas, bunga lavender telah lama dikenal sebagai bahan kandungan aromaterapi yang dapat membuat tubuh relaks dan mengatasi stres.

Tak hanya itu, tanaman hias berwarna ungu ini juga mengandung linalool dan linalyly yang dapat mengusir nyamuk dan serangga. Untuk itu, tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai pajangan di pojok rumah untuk membuat suasana rumah lebih cantik, fresh dan juga terhindar dari nyamuk. 

Coleus, Tanaman Hias yang Dapat Mengatasi Wasir

Tanaman Hias Berwarna Ungu ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Tanaman Hias Berwarna Ungu, Coleus/instagram.com/erikas_coleus/

Coleus atau disebut juga jawer kotok merupakan tanaman hias berwarna ungu yang banyak dijumpai di mana saja. Hal ini dikarenakan coleus termasuk kedalam tanaman semak yang dapat beradaptasi dalam berbagai keadaan. Untuk itu menanam tanaman hias ini sangat mudah karena tidak membutuhkan teknik dan perawat khusus. 

Selain mudah untuk ditanam dan memiliki warna yang cantik, tanaman hias ini juga merupakan tanaman obat yang dipercaya dapat mengatasi wasir, bisul, demam, radang, dan juga haid yang tidak teratur. Coleus lebih cocok menjadi tanaman outdoor karena dapat tumbuh hingga 1,5 meter dan juga sangat cepat berkembang biak. 

Purple Shamrock, Tanaman yang Dapat Mengatasi Diabetes

Tanaman Hias Berwarna Ungu ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Tanaman Hias Purple Shamrock /instagram.com/ryans_fireflies/

Purple shamrock atau dikenal juga dengan nama calincing ungu ataupun kupu-kupu ungu merupakan tanaman hias yang banyak diburu oleh para pecinta tanaman. Hal ini dikarenakan selain memiliki warna yang cantik dengan bentuk yang mirip kupu-kupu, tanaman hias berwarna ungu ini juga dipercaya dapat membantu mengatasi diabetes.

Untuk perawatan juga purple shamrock tidak membutuh tempat atau perawatan khusus sehingga sangat mudah untuk ditanam di halaman ataupun di dalam rumah. 

Tradescantia Pallida, Tanaman Hias Pewarna Alami

Tanaman Hias Berwarna Ungu ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Tanaman Hias Tradescantia Pallida/instagram.com/decactye_jkt/

Tradescantia pallida pernah menjadi tanaman hias yang banyak dicari pada tahun 2018. Harga tanaman ini juga pernah melambung hingga jutaan rupiah. Hal ini dikarenakan tanaman ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti bronkitis, diare, anemia hingga mencegah tumor dan pendarahan. 

Tak hanya sebagai tanaman obat, tanaman hias berawarna ungu ini juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami karena mengandung pigmen antosianin. Untuk menanam tanaman ini juga sangat mudah karena berkembang biak dengan sistem stek batang. 

Rex Begonia, Tanaman Hias Anti Peradangan 

Tanaman Hias Berwarna Ungu ini Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Tanaman Hias Rex Begonia/instagram.com/begotani9_life/

Rex begonia merupakan salah satu varian tanaman begonia yang bayak diburu karena keunikannya. Tak hanya memiliki warna yang cantik, tanaman hias berwarna ungu ini juga memiliki bentuk daun yang unik dan bulu-bulu halus yang menyelimuti daun. Hal ini yang membuat banyak pecinta tanaman membuang bunga dari tanaman hias ini agar mengembangkan daunnya. 

Sama halnya juga dengan varian begonia lainnya, tanaman ini juga dipercaya menjadi tanaman obat yang dapat mengatasi peradang, asam urat, reumatik, dan juga pendarahan. So, Ladies, apakah tertarik untuk menanam tanaman hias berwarna ungu di atas? 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id