sign up SIGN UP

LIFE

6 Tips Buat Kamar Tidurmu Lebih Sejuk Tanpa AC

Soffya Ranti | Kamis, 22 Oct 2020 11:30 WIB
6 Tips Buat Kamar Tidurmu Lebih Sejuk Tanpa AC
caption
Jakarta -

Indonesia memiliki dua iklim yaitu kemarau dan hujan. Di bulan-bulan ini, seharusnya kita sudah mulai memasuki musim penghujan. Tetapi, beberapa daerah terpantau masih memiliki cuaca cerah hingga terasa cukup panas. Terlebih lagi jika masa peralihan seperti ini, musim kemarau ke hujan biasanya suhu akan lebih meningkat.

Kamu yang tidak menggunakan AC akan lebih terasa hawa panas di rumah. Salah satunya adalah kamar tidurmu. Lantas, bagaimana mensiasati kamar agar lebih sejuk tanpa menggunakan AC? Nah Ladies, simak 6 tips berikut ini ya.

Pasang Exhaust Fan

Mengurangi panas ruangan dengan exhaust fan/Freepik.com
Exhaust Fan/Freepik.com

Cara pertama adalah pasanglah exhaust fan. Benda ini adalah kipas yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang berada di kamar tidurmu. Udara panas di ruangan tidurmu akan terbuang keluar dan menjadi cukup lebih sejuk dari sebelumnya. Benda ini juga biasanya dipasang di kamar mandi atau dapur yang berguna untuk menyedot udara panas. 

Tanaman

Mengurangi panas kamar tidur dengan tanaman/Freepik.com
Tanaman/Freepik.com

Taruhlah beberapa tanaman khusus dalam ruangan di kamar tidurmu. Selain mempercantik untuk hiasan ruangan, tanaman akan berfungsi untuk mengeluarkan oksigen sehingga udara dalam kamar pun cukup sejuk. Kamu bisa menanam sendiri tanaman-tanaman kecil dalam pot lucu atau membelinya di toko-toko tanaman.

Cat dinding kamar dengan warna cerah

Mengurangi panas kamar tidur dengan cat dinding warna cerah/Freepik.com
Cat dinding warna cerah/Freepik.com

Terdapat warna tertentu yang sangat mudah menyerap panas. Salah satunya warna hitam. Usahakan warna cat dinding kamarmu berwarna cerah seperti putih, atau biru sehingga terkesan lebih sejuk dan dingin.

Mengganti sprei

Mengurangi panas kamar tidur dengan ganti sprai/Freepik.com
Mengganti sprai/Freepik.com

Cobalah untuk menggunakan sprei berbahan katun yang nyaman digunakan saat musim panas atau dingin. Sprei yang memiliki bahan dasar katun akan lebih sejuk dan dingin saat digunakan di musim panas.

Kurangi perabotan dalam kamar

Mengurangi perabotan kamar agar udara lebih sejuk/Freepik.com
Kurangi perabotan kamar/Freepik.com

Ladies, perabotan yang cukup memadati ruangan kamarmu juga mempengaruhi sirkulasi udara yang masuk. Perabotan yang menumpuk dan terlalu banyak justru akan membuat udara semakin pengap dan panas. Maka dari itu mulailah dengan merapikan barang-barangmu dan memilah-milahnya.

AC Portable Mini

Mengurangi panas dengan AC portable/chloe1_shop/Shopee
AC portable/chloe1_shop/Shopee

Namanya AC, tapi bentuknya lebih ke arah kipas pendingin udara. Barang ini termasuk salah satu solusi ketika cuaca panas. AC Portable tidak memerlukan listrik, menyalakanya cukup dengan kabel USB dan mengisinya dengan air dingin atau es batu untuk membantu mengeluarkan udara sejuk dan dingin. Kamu juga mudah mendapatkannya di berbagai e-commerce dengan harga yang sangat terjangkau tidak lebih dari Rp200.000.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id