sign up SIGN UP

LIFE

Terapkan Ritual Tiap Hari Minggu Ini Untuk Mendapatkan Satu Minggu yang Luar Biasa!

Astari Dewi Larasati | Minggu, 11 Oct 2020 15:30 WIB
Terapkan Ritual Tiap Hari Minggu Ini Untuk Mendapatkan Satu Minggu yang Luar Biasa!
caption
Jakarta -

Ada beberapa orang yang mendengar hari Senin sudah mulai malas dan tidak bersemangat. Kunci untuk memiliki minggu yang benar-benar luar biasa adalah memulai langkah yang benar. Apa yang dilakukan pada hari Minggu akan berdampak besar pada perasaan di hari selanjutnya.

Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan beberapa ritual di hari Minggu yang mudah dilakukan. Yuk ikuti ritual-ritualnya untuk menyiapkan hari Senin yang bahagia sebagai berikut ini.

Jadwal menu makanan

Buat jadwal menu makanan untuk seminggu kedepan.
Jadwal menu makanan/freepik.com

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar tubuh dan pikiran dapat bekerja dengan baik. Jadi sebaiknya buat jadwal menu makanan untuk seminggu ke depan. Tidak hanya menghemat waktu dan mengurangi stres, tapi dapat memikirkan dengan baik daftar makanan bergizi seperti empat sehat lima sempurna. Inspirasi resep makanan sehat bisa didapatkan dengan mudah, jadi jangan malas untuk mencari!

Bersihkan ruangan

Jangan meremehkan rumah bersih karena kenyamanan akan membuat hati senang.
Bersihkan ruangan/freepik.com

Tampilan ruangan dalam rumah berdampak besar pada perasaan lho. Jika rumah berantakan, maka perasaan tidak karuan. Maka dari itu, awali minggu dengan meluangkan waktu untuk membersihkan ruangan rumah. Tidak perlu secara menyeluruh, satu per satu atau ruangan yang selalu ditempati seperti kamar. Jangan meremehkan rumah bersih karena kenyamanan akan membuat hati senang.

Manjakan dengan perawatan diri

Akan meningkatkan suasana hati, menghilangkan stress, dan merasa lebih bahagia secara keseluruhan.
Manjakan dengan perawatan diri/freepik.com

Meluangkan waktu untuk diri sendiri pada hari Minggu akan meningkatkan suasana hati, menghilangkan stress, dan merasa lebih bahagia secara keseluruhan. Sehingga dapat memasuki minggu baru dengan pola pikir yang baik. Mulai dari berendam dengan air busa, memakai masker wajah, menonton film atau drama terbaru, hingga pergi keluar untuk sesuatu yang menyenangkan.

Tetapkan niat

Bukan tentang menetapkan tujuan, tapi lebih tentang memutuskan bagaimana perasaan saat menghadapinya.
Tetapkan niat/freepik.com

Menetapkan niat untuk memasuki minggu baru adalah hal yang paling penting. Bukan tentang menetapkan tujuan atau mengisi daftar tugas, tapi lebih tentang memutuskan bagaimana perasaan saat menghadapinya. Misalnya seperti niat untuk minum air putih agar lebih terhidrasi, tersenyum pada orang di sekitar, hingga menyebarkan aura positif. Tetapkan niat tentang apa yang ingin dirasakan dan biarkan rasa itu menjadi penyemangat di sepanjang minggu.

Rencanakan kegiatan selama seminggu

Bertujuan untuk meredakan stres dan fokus dalam menyelesaikan tugas.
Rencanakan kegiatan selama seminggu/freepik.com

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar mengetahui kesibukan dan kegiatan apa yang dilakukan selama seminggu. Alih-alih membiarkan tugas berputar di kepala, tuliskan segala hal di kertas atau handphone sebagai pengingat. Bertujuan untuk meredakan stres dan memungkinkan untuk selalu fokus dalam menyelesaikan tugas. Sehingga tidak membebani oleh segala hal yang perlu diselesaikan minggu itu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id