sign up SIGN UP

LIFE

6 Tips Membiasakan Anak Berpuasa Sejak Dini

Hani Arifah | Minggu, 25 Apr 2021 04:30 WIB
6 Tips Membiasakan Anak Berpuasa Sejak Dini
caption
Jakarta -

Puasa Ramadan adalah kewajiban seluruh umat muslim di dunia yang sudah memenuhi syarat. Syarat puasa di antaranya adalah: beragama islam, baligh, berakal, dan mampu. Tapi ada baiknya kita mengajarkan puasa kepada anak sejak dini.

Namun, biasanya anak susah sekali menahan lapar. Untuk itu, kita harus mengajarkannya secara perlahan dan tanpa paksaan. Berikut 6 tips untuk mengajari anak berpuasa di bulan Ramadan.

Memperkenalkan Puasa Kepada Anak Sejak Dini

Untuk membiasakan anak berpuasa, kita harus memperkenalkan puasa terlebih dahulu. Kenalkan apa itu puasa, kapan waktunya, dan apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Jangan sampai anak mulai berpuasa tapi tidak tau maknanya. 

Mulai dari Puasa Makanan Tertentu

Foto:pinterest/yongjin43579
Ilustrasi makanan favorit anak

Jangan langsung menyuruh anak berpuasa satu hari full. Awali dengan puasa makanan-makanan tertentu seperti roti, snack kesukaan, atau es krim. Jadi selama satu hari, anak tidak boleh memakan memakan-makanan tertentu. Dalam hal ini, anak akan belajar menahan hawa nafsu untuk memakan makanan tertentu. Jika sudah mulai terbiasa, lanjutkan dengan menambah menu makanan yang tidak boleh dimakan selama berpuasa. Dengan begitu, anak perlahan akan mulai terbiasa.

Puasa Setengah Hari

Puasa setengah hari merupakan cara yang lumayan efektif untuk mengajari anak berpuasa. Ketika sudah mulai terbiasa, ulur waktu berbuka di siang hari selama setengah sampai satu jam. Hari berikurnya ulur waktu lagi sampai anak nyaman puasa selama sehari penuh.

Menemani Anak di Siang Hari

Foto:pinterest/curlymomma17
Ilustrasi anak bermain

Siang hari adalah waktu-waktu terberat saat puasa. Maka dari itu, temani anak bermain untuk mengalihkan rasa laparnya. Isi dengan kegiatan-kegiatan positif yang menyenangkan seperti membacakan cerita, bermain di dalam rumah, atau menonton kartun kesukaan.

Memberi Menu Favorit Saat Buka Puasa

Foto:pinterest/permetasari
Ilustrasi makanan favorit berbuka

Berikan makanan kesukaan anak ketika berbuka puasa. Makanan favorit bisa menjadi penyemangat anak untuk menuntaskan puasanya. Bila perlu, ajak anak untuk membuat makanan kesukaannya juga agar lebih bersemangat.

Memberi Hadiah sebagai Reward

Foto:pinterest/Cosniecos
Ilustrasi reward untuk anak

Di akhir puasa, berikan hadiah untuk anak sebagai reward karena sudah mencoba berpuasa. Dengan diberi hadiah, anak akan merasa perjuangannya untuk mencoba berpuasa dihargai. Anak akan lebih bersemangat untuk mencoba berpuasa di tahun berikutnya.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengajari anak berpuasa. Mulailah dengan perlahan dan penuh kesabaran. Selamat mencoba!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id