sign up SIGN UP

7 Warna Cat Kamar Tidur yang Cocok untuk Ruangan Sempit

ira syafira | Minggu, 06 Jun 2021 18:30 WIB
7 Warna Cat Kamar Tidur yang Cocok untuk Ruangan Sempit
caption
Jakarta -

Mempunyai kamar tidur sempit bukan berarti kamar kamu tidak terlihat menarik. Salah satu faktor yang bisa membuat kamarmu lebih menarik adalah pemilihan cat yang bagus.

Warna cat dinding tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi untuk mempercantik kamar saja, namun juga dapat memberikan ilusi seolah kamar terasa lebih luas. Sebaliknya, jika kamu salah memilih warna cat, bisa-bisa kamar akan terasa lebih sempit. Berikut beberapa referensi warna cat dinding yang bisa kamu jadikan pilihan untuk kamar tidurmu!

1. Putih

foto: Warna putih/pinterest.com/Arkpad
Foto: Warna putih/pinterest.com/Arkpad

Cat kamar tidur berwarna putih memang menjadi warna netral yang paling aman diaplikasikan untuk ruangan sempit. Warna cat ini membuat kamar tidurmu yang berukuran kecil terasa lebih luas.

Warna cat putih mampu memantulkan cahaya dan menjadikan kamar nampak lebih cerah dengan kesan terbuka. Putih juga memiliki kelebihan, yakni mudah dikombinasikan dengan warna lainnya. Ditambah lagi dengan beberapa hiasan dinding minimalis sebagai pelengkap, pasti ruanganmu akan terlihat lebih hidup dan indah.

2. Krem

Foto: Warna krem/pinterest.com/Shopinstijl.nl
Foto: Warna krem/pinterest.com/Shopinstijl.nl

Jika kamu tidak ingin kamar monoton berwarna putih, kamu bisa bergeser ke warna krem. Warna cat kamar tidur krem akan memberikan sensasi lapang sekaligus hangat.

Untuk menghadirkan dimensi yang lebih luas lagi pada ruanganmu yang sempit, maka kamu bisa kombinasikan dengan dinding finishing kaya. Selain terasa lebih luas, penghuni akan merasa lebih nyaman dan betah berada di dalam kamar. 

3. Kuning

Foto: Warna kuning/pinterest.com/zqprintableasrt
Foto: Warna kuning/pinterest.com/zqprintableasrt

Warna kuning pada cat kamar tidur adalah warna yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya matahari. Kemampuannya ini dapat membuat ruangan yang sempit menjadi terasa lebih luas. 

Dalam ruangan semput, pilihan warna cat kamar tidur kuning pucat atau kuning muda seperti lemon bisa kamu jadikan opsi. Selain itu, kamu harus mempertimbangkan untuk mengkombinasikan warna cat kamar tidur dengan dominasi furnitur berwarna putih. Hal tersebut dibuat untuk menghadirkan dimensi ruangan luas pada kamar kamu yang sempit.

4. Hijau Lemon

Foto: Warna hijau lemon/pinterest.com/Dering Hall
Foto: Warna hijau lemon/pinterest.com/Dering Hall

Warna hijau lemon menjadi warna pilihan yang pas untuk digunakan di tempat bersuhu hangat dan ruangan yang dipenuhi cahaya alami. Walaupun jarang digunakan untuk cat kamar tidur, warna hijau lemon bisa juga membuat kamar tidur yang sempit menjadi terasa luas.

Warna ini dapat memantulkan cahaya dari matahari atau sinar lampu dengan baik, sehingga ruangan memiliki ilusi yang lebih terbuka. Jika kamu tidak ingin dipenuhi warna ini, maka kamu bisa kombinasikan warna netral lain seperti putih.

5. Biru Muda

foto: Warna biru muda/pinterest.com/Better Homes and Gardens
foto: Warna biru muda/pinterest.com/Better Homes and Gardens

Warna biru muda pasti akan mengingatkan kita dengan luasnya lautan yang tidak terbatas. Warna cat kamar tidur semacam ini akan memberikan kecerahan dan kesan yang luas dalam kamar dengan yang cukup sempit.

Kamu bisa tambahkan kombinasi warna putih atau kuning jika tidak ingin terlihat dominan. Atau bisa tambahkan furnitur dan hiasan dinding berwarna netral agar kamar terasa luas dan tidak berlebihan. Selain memberikan efek luas, warna biru juga memberikan suasana sejuk dalam kamar.

6. Abu-Abu

Foto: Warna abu-abu/pinterest.com/Editions de l'Arkhan
Foto: Warna abu-abu/pinterest.com/Editions de l'Arkhan

Selain putih atau krem, warna abu-abu juga menjadi pilihan warna netral yang mampu memberi kesan kamar tidur terasa lebih luas.

Warna abu-abu cocok menjadi yang paling cocok jika dikombinasikan dengan sejumlah barang atau elemen berwarna emas, seperti gorden atau lampu hias. Sentuhan warna tersebut bisa membuat kamarmu terlihat lebih elegan walau dengan ukuran yang sempit.

7. Warna Pastel

foto: Warna pastel/pinterest.com/Historias de Casa
foto: Warna pastel/pinterest.com/Historias de Casa

Terakhir, kamu bisa coba untuk gunakan warna cat kamar tidur pastel. Warna-warna pastel ini didapatkan dari campuran warna primer atau sekunder dengan warna putih, sehingga hasil warnanya terlihat lebih muda dan lembut.

Warna cat kamar tidur seperti ini selalu berhasil menarik perhatian dan memberikan kesan luas untuk ruang kamar yang sempit. Warna pastel akan menghadirkan suasana yang mampu menghilangkan stress, menambah keceriaan, dan tidak mudah membuat kita bosan, lho!

Nah, itulah beberapa tips cat kamar tidur yang bisa menghadirkan kesan luas pada ruangan sempitmu. Tidak perlu khawatir, semua bisa diatur dari pemilihan warna cat dan juga tatanan interior yang baik.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id