sign up SIGN UP

LIFE

Alasan Kamu Harus Ganti Seprai Setiap Minggu, Jangan Kaget ya!

Dyah Na | Selasa, 03 Nov 2020 20:15 WIB
Alasan Kamu Harus Ganti Seprai Setiap Minggu, Jangan Kaget ya!
caption
Jakarta -

Meskipun kita tahu pentingnya mencuci seprai dan bantal secara teratur, tapi masih banyak dari kita tidak tahu persis apa yang menumpuk ketika kita tidak cukup mencuci atau mengganti tempat tidur.

Tahu enggak Ladies, saat tidur, tubuh melepaskan sekitar 15 juta sel kulit. Belum lagi adanya tungau dan debu. Bahkan, bantal diketahui memiliki 16 spesies jamur yang berbeda.

Untuk itu, sebaiknya kamu mencuci seprai dan sarung bantal seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran dan debu. Dilansir dari Glam, ini enam alasan mengapa kamu harus mencuci seprai setiap minggu.

 

Menjaga Kesehatan

Kamu akan kaget saat tahu betapa banyak bakteri dan sel kulit mati yang terbentuk di seprai karena berkeringat, terutama di musim panas. Banyak orang lebih suka mandi di pagi hari untuk memulai hari. Tapi saat malam hari, banyak yang malas mandi. Akibatnya, mereka tidur dengan kotoran yang menumpuk sepanjang hari. Lingkungan kamar tidur yang tidak higienis dapat melemahkan kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi.

 

Mencegah Alergi

Gejela eksim biasanya ditandi dengan gatal, kulit mengelupas dan ruamMencegah Alergi/Freepik.com

Tungau debu dan bahkan jamur dapat tumbuh di tempat tidur dari hal-hal seperti keringat atau air liur yang keluar saat tidur. Apalagi kalau kamu hobi makan camilan di tempat tidur. Tungau memakan sel kulit mati yang dapat menumpuk di seprai jika kamu tidak mencucinya secara teratur.

Tungau dapat meningkatkan gejala bagi orang dengan alergi umum atau bagi mereka yang lebih sensitif, menyebabkan serangan asma atau gejala lain seperti bersin, batuk, dan ruam kulit.

 

Membuat Kulit Bebas Jerawat

Tidur di atas bantal yang kotor dapat menyebabkan munculnya jerawat serta memperburuk eksim akibat kulit kering dan koloni bakteri yang terlalu aktif. Paling tidak, cuci atau ganti sarung bantal kamu setiap beberapa hari jika kamu punya kulit sensitif atau rentan berjerawat. Masih belum yakin? Nah, satu penelitian menemukan bahwa sarung bantal punya lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet kamu, lho!

 

Tidur Optimal

Tidur yang cukup dapat membuang racun.Tidur Optimal/Freepik.com

Lebih dari 75 persen orang tidur lebih nyenyak dengan seprai bersih. Jika kamu mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk membersihkan kamar dan mengganti seprai agar dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

 

Kesehatan Mental

Membersihkan seprai setiap minggu dan merapikan tempat tidur setiap hari membantu kamu meningkatkan produktivitas. Mengurus pekerjaan rumah tangga dan menciptakan lingkungan rumah yang bersih menciptakan efek domino dan memicu kamu untuk membangun kebiasaan sehat lainnya ke dalam keseharianmu.

 

Ruangan yang Rapi

Cara mendapatkan kamar tidur mewah yang selalu diimpinkan/freepik.comRuangan yang Rapi/Freepik.com

Tempat tidur adalah titik fokus kamar tidur kamu, jadi menjaga kebersihannya dapat sangat memengaruhi tampilan ruangan. Bahkan di ruangan yang tadinya rapi, tempat tidur yang tidak bersih dan berantakan menciptakan rasa tidak teratur dan kekacauan yang dapat memengaruhi aspek lain dalam hidup kamu. Di sisi lain, tempat tidur yang tertata rapi menciptakan fondasi untuk ruang yang indah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id